Sabtu, Maret 20, 2010

Toyota Peduli Gempa Sumatera Barat: 2 Ambulans Toyota untuk Kemanusiaan

Jakarta (12/03) - Toyota menyerahkan 2 Ambulans Toyota Kijang Innova kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk digunakan bagi keperluan pemulihan pasca gempa Padang. Kegiatan ini merupakan tahap ketiga dari rangkaian program kemanusiaan Toyota untuk Gempa Sumatera Barat yang dilakukan bertahap dan berkelanjutan.

Gempa 7,6 SR yang mengguncang Padang pada bulan September 2009 merupakan bencana nasional yang berakibat fatal pada kehidupan masyarakat Propinsi Padang. Sebagai salah satu bentuk kepedulian Toyota terhadap gempa Padang, Toyota menjalankan serangkaian program kemanusiaan untuk memulihkan kembali kondisi masyarakat Padang. Setelah sebelumnya Toyota mengirimkan bantuan logistik dan tenda segera pasca gempa Padang terjadi, Toyota juga menyumbangkan sejumlah dana kemanusiaan melalui Japan Jakarta Club, dimana Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami menjabat sebagai ketua klub.

Mengikuti dua tahap pertama program kemanusiaan tersebut, Toyota kembali melaksanakan tahap ketiga dari rangkaian program, dengan menyerahkan bantuan berupa 2 unit Ambulans Kijang Innova untuk Palang Merah Indonesia (PMI). Bertempat di kantor Gubernur Sumatera Barat, Ambulans ini diserahkan oleh Joko Trisanyoto dan Toshihiro Yokoi kepada Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla, yang selanjutnya diserahkan kepada pengurus daerah, disaksikan oleh Gubernur Sumatera Barat.

”Bantuan kebutuhan pokok dan medis merupakan hal yang penting dalam pemulihan pasca bencana. Kami berupaya memahami kebutuhan masyarakat Sumatera Barat, dengan mempelopori industri otomotif untuk menyediakan kendaraan pendukung yang dapat digunakan sebagai ambulans. Kami harapkan bantuan ini dapat mendukung pemulihan kehidupan masyarakat di Sumatera Barat,” ujar Johnny Darmawan.

Melengkapi rangkaian kegiatan kemanusiaan Toyota, sebuah program renovasi sekolah sedang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Turut ambil bagian dalam pemulihan di bidang pendidikan, Toyota sedang mempersiapkan pelaksanaan program renovasi SD Negri 17 Lubuk Alum, Padang Pariaman, dalam waktu dekat ini.

Keseluruhan rangkaian program ini merupakan kepedulian Toyota bersama karyawan dari PT. Toyota Astra Motor dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Dengan nilai keseluruhan mencapai 2,3 M rangkaian program ini diharapkan dapat membantu pemulihan Padang pasca gempa secara bertahap dan berkelanjutan.

Jumat, Maret 19, 2010

Aksi Drifting Scion tC 600hp

Mulholland Highway adalah lintasan berliku di Malibu, Los Angeles yang legendaris. Jalanan berliku ini jadi tempat berkumpul penggemar motor di hari libur. Lintasan berliku membelah hutan dan perbukitan membuat banyak orang suka, kagum dan sebagian takut. Apalagi ada bagian yang bernama Gallery, tempat melihat seluruh lintasan jalan dibawahnya.

Tapi sangat-sangat jarang yang melintasi jalanan itu seperti yang dilakukan Tanner Foust yang terekam di video ini. Dia ngebut di lintasan yang dikenal sebagai "The Snake" dengan Rockstar Scion tC drift car.

Sejatinya mobil itu bukan Scion tC yang biasa ada di jalanan. Basisnya memang mobil kompak Scion tC yang ukurannya seperti Toyota Vios itu, tapi sudah menjalani modifikasi hebat. Mesinnya diganti mesin Toyota TRD NASCAR V8 yang memproduksi daya 600hp. Transmisinya sudah diganti untuk mobil balap profesional serta drift-style handbrake untuk membuatnya lincah aksi drifting-nya.

Dalam video itu, Foust memamerkan kemampuan mengemudi yang luarbiasa. Aksi-aksinnya mendebarkan dan mencengangkan. Dia melakukan drifting sempurna yang sulit atau melakukan aksi-aksi dengan bagian belakang hanya satu inch jaraknya dari pagar pelindung. Foust melukis aspal dengan jalur-jalur hitam dari roda, dan mengoncang dinding tebing dengan raungan mesin monsters. Scion tC dan Foust berdansa di jalur sepanjang 2 mil/3.2km.

Aksinya bisa disaksikan di video di sini http://www.streetfire.net/video/tanner-foust-street-drift-mulholland_741531.htm. Ingat, aksi ini dilakukan oleh pengemudi profesional di jalan yang ditutup untuk umum.

Selasa, Maret 16, 2010

Yaris Cetak Peningkatan Penjualan Tertinggi

Jakarta – Toyota Yaris Indonesian Car of The Year 2009 versi majalah Mobil Motor dan juga juara ajang slalom nasional 2009, selama bulan Februari 2010 berhasil mencetak kenaikan penjualan sebesar 25,6% dibanding bulan sebelumnya dengan membukukan penjualan sebesar 985 unit. Pencapaian ini menempatkan Yaris sebagai pencetak kenaikan penjualan tertinggi di kelas 4x2 compact medium MPV mengalahkan para pesaingnya.

Sementara pada kelas MPV Toyota, mobil fenomenal Indonesia yaitu Toyota Avanza meraih hasil yang positif dengan berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 10.850 unit, meningkat sekitar 9,4% dibandingkan bulan sebelumnya. Penjualan ini adalah penjualan tertinggi yang pernah dicapai oleh Avanza setelah muncul pertama kali tahun 2004 di Indonesia. Kendaraan idaman keluarga Indonesia Toyota Kijang Innova tidak ketinggalan mencetak angka penjualan sebesar 4.140 unit atau meningkat sebesar 3,9% dari bulan sebelumnya. Pencapaian-pencapaian tersebut melengkapi penjualan MPV Toyota yang meningkatkan penjualan sebesar 7,9% dengan membukukan penjualan sebesar 15.015 unit sepanjang bulan Februari 2010.

Disamping itu kelas Sedan Toyota tidak ketinggalan mencetak kenaikan penjualan sebesar 2,8% dari bulan sebelumnya dengan mencetak 1.141 unit. Secara total Toyota berhasil membukan penjualan sebesar 21.131 unit sepanjang bulan Februari 2010, meningkat 8,6% dari bulan sebelumya.

“Pasar Otomotif Indonesia bulan Februari sangat positif, berbagai pencapaian berhasil dibukukan salah satunya Yaris yang berhasil mencetak pertumbuhan luar biasa di kelasnya. Terima kasih kepada para pelanggan atas kepercayaan kepada Toyota. Pencapaian ini membuat kami akan terus mengembangkan produk dan juga layanan terbaik untuk pelanggan ,” ujar Johnny Darmawan Presiden Director Toyota-Astra Motor.

Sejalan dengan jiwa muda dan kreatif Toyota Yaris, kendaraan anak muda yang sarat akan teknologi ini ikut ramaikan Brightspot Market yang digelar di Pacific Place Lobby selatan tanggal 12 hingga 14 Maret 2010. Bekerja sama dengan 4 desainer grafis muda dalam project YxB, Toyota Yaris tampil menawan dibalut sticker hasil karya para desainer tersebut. Tercatat ada 4 orang desainer muda asal Indonesia yang berkesempatan menempilkan karya mereka dengan Toyota Yaris sebagi media nya. Mereka adalah A.D.W, 16D Scale, Sanchia Hamidjaja & Whiteboard Journal.

Toyota-Toyota Yaris yang telah didesain para seniman ini dapat digunakan untuk test drive selama acara brightspot market berlangsung. Dan bagi para pengunjung yang berkesempatan melakukan test drive mendapatkan souvenir berupa tote bag yang di desain khusus sesuai dengan mobil yang digunakan untuk test drive.

Selain berkesempatan melakukan test drive, para pengunjung pun berkesempatan untuk mendapatkan undian berupa iphone dan hadiah-hadiah menarik lainnya, dengan cara mengikuti voting desain favorit dari Yaris yang tersedia.

Bagi para pengguna Yaris, dengan hanya memperlihatkan STNK bisa mendapatkan voucher belanja senilai Rp.100.000 rupiah yang dapat digunakan untuk berbelanja di brightspot market.

“Projek kerja sama ini bertujuan memperlihatkan kepada publik bahwa Indonesia memiliki kekuatan yang hebat di dunia desain dan hal ini sejalan dengan jiwa Yaris yang muda dan kreatif, semoga acara ini dapat menjadi tonggak kemajuan dunia desain Indonesia,” ujar Achmad Rizal Marketing Communication Manager Toyota-Astra Motor.

Survei Membuktikan Toyota Pilihan Konsumen

Amerika Serikat – Badan survei independent Amerika Serikat, Corporate Research International (CRI) pada bulan ini mengumumkan hasil pollingnya.

Dari 1.640 responden yang disurvei sejak 19 Februari – 2 March 2010, sebagian besar memilih Toyota sebagai merek otomotif paling dipercaya. Sebanyak responden yang mewakili dari seluruh negara bagian Paman Sam itu secara kompak menunjuk pabrikan otomotif asal Jepang tersebut sebagai pilihan terbaik. Demikian menurut rilis yang dikeluarkan oleh CRI.

Rata-rata para responden menyatakan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, akan memilih Toyota jika hendak membeli mobil baru.

Hasil survei pun sangat luar biasa. Tak tanggung-tanggung, CRI mengumumkan Toyota menempati peringkat pertama dengan pilihan responden mencapai 66,4 persen.

Posisi kedua ditempati oleh Chrysler dengan 21,7 persen. Urutan selanjutnya berturut-turut diduduki oleh GM (13,4 persen) dan Ford (18,3 persen).

“Reputasi Toyota yang telah dibangun selama bertahun-tahun, menjadi kekuatan nyata dalam memikat hati para konsumen setianya. Terlebih Toyota mampu membina hubungan baik dengan konsumennya ketika ada keluhan, dan hal inilah yang menjadikan konsumen setia berada di samping Anda,” terang Mike Mallett, President and CEO of Corporate Research International.

Dengan terpilihnya Toyota sebagai merek paling terpercaya di Amerika Serikat, membuktikan bahwa Toyota senantiasa berupaya memberikan yang terbaik untuk konsumennya.

CRI sendiri merupakan badan survei riset yang selalu memantau akan beragam kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat di Amerika Serikat. Tak hanya di bidang otomotif, CRI juga memantau makanan ataupun minuman, hingga restauran favorit, serta hal yang lain, yang hasilnya sering menjadi rujukan konsumen dalam menjatuhkan pilihan. (*)

Senin, Maret 15, 2010



Presiden Toyota Optimis Penjualan Kembali Naik

Jepang – Semakin membaiknya perekonomian dunia dan masih tetap tingginya kepercayaan masyarakat internasional terhadap produk Toyota, menjadikan Presiden Toyota, Akio Toyoda optimis.

Menurut cucu pendiri pabrikan otomotif terbesar di dunia itu, permintaan akan mobil-mobil Toyota akan meningkat pesat dalam waktu dekat. “Saya yakin ini sangatlah mungkin. Kami melakukan beberapa langkah yang sangat simultan dalam memberikan peningkatan pelayanan kepada konsumen. Terlebih para pekerja kami bakal bekerja lebih keras untuk segera memulihkan kondisi ini,” terang Toyoda, seperti yang disampaikannya kepada Perdana Menteri Jepang, Yukio Hatoyama.

Keyakinan Toyoda terutama ditujukan terhadap pulihnya pasar otomotif dunia, khususnya di Amerika Utara. Dia percaya mulai Maret ini kondisi pasar akan kembali normal, terlebih hasil penjualan Toyota Februari 2010 lalu tetap menempati peringkat atas sebagai merek pabrikan otomotif paling favorit di Amerika.

Terbukti beberapa mobil dari Toyota menempati peringkat atas angka penjualannya. Diantaranya Toyota Tacoma menempati peringkat pertama di kelas small pick up dengan angka penjualan sebesar 8.325 unit atau menguasai 45,6 persen. Pada kelas Luxury SUV, Toyota berhasil menempatkan Lexus RX350/450h di peringkat pertama dengan angka penjualan 5.694 unit, atau menguasai 24,3 persen (prosentase ini nyaris dua kali lipat dari kompetitor terdekat).

Sedangkan di kelas Passenger Car, Toyota Corolla rangking kedua dengan penjualan 16.996 unit. Diikuti pula dengan Toyota Camry menempati peringkat ketiga dengan penjualan 16.552 unit. Bahkan Toyota Yaris meraih peringkat ketiga di kelas Entry Subcompact dengan prosentase 14,2 persen.

Selain itu Scion tC menempati peringkat ketiga di kelas sporty Subcompact dengan menguasai pasar 13,5 persen. Diikuti pula dengan Lexus LS menduduki peringkat kedua di kelas Prestige Luxury Sedan dengan prosentase 25,8 persen.

Dominasi Toyota kembali berlanjut di kelas khusus Hybrid. Secara total pada periode yang sama (Februari 2010) Toyota menempati peringkat pertama dengan angka penjualan sebesar 10.957 unit atau menguasai pasar hingga 35,5 persen. Toyota Prius menduduki peringkat pertama dengan menguasai penjualan hingga 56,3 persen dari seluruh jenis mobil jenis passenger cars dan juga menguasai 47,8 persen dari seluruh penjualan mobil hybrid.

Tak ketinggalan Lexus RX450h meraih peringkat pertama di segmen kelas Hybrid Light Trucks dengan menguasai pasar sebesar 35,2 persen. Yang kembali dilanjutkan oleh Toyota Highlander Hybrid dengan meraih peringkat ketiga di kelas Hybrid Light Trucks dengan prosentase 13,4 persen. (*)