Sabtu, April 17, 2010

Pasar Otomotif Kuartal I 2010: Yaris tetap pimpin kenaikan penjualan tertinggi selama bulan Maret 2010

Jakarta - Toyota Yaris berhasil tetap pimpin kenaikan penjualan tertinggi dikelas nya selama bulan Maret 2010, kenaikan sebesar 44,1 % memperlihatkan Toyota Yaris sudah semakin diterima di pasar Indonesia. Sementara Toyota secara keseluruhan semakin mantap pimpin pasar otomotif nasional dengan total penjualan sebesar 25,717 unit selama bulan Maret 2010 dan pangsa pasar sebesar 40,6%.

Toyota Yaris, kendaraan pilihan kawula muda Indonesia tetap memimpin jumlah kenaikan penjualan selama bulan maret 2010, tercatat Yaris berhasil terjual sebanyak 1,419 unit atau meningkat sebesar 44,1% dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatan volume penjualan ini sejalan dengan peningkatan selama kwartal I tahun 2010, dibandingkan dengan kurun waktu yang sama di tahun sebelumnya, dari total penjualan sebanyak 1,800 unit pada Q1 2009 menjadi 3,188 unit pada Q1 tahun 2010 ini atau sama dengan kenaikan sebesar 77%. Dengan hasil ini dibandingkan dengan para pesaingnya di kelas 4x2 compact, Toyota Yaris berhasil mencetak kenaikan penjualan tertinggi selama kuartal pertama.

Baru-baru ini Toyota pun melengkapi keberhasilan nya melakukan penetrasi ke pasar muda, dengan menerima penghargaan Marketeer Award untuk Indonesia`s Most Favorite Youth Brand 2010 berdasarkan hasil riset markplus insight.

“Kami bersyukur atas pencapaian ini, Keberhasilan merangkul pasar muda akan kami jadikan acuan untuk dapat terus memberikan yang lebih baik ke depan nya.” Ujar Johnny Darmawan Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor.

Di kelas MPV,Toyota berhasil menebus angka penjualan sebanyak 18,381 unit selama bulan maret 2010 atau naik sebanyak 22.4% dari bulan sebelumnya. Kontribusi terbesar datang dari Toyota Avanza yang berhasil mencatat penjualan sebesar 13,858 unit atau naik sebesar 27.7% dari bulan sebelumnya. Sementara Toyota Kijang Innova berhasil mencetak penjualan sebesar 4,504 unit atau meningkat sebesar 8.8% dari bulan Februari 2010. Secara total MPV toyota berhasil menembus angka penjualan 47,312 unit pada Q1 tahun 2010, naik sebesar 59 % dari kurun waktu yang sama di tahun sebelumnya.

Pada kelas SUV 4x2, Toyota Rush berhasil mencatat nilai kenaikan yang sangat positif dengan berhasil terjual sebanyak 2,014 unit selama bulan maret 2010 yang mana naik sebesar 36,4% dari bulan sebelumnya. Selama quartal pertama tahun 2010 Toyota rush juga memperlihatkan perkembangan yang baik, Toyota rush meraih angka penjualan 5,027 unit atau meningkat lebih dari 122% bila dibandingkan dengan Q1 tahun sebelumnya. Tidak ketinggalan Toyota Fortuner yang berhasil meraih hasil tidak kalah menawan, pada Q1 tahun ini toyota fortuner berhasil meraih angka penjualan 2,536 unit atau meningkat 61,2% dari Q1 tahun sebelumnya. Secara Total SUV 4x2 Toyota berhasil mencetak kenaikan sebesar 97.5% selama kuartal I tahun 2010.

Sementara di kelas Sedan, selama bulan maret 2010 Toyota berhasil mencatat kenaikan penjualan sebesar 15% dengan penjualan sebanyak 1,312 unit untuk semua model dari bulan sebelumnya. Selama kwartal I 2010 total penjualan sedan toyota meningkat sebanyak 70,9% dari Q1 tahun sebelumnya dengan meraih penjualan sebanyak 3,563 unit.

Secara total penjualan Toyota selama bulan maret berhasil mencetak penjualan sebesar 25,782 unit meningkat sebesar 21.7% dibanding bulan sebelumnya, lebih tinggi dari kenaikan pasar otomotif indonesia yang mengalami peningkatan sebesar 20.8% selama bulan maret 2010. Sementara selama kwartal I tahun 2010 penjualan Toyota naik sebesar 62.4% dibandingkan kurun waktu yang sama di tahun sebelumnya dengan total penjualan 66,307.

“ Pertumbuhan pasar otomotif Indonesia pada kuartal pertama 2010 sangat positif, kami bangga bisa memberikan kontribusi pada pertumbuhan tersebut. Terima kasih atas kepercayaan dan apresiasi konsumen maupun pihak-pihak independent kepada produk dan layanan Toyota, hal ini akan kami jadikan penyemangat untuk dapat terus memberikan yang terbaik untuk para pelanggan”, ujar Johnny Darmawan Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor.

Jumat, April 16, 2010

Usai Indonesia, Giliran Toyota Malaysia Luncurkan New Vios

Malaysia – Usai PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Vios, tak berselang lama UMW Toyota Malaysia menggelar hal serupa. ATPM Toyota di Negeri Jiran itu juga meluncurkan New Vios.

Mini sedan yang sukses di tanah air itu ternyata juga kaya peminat di Malaysia. Tak mengherankan variannya terbilang lengkap.

Bila di Indonesia baru saja meluncur Toyota Vios TRD Sportivo, AMW Toyota Malaysia juga mengikuti langkah yang ditempuh PT TAM. New Vios versi TRD Sportivo juga ikut dipasarkan.

Harga yang ditawarkan adalah RM 92.000. Atau memiliki harga lebih tinggi RM 4.700 dibandingkan Vios G yang ditawarkan RM 87.300. Sementara versi E dibandrol RM 81.500. Tak ketinggalan New Vios J bertransmisi otomatis dan manual, yang masing-masing dipasarkan RM 76.090 dan RM 71.990.

Harga yang ditawarkan di Malaysia adalah dalam kondisi On The Road (OTR), dan rata-rata mengalami kenaikkan antara RM 1.100 – RM 2.000 (tergantung varian). Jika dibandingkan antara Malaysia dan Indonesia, konsumen di tanah air lebih beruntung.

Pasalnya bila di Malaysia mengalami kenaikkan harga, justru New Vios di Indonesia bandrolnya masih tetap dengan versi yang lama. Meskipun New Vios ada beberapa perubahan, PT TAM tidak menaikkan harga jual. Tipe E manual dijual dengan harga Rp 206,4 juta, kemudian Rp 219,4 juta untuk tipe G manual. Serta Rp 232,2 juta untuk tipe G automatik, dan Rp 254,4 juta untuk tipe TRD Spportivo. (*)

New Vios TRD: Eksekutif, Dinamis, dan Sportif - Investor Daily

Release Date : Sabtu, 10 April 2010
Media : Investor Daily, at page 22, size 3120 mmk
Journalist : Hadi Saksono
Source : Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan

Dibanding generasi sebelumnya, New Vios TRD lebih sportif dan elegan. Inilah sedan untuk para eksekutif muda yang mendambakan kendaraan mapan dan modern, dengan harga terjangkau.

Guna meningkatkan penjualan sekaligus memantapkan posisi Toyota Vios sebagai pemimpin pasar sedan entry, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia meluncurkan tampilan terbaru Toyota Vios, yakni New Vios TRD.

Desain grill radiator beraksen krom, ditambah rumah larnpu kabut yang juga beraksen krom menampilkan kesan sportif dan elegan yang dimiliki Vios TRD dibanding generasi Vios sebelumnya. Sepintas penampilan depan varian Vios anyar ini terlihat mirip Toyota Yaris. Untuk memperkuat tampilan luar, beberapa aksen seperti mud guard, muffer cutter, side visor, dan rear door chrome garnish juga ditambahkan.

Menurut Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan, New Vios TRD dihadirkan untuk menjawab tantangan para eksekutif muda Indonesia akan kendaraan sedan dengan harga terjangkau yang mapan dan modern.

"Selain itu, Vios TRD dirilis untuk memenuhi kebutuhan kendaraan eksklusif namun tetap dinamis, efisien, dan tetap nyaman dipacu," tutur Johnny saat peluncuran New Vios TRD di Jakarta, Selasa (6/4).

Tak hanya tampilan luar, desain interior Vios TRD yang dibanderol sekitar Rp 206-254 juta on the road juga menyajikan fitur-fitur baru yang menegaskan kesan dinamis dan eksekutif. Roda kemudi berlapis kulit dan dilengkapi tombol pengontrol sistem audio akan memanjakan pengendara dalam menikmati perjalanan dan hiburan berkelas.

Keselamatan Berkendara
Untuk peranti hiburan, TAM menyajikan sistem AUX Audio yang dilengkapi DVD Player yang bisa digunakan untuk mengaktifkan GPS. Semua peranti tersebut bisa dikoneksikan langsung dengan MP3 Player dan iPod. "Sistem ini sudah kami terapkan di Toyota Fortuner dan Yaris," tutur Johnny.

TAM juga memperhatikan keselamatan berkendara dengan menambah fitur lampu depan berteknologi HID dengan Automatic Headlamp Levelling yang membuat pengendara semakin aman mengemudi dalam kondisi apapun. Rear Parking Sonar ditambahkan untuk memudahkan memarkir mobil.

Penumpang di kursi belakang juga dimanjakan dengan desain jok baru, yang dilengkapi dengan sandaran tangan yang dilengkapi sandaran kaleng minuman.

Untuk dapur pacu, Vios TRD tetap mengusung mesin lawas, yakni 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc berteknologi DOHC. Kekuatan maksimum mesin ditaksir mencapai 109 PS pada putaran 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 14,5 kg-m pada putaran 4.200 rpm.

Angka konsumsi BBM pada Vios TRD mencapai 1:12-14 km. "Vios TRD merupakan sedan yang paling efisien di kelasnya," tegas Johnny.

Kamis, April 15, 2010

Impressive Lunch Drive: New Vios

Jadikan lunch break Anda semakin impresif dengan mengendarai New Vios menuju tempat makan siang Anda.

Cukup ajak 1 atau 2 teman bersama Anda dan dapatkan voucher senilai Rp 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah)
yang dapat digunakan di Starbucks Coffee, Pizza Marzano, Chatter Box, Burger King, Spice Garden, Coldstone Creamery atau Courtyard.

Bapindo Tower, 19-23 April 2010

Tweet your way to WORLD EXPO 2010 - Shanghai and LED TV 32".
Ikuti kuisnya dengan mencantumkan hashtag #soimpressive.
Dapatkan surprising gifts setiap harinya untuk tweet paling impresif.

Follow @viosID on twitter

Rabu, April 14, 2010



4 Dari 10 Mobil Toyota Malaysia Adalah Hilux

Malaysia – Double Cabin andalan Toyota, yaitu Hilux ternyata sangat populer di Malaysia. Di Negeri Jiran ini, Toyota Hilux adalah penguasa pasar kendaraan double cabin.

Bahkan terlalu populernya Toyota Hilux, menjadikan dari 10 mobil Toyota yang terjual di wilayah Sarawak, empat diantaranya adalah Hilux. Tak mengherankan mobil yang baru saja berhasil menundukkan Kutub Utara bersama presenter Top Gear, Jeremy Clarkson dan James May itu sebagai penyumbang penjualan terbesar Toyota di Malaysia.

Presiden UMW Toyota Motor (UMWT) atau ATPM Toyota di Malaysia, Kuah Kock Heng menjelaskan pada 2009 lalu, Hilux menyumbangkan penjualan 10 persen dari seluruh model Toyota. Seiring dengan semakin populernya Toyota Hilux, di awal 2010 ini saja khususnya di Sarawak, telah menyumbangkan penjualan 968 unit atau naik 35 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 715 unit di periode yang sama. Atau dengan kata lain Toyota Hilux menjadi penguasa pasar dengan mencapai market share sebesar 48,8 persen.

Sementara total penjualan yang dicapai UMWT sendiri di Malaysia selama 2010, berhasil menjual sebanyak 21.017 unit atau meningkat 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tak mengherankan Heng berani memasang target lebih tinggi di tahun ini.

“Dengan momentum yang sangat positif ini terhadap produk Toyota, kami yakin bisa menjual sebanyak 88.000 unit atau menguasai 16 persen market share,” tegas Heng.

Tahun lalu UMWT berhasil menjual total hingga 82.000 unit atau memiliki market share sebesar 15,4 persen. Hasil ini menempatkan UMWT sebagai ATPM Toyota terbesar dan tak tergeser posisinya selama 20 tahun. (*)

Paket Kredit Khusus Dyna

Harga OTR Jakarta

TACP

NON TACP

OTR

DP (%)

Tenor

Angsuran

Bayar I

Angsuran

Bayar I

NEW DYNA ST Without Power Steering

185,150,000

15%

12

13,491,000

44,109,360

13,244,000

43,862,360

24

7,493,000

38,161,360

7,344,000

38,012,360

36

5,503,000

36,271,360

5,384,000

36,152,360

48

4,568,000

35,436,360

4,461,000

35,329,360

NEW DYNA FT Without Power Steering

206,150,000

15%

12

15,115,000

49,143,760

14,836,000

48,864,760

24

8,285,000

42,363,760

8,120,000

42,198,760

36

6,045,000

40,223,760

5,915,000

40,093,760

48

4,986,000

39,264,760

4,870,000

39,148,760

NEW DYNA ET Without Power Steering

211,500,000

15%

12

15,709,000

50,606,600

15,421,000

50,318,600

24

8,659,000

43,606,600

8,486,000

43,433,600

36

6,317,000

41,364,600

6,181,000

41,228,600

48

5,237,000

40,384,600

5,115,000

40,262,600

NEW DYNA XT Without Power Steering

227,350,000

15%

12

16,753,000

54,224,640

16,444,000

53,915,640

24

9,182,000

46,703,640

8,999,000

46,520,640

36

6,699,000

44,320,640

6,556,000

44,177,640

48

5,525,000

43,246,640

5,397,000

43,118,640

NEW DYNA HT Std Gear Without Power Steering

230,850,000

15%

12

17,206,000

55,246,040

16,889,000

54,929,040

24

9,477,000

47,567,040

9,289,000

47,379,040

36

6,914,000

45,104,040

6,765,000

44,955,040

48

5,730,000

44,020,040

5,597,000

43,887,040

NEW DYNA HT Hi Gear Without Power Steering

231,350,000

15%

12

17,245,000

55,366,240

16,927,000

55,048,240

24

9,499,000

47,670,240

9,309,000

47,480,240

36

6,929,000

45,200,240

6,780,000

45,051,240

48

5,743,000

44,114,240

5,609,000

43,980,240