Sabtu, September 06, 2008

Konsistensi Toyota Demi Kepuasan Pelanggan: Point Tertinggi CSI dari J.D. Power Bukti Komitmen Toyota


Jakarta - Konsistensi Toyota dalam memberikan pengalaman terbaik dalam kepemilikan kendaraan secara total kepada pelanggan terus diupayakan. Dari mulai saat pencarian, saat membeli hingga saat memiliki kendaraan. Konsistensi tersebut terlihat dari diraihnya peringkat pertama Customer Satisfaction Index (CSI) tahun 2008 hasil survei lembaga independen J.D. Power. Terasa lebih istimewa karena peringkat pertama indeks kepuasan pelanggan tahun 2008 ini merupakan yang kedua kalinya diraih Toyota secara berturut-turut setelah survei yang sama tahun 2007 lalu.
Dari hasil survei yang mengukur kepuasan secara keseluruhan terhadap pemilik kendaraan yang mengunjungi bengkel resmi untuk melakukan perawatan ataupun perbaikan, Toyota berada pada posisi teratas dengan nilai 766 poin dari total 1.000 poin. Survei J.D. Power yang sudah dilaksanakan selama delapan tahun ini juga menunjukkan performa layanan Toyota yang baik dan hal ini terlihat dari tiga kriteria utama yaitu kualitas perbaikan, pelayanan yang bersahabat dan pengalaman saat servis.

“Kami bersyukur, Apresiasi dua tahun berturut-turut dari J.D. Power menunjukkan bahwa upaya kami untuk terus memuaskan pelanggan, membawa hasil yang memuaskan bagi pelanggan,” ungkap Presiden direktur PT Toyota-Astra Motor Jhonny Darmawan,” Ini membuat kami lebih bersemangat lagi untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan Toyota.”

Dengan jaringan bengkel resmi yang handal, maka perwujudan dari pengalaman terbaik memiliki Toyota benar-benar dapat dirasakan para pelanggan. Layanan handal yang diberikan oleh jaringan bengkel resmi Toyota telah terbukti dari hasil survey J.D. Power Asia Pacific tahun 2008 yang menyebutkan bahwa kepuasan pelanggan atas servis purna jual Toyota menjadi yang terbaik dengan mengungguli perusahaan otomotif lainnya di Indonesia.

Lebih jauh lagi, hasil survei dari lembaga survei yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi ini juga menyebutkan bahwa konsistensi Toyota dalam menginformasikan pelanggan untuk melakukan perawatan telah mendorong pelanggan untuk melakukan booking service dalam melakukan perawatan kendaraan. Ditambah lagi, kontak yang dilakukan Toyota dengan para pelanggan setelah melakukan perawatan untuk memastikan apakah layanan yang diberikan telah sesuai mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga semakin menunjukkan Toyota lebih dari sekedar sebuah merek kendaraan.

”Dengan dinamisnya perubahan kebutuhan pelanggan, maka Toyota harus memberikan inovasi yang tiada henti,” tambah Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor,” ini akan menjadi tantangan yang menyenangkan bagi kami untuk terus berupaya menjadi yang terbaik di mata pelanggan.”
Sejalan dengan konsep Toyota dalam hal Kaizen dan filosofi Moving Forward, Toyota akan selalu melangkah ke depan, terus-menerus melakukan perbaikan dan berinovasi untuk mencari terobosan baru demi kepuasan pelanggan dan kehidupan yang lebih baik.
Sumber: Toyota-Astra Motor
Innova Bakal Lebih Cepat Tiba di Garasi Rumah

Jakarta-Toyota-Astra Motor meluncurkan new Kijang Innova yang lebih segar, lebih mewah dan lebih aman di Jakarta, Selasa (26/8). Diluncurkan dalam suasana yang mencerminkan kebahagiaan dan kegembiraan reuni keluarga, new Kijang menegaskan sebagai kendaraan keluarga Indonesia.

Toyota juga menjanjikan daftar tunggu konsumen Kijang yang saat ini mencapai dua bulan akan dipangkas menjadi maksimal satu bulan. Karena mulai Oktober, kapasitas pabrik perakitan Innova ditambah sehingga mampu memproduksi 5000 - 6000 unit perbulan. Saat ini rata-rata
permintaan Kijang Innova berada di level 5000-an unit per bulan.

Sudah hadir di Indonesia selama 3 dasawarsa, Kijang mewarnai hidup banyak orang di Indonesia. Kijang menjadi satu-satunya merek mobil yang menggunakan nama Indonesia dalam line up Toyota saat ini.
Bagi Toyota, peluncuran new Kijang Innova ini merupakan perwujudan komitmen untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan, khususnya di segmen MPV. Banyak keluarga yang memiliki memori indah bersama Kijang dalam hidup mereka.
Perubahan terlihat pada bumper depan, grille, bumper belakang, dan lampu belakang. Perubahan itu membuat tampilan depan Kijang Innova terlihat lebih dinamis dan sportif. Terutama disain grille baru yang menyudut dan lekukan bumper yang gagah.

Perubahan interior terlihat pada warna panel, wana kursi juga upgrade audio di tipe V dan E. AC double blower kini ada pada setiap varian kecuali di E. Toyota juga melakukan penyesuaian suspensi pada semua varian untuk memberikan keamanan dan kenyamanan optimum. Khusus untuk tipe V kin dilengkapi dengan SRS dual airbag.
Toyota Kijang baru juga meluncurkan warna-warna baru seperti Grayish Brown Metallic, Light Blue Metallic, Blue Metallic. Warna-warna baru ini melengkapi empat warna yang sudah ada sebelumnya.
Toyota Kijang Innova merupakan generasi kelima Kijang dan diluncurkan pertamakali di Indonesia pada September 2004. Di segmennya, menguasai 65-80 persen pangsa pasar.

Minggu, Agustus 31, 2008

Terbukti Kijang Innova Hemat BBM

Jakarta - Gosip miring yang menyebutkan bahwa Toyota Kijang Innova boros ternyata hanya sekadar isapan jempol. Johnny Darmawan, Presiden Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan dari hasil survey di beberapa daerah, membuktikan bahwa Toyota Kijang Innova hemat BBM.
”Kita telah mensurvei para pemakai Kijang Innova di daerah Jawa Timur serta Jawa Barat. Mereka mengaku puas dengan konsumsi BBM-nya yang terbukti lebih irit,” tegas Johnny.
Dari rata-rata pemakaian konsumsi BBM-nya, per liternya bisa mencapai jarak antara 8-10 km. ”Hasil itu bisa lebih lho, tergantung pemakaian dan kondisi jalannya. Jadi isu Kijang Innova boros itu merupakan black campaign,” terangnya.
Salah satu bukti lain yang sulit dipungkiri adalah trend kenaikkan penjualan Kijang Innova. Di kelas MPV medium, penjualan Kijang Innova sampai bulan Juli mencapai 32.741 unit. Artinya dengan semakin meningkatnya penjualan Kijang Innova, membuktikan bahwa kepuasan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap MPV keluarga ini masih sangat tinggi.
”Angka tersebut membuktikan Kijang Innova masih menjadi idola dan digemari para keluarga di Indonesia dan hingga kini selalu memimpin pasar. Pada 2008 market share-nya pun rata-rata 67,8%,” papar Jonny.
Sangat wajar jika peminat Kijang Innova semakin meningkat. Terlebih setelah diluncurkannya New Kijang Innova dijamin konsumsi BBM-nya akan lebih hemat karena mesinnya semakin
disempurnakan.

New Kijang Innova memakai mesin dengan dua pilihan, yaitu bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 2.000 cc DOHC VVT-i, sedangkan diesel 2.500 cc telah menggunakan teknologi common rail yang terbukti lebih ramah lingkungan. (*)