Senin, Mei 18, 2009

New Prius - Adopsi Keselamatan Lexus

Release Date

:

Sabtu, 16 Mei 2009

Media

:

Investor Daily, at page 22, size 1470 mmk

Author/Journalist

:

(man)

Generasi terbaru Toyota Prius dikabarkan bakal dipasarkan di Australia pada bulan Juli 2009 mendatang. Dan kabarnya pula, New Toyota Prius ternyata telah dilengkapi dengan perangkat keselamatan yang selama ini hanya digunakan di mobil-mobil Lexus.

Seperti dilansir astraworld.com, baru-baru ini, dua jenis perangkat keselamatan yang lazim digunakan dimobil Lexus itu adalah, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Pre-Crash.

Dengan kehadiran dua perangkat keselamatan yang baru tersebut, diklaim akan membuiat pemilik dan pengemudi New Toyota Prius bisa tersenyum lebih lebar. Karena dengan demikian, berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Dynamic Radar Cruise Control merupakan sistem keselamatan yang bekerja menggunakan sistem radar, terutama untuk mendeteksi lalu lintas yang terdapat di depan mobil.

Jika lalu lintas kendaraan yang berada di depan mobil melambat, radar akan mendeteksi terjadinya perubahan kecepatan dan jarak. Sistem lalu memerintahkan Prius untuk memperlambat jalan agar tetap berada pada jarak aman.

Tapi, ketika mobil di depan berakselerasi lagi, atau menepi dan jalan di depan kosong, sistem akan memerintahkan Prius kembali ke kecepatan jelajah yang sudah di set sebelumnya. Dalam situasi itu, untuk mengerem atau berakselerasi, pengemudi tidak perlu menekan pedal apapun. Satu-satunya kondisi intervensi pengemudi diperlukan, jika mobil membutuhkan pengereman kuat yang tidak bisa dilakukan sistem.

Dan pada situasi itu, mobil akan membunyikan alarm untuk memberi peringatan kepada pengemudi untuk menginjak pedal rem.

Sementara perangkat keselematan yang satunya, yaitu Pre-Crash juga disebut-sebut menggunakan radar guna mengawasi benda-benda yang mendekat pada mobil. Benda tersebut kemudian dikalkulasi bersama kecepatan dan sudut mobil untuk menentukan apakah bakal terjadi benturan atau tidak.

Bila Prius diprediksi akan membentur sesuatu, alarm berbunyi dan sistem pengereman siap menghentikan mobil ketika pedal rem disentuh.

Tapi jika ternyata kecelakaan tak terhindarkan, Pre-Crash secara otomatis akan mengencangkan sabuk pengaman kursi depan. Dan sabuk pengaman juga akan mengencang saat pengereman kuat dan saat vehicle stability system mendeteksi mobil tidak terkontrol.

Selain dua perangkat keselamatan tersebut, sebenarnya pada produk-produk Lexus juga lazim ditambahkan dengan perangkat keselamatan lainnya, yaitu Lane Keep Assistdan Intelligent Parking System.

Perangkat Lane Keep Assist akan memberi peringatan pada pengemudi jika mobil keluar jalur tanpa memberi peringatan sebelumnya. Sementara Intelligent Parking System mampu memarkir mobil secara paralel tanpa bantuan pengemudi sama sekali.

Tapi sejauh ini belum ada informasi dari perusahaan, apakah kedua perangkat keselamatan yang biasa ditawarkan kepada konsumen Toyota Prius di Amerika Serikat (AS) itu juga akan diperkenalkan pada konsumen Prius di Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar