Kamis, Agustus 19, 2010

Nyaris Tidak Terdeteksi Autobild

Release Date : Selasa, 10 Agustus 2010
Media : Autobild, at page 26-27, size 1650 mmk
Journalist : Susanto Ari P

Dalam ingar-bingar ajang IIMS 2010, Toyota Corolla Altis 2.0 V dan 1.8 G menjadi primadona. Keduanya mengandalkan mesin Dual WT-i dengan distribusi tenaga via transmisi CVT. Kendati demikian, masih ada model 1.8 E dengan transmisi manual 6-speed yang tidak ikut dipajang di JiEX Kemayoran. Dan untuk Anda kami mencobanya.

Desain gril 1.8 E lebih lebar dari model lawas dengan imbuhan dua bilah krom. Sedangkan lampu depan belling tanpa smoke design ala varian 2.0 V. Nyaris tidak terlihat adalah berubahnya alur bawah kaca lampu mengikuti bentuk bumper. Sisi depan bumper diubah dengan dihapusnya coakan kecil di atas dan hadirnya 'batang' kokoh ala Camry.

Dimensi pelek tidak berubah kendati motifnya dibuat lebih sporty dari palang lima ganda pada 1.8 J. Bagian sampingnya sederhana tanpa imbuhan lis krom dan pelipatan spion elektrik. Sementara lampu belakang LED bening, dan bilah krom melebar menjadi ciri khas di buritan. Desain bumper turut mendapatkan sentuhan dan lampu mata kucing diubah dari bulat menjadi kotak.

Bagaimana dengan bagian dalam? Secara garis besar ia serupa model J yang digantikan. Kesan sederhana terwujud pada setir palang empat berbahan plastik empuk. Lainnya adalah tidak disematkannya panel kayu di tengah dasbor. Tombol AC manual dengan kenop putar mengingatkan pada Vios dan Yaris. Kendati demikian, versi Grand New ini terlihat lebih segar dengan detail panel instrumen baru.

Yang menarik perhatian adalah tuas transmisi di konsol tengah. Desainnya unik dengan ujung gagang bulat berlapis krom. Di atasnya tertera angka 1 sampai 6 yang menandakan Medium Sedan terbaru ini memiliki 6 pilihan rasio gigi. Inilah pertama kali kami membuktikan keberadaan transmisi manual 6-speed di Grand New Corolla Altis.

Satu lagi selling point Corolla terbaru adalah digunakannya mesin Dual VVT-i berkode 2ZR-FE. Mesin 1.798 cc 4 silinder ini mampu mengerahkan tenaga 151 dk dan torsi 194 Nm. Ini berarti lebih besar 8 dk dan lebih kuat 7 Nm dari pendahulunya, dan juga diklaim lebih ramah lingkungan.

Butuh penyesuaian dengan travel pedal kopling yang panjang saat pertama menjalankannya. Sama repotnya ketika harus membiasakan diri untuk memasukkan gigi mundur dengan menggerakkan tongkat ke arah kiri-depan dengan menarik ke atas cincin di gagang tuas transmisi. Dan jangan kaget kalau transmisi justru masuk ke gigi 6 karena kebiasaan lama, atau lupa menarik cincin karena terburu-buru.

Meski begitu, lonjakan tenaga yang dihasilkan terasa kuat. Tenaga mengalir deras hingga redline mendekati 7.000 rpm. Selain karena tenaga, sinergi rasio gigi 1 sebesar 3,538:1 dan final gear 4,294:1, membuatnya tidak kehilangan momentum. Bahkan ketika berpindah ke gigi 2 dengan rasio 1,913:1, limpahan tenaga tetap terasa dan ban depan berdecit panjang.

Sayang kami belum sempat mencicipi gigi 6 transmisinya. Berdasarkan literatur, rasio gigi 6 Corolla Altis ini adalah 0,700:1. Sedangkan rasio gigi 5 Altis lama adalah 0,815:1. Logikanya figur konsumsi bbm Altis ini bisa lebih irit ketika cruising.

Bicara kenyamanan, Altis adalah yang terbaik di kelasnya. Dan itu tidak dikurangi pada model berlabel Grand New Corolla Altis ini. Walau tidak dapat dipungkiri pengendalian Altis masuk dalam kategori biasa saja. Apalagi setirnya telah memakai power steering elektrik yang mengurangi komunikasi dengan ban.

Bisa dikatakan, apa yang menjadi andalan Altis termurah ini nyaris tidak terdeteksi jika kita tidak mendalaminya langsung. Sama dengan absennya ia dari ajang IIMS 2010 dan membuatnya hilang dari sorotan publik. Namun untuk Anda, kami rela memburu dan menyajikannya tuntas.

FIRST OPINION
Kami merasa potensi performa yang diusung Corolla Altis ini layak diacungi jempol berkat hadirnya teknologi Dual VVT-I dan transmisi baru manual 6-speed. Keberadaan transmisi manual mungkin layak dijadikan bahan perdebatan di tengah maraknya kemacetan. Namun selisih harga hingga Rp 20,3 juta dari model di atasnya, menjadikannya pilihan yang pas bagi Anda yang gemar merasakan sensasi mengemudi yang sporty.

SEKILAS PANDANG
- Fiturnya tak dilengkapi sensor parkir, sistem navigasi, CD changer, smart entry, lampu gtovebox, dan light control system.

- Tersedia berbagai aksesori resmi TGA (Toyota Genuine Accessories) untuk mempercantik tampilannya.

- Telah dilengkapi fitur keselamatan seperti dual airbags, dan rem dengan ABS+EBD.

TOYOTA COROLLA ALTIS 1.8 E M/T
Mesin: 1.798 cc 4 silinder, 151 dk
Torsi maksimum: 194 Km/4.000 rpm
0-100 km/jam: N/A
Konsumsi bbm: N/A
Transmisi: 6-spd manual/fwd
PX L X T: 4.540 x 1.760x 1.465 mm Wheelbase: 2.600 mm
Harga: Rp 328 juta

Minggu, Agustus 15, 2010

Kegiatan ExtrAvanza, Sabtu 07 Agustus 2010

Jakarta – Tak dapat dipungkiri hingga kini Toyota Avanza memegang mahkota sebagai mobil terlaris di Indonesia. Sejak diluncurkan kali pertama pada 2004 lalu hingga pertengahan 2010, penjualan Avanza telah melebihi 450 ribu unit.

Jumlah yang sangat mencengangkan ini membuktikan bahwa Toyota Avanza adalah kendaraan roda empat yang menjadi primadona masyarakat Indonesia. Avanza bisa diterima dengan sangat sukses berkat strategi harga yang tepat, citra kuat Toyota, dan tentunya kemampuan daya angkutnya yang bisa membawa tujuh penumpang.

Tak mengherankan Toyota Avanza lebih dipilih oleh kalangan menengah ke atas, khususnya bagi konsumen yang baru pertama membeli mobil. Bahkan dari hasil survey yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), menunjukkan bahwa pembeli Avanza banyak yang datang dari kalangan pengguna sepeda motor sebelumnya.

Atas dasar inilah maka pada akhir pekan lalu atau tepatnya 7 Agustus 2010, TAM menggelar acara EkstraAvanza bersama komunitas sepeda motor, HTCI (Honda Tiger Club Indonesia) di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan yang diharapkan mampu membangun emotional bonding antara pengguna roda dua dan roda empat ini pun, mendapat sambutan positif dari Komunitas HTCI yang merupakan klub pertama Honda Tiger di Indonesia.

Tercatat 42 anggota klub HTCI hadir memeriahkan acara tersebut. Pada kesempatan yang sangat istimewa ini, para anggota HTCI terbagi menjadi 10 kelompok dan berhak menjajal 10 unit Toyota Avanza, yang juga ditemani oleh 10 instruktur.

Rute yang dilalui sangat variatif, sehingga anggota komunitas klub HTCI bisa mengetahui keunggulan Avanza luar dalam. Terlebih sebelumnya mereka telah mendapatkan materi info produk Avanza.

Usai berkeliling bersama Avanza, seluruh rombongan menikmati makan siang di American Grill Artha Gading. Acara kembali dilanjutkan dengan diskusi ringan.

HTCI diwakili oleh saudara James, sedangkan dari TAM adalah saudara Anton. Segala hal yang ditemui di jalan raya, coba didiskusikan bersama demi memperkaya momen berbagi pengalaman.

Yang menarik setelah diskusi ringan itu, perjalanan dilanjutkan kembali melalui rute-rute yang padat sepeda motor. Di saat inilah team dari JDCC (Jakarta Defensive Driving Course) juga berkesempatan berbagi ilmu dengan menggelar simulasi kejadian di jalan secara live (langsung).

Dari kegiatan positif ini, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran berlalu-lintas bagi para anggota HTCI di jalan raya, khususnya ketika berperan sebagai pengguna roda dua ataupun roda empat. Di ujung acara, TAM pun membagikan kuisioner kepada seluruh anggota HTCI.

Dengan berakhirnya kegiatan EkstrAvanza, para anggota HTCI bakal semakin yakin bilamana hendak beralih sebagai pengguna roda empat. Bagaimanapun juga Toyota Avanza adalah pilihan yang terbaik dan sukses merebut hati konsumen otomotif di tanah air. (*)

Puasa & Mudik bareng @ToyotaID

Jakarta – Mendapatkan informasi yang bermanfaat dan up to date kini semakin mudah. PT Toyota Astra Motor memberikan layanan melalui jejaring sosial Twitter, cukup follow @ToyotaID dengan mengklik http://www.twitter.com/ToyotaID

Dengan bergabung dan nge-tweet bersama Toyota, beragam macam pesan maupun kegiatan sehari-hari bisa diketahui dengan mudah. Dijamin akan banyak sekali manfaat yang bisa dipetik.

Mulai dari informasi kegiatan community dari klub-klub yang bernaung di bawah Toyota hingga beragam tips bermanfaat selama ramadhan. Sebut saja tips, sehat berpuasa, sahur, berbuka di jalan, memilih alat transportasi mudik, merawat kendaraan untuk mudik, program mudik dari Toyota, tempat berbuka yang seru, reminder service sebelum mudik, pengecekan parts, hingga tips mempercantik kendaraan.

Memasuki masa-masa mudik pun, ToyotaID akan memberikan informasi seputar Posko Mudik Toyota serta fasilitas yang tersedia. Bahkan saat lebaran, ada info suasana idul fitri dan tempat ibadah.

Jikapun ada yang berencana liburan, nge-tweet bersama Toyota akan tersaji informasi lokasi-lokasi tempat liburan yang layak untuk disinggahi. Informasi arus balik juga ada.

Yang bikin heboh, bagi followers nge-tweet bersama Toyota, akan tersedia beragam kuis dengan bermacam hadiah menarik.Hadiahnya sangat sayang untuk dilewatkan, karena terdiri dari Iphone 3GS dan 5 unit Ipod Shuffle dan puluhan suvenir menarik dari Toyota.

Jadi tunggu apalagi follow @ToyotaID, nge-tweet bersama Toyota benar-benar menjadikan ramadhan tahun ini lebih seru dan bermanfaat. (*)