Jumat, Januari 15, 2010

TAM Hadirkan 5 Varian Baru Dyna Media Indonesia

Release Date : Selasa, 12 Januari 2010
Media : Media Indonesia, at page 16, size 1365 mmk
Journalist : Anindityo Wicaksono
Source : Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto, Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan

Tahun ini diprediksi permintaan akan kendaraan jenis truk ringan (light truck) akan meningkat.

AGEN tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Toyota di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM), menargetkan penjualan light truck Toyota Dyna mencapai 10 ribu unit tahun ini. Raihan pangsa pasar TAM untuk segmen truk 2 ton tersebut akan digenjot dari 11% pada 2009 menjadi 14% tahun ini.

Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto di sela peluncuran lima varian baru Toyota Dyna di Jakarta, kemarin. Lima varian terbaru Dyna yang diluncurkan yakni ripe 130 HT, 130 XT, 110 ET, 110 FT, dan 110 ST.

Menurut Direktur Pemasaran TAM, Joko Trisanyoto, pada periode Januari-Desember 2009, penjualan ritel Toyota Dyna mencapai lebih dari 7.800 unit. Adapun pangsa pasar terbesar produk Toyota Dyna berada di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.

Untuk kelima varian baru itu, ditawarkan sejumlah fitur baru yang bermanfaat meningkatkan kenyamanan pengemudi, antara lain power steering dan tilt telescopic.

Selain fitur itu, varian baru tersebut mengadopsi mesin baru yang lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Sebagai kendaraan yang didesain untuk sarana pengangkutan dari sentra-sentra produksi, varian baru didesain sebagai sarana untuk segala jenis usaha dan dapat digunakan di berbagai medan.

Kelima varian baru Dyna itu juga dilengkapi sasis dan ragam pilihan diferensial yang lebih kuat dan mendukung untuk pemakaian pada lintasan daerah perkebunan, perdesaan, hingga jalan raya baik antarkota maupun dalam kota.

Di kesempatan yang sama, Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan memaparkan peluncuran lima varian baru Toyota Dyna di awal tahun merupakan bagian dari optimisme TAM dalam menangkap tren perbaikan perekonomian nasional tahun ini. Apalagi perbaikan infrastruktur telah dijadikan salah satu prioritas program 100 hari pemerintah.

"Perbaikan infrastruktur biasanya akan berdampak memicu kenaikan permintaan untuk jenis kendaraan komersial," kata Johnny.

Ia mengatakan peluncuran tersebut bukan hanya sekadar strategi TAM untuk memperkuat posisi di segmen kendaraan komersial di awal tahun.

Namun, itu juga sebagai langkah mendorong pergerakkan perekonomian nasional.

Tambah diler
Sementara itu, terkait dengan kondisi pasar kendaraan komersial di Tanah Air saat ini, Joko menilai sangat menjanjikan. Secara total penjualan nasional, kendaraan jenis komersial memegang pangsa pasar hingga 33% dari total penjualan kendaraan sebanyak 438.025 unit. Dari jumlah itu, segmen truk 2 ton meraih pasar 11%.

Menurutnya, untuk mencapai peningkatan target penjualan, TAM akan melebarkan jaringan tahun ini.

Untuk itu, TAM berencana menambah sedikitnya 10 diler baru. Diler-diler ini mencakup milik Auto2000 dan mitra lainnya.

"Penambahan diler yang mencakup bengkel baru itu penting sebagai bagian strategi TAM untuk mendongkrak penjualan kendaraan komersial. Terutama karena kunci memenangi pasar pada segmen ini terletak pada layanan pasca penjualan," ujarnya.

Penambahan diler-diler baru akan dilakukan di beberapa titik pemasaran Toyota yang masih kurang kuat, di antaranya Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan Jawa.

Rencana ekspansi ini didukung oleh ketersediaan belanja modal yang dianggarkan sebesar Rp 1,5 triliun untuk tahun ini.

Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan jaringan penjualan, layanan pascapenjualan, pembangunan gudang, hingga peningkatan kapasitas penjualan.

Selain membangun diler baru, dana tersebut juga akan dipakai untuk membangun Toyota Training Centre. Ini menjadi strategi TAM dalam memperkuat basis kualitas sumber daya manusia yang mereka miliki. (E-5)

Selasa, Januari 12, 2010

Toyota Dominasi Pasar Otomotif Vietnam

Vietnam - Di tengah kelesuan perekonomian dunia, Toyota kembali membikin catatan manis di Vietnam. Pada 2009 pabrikan otomotif terbesar di dunia ini sukses memimpin penjualan produknya sebanyak 30.110 unit atau meningkat pesat hingga 23 % dibandingkan tahun lalu.

Memasuki 2010, kembali Toyota berupaya keras untuk tetap mempertahankan dominasinya. Caranya adalah dengan menyediakan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Di Vietnam sendiri, Toyota Kijang Innova merupakan salah satu mobil favorit.

Sejauh ini pasar otomotif di Vietnam berkembang sangat pesat. Saat Desember 2009 lalu, penjualan mobil baru melonjak hingga 59%, seperti rilis yang dikeluarkan oleh Vietnam Automobile Manufacturers Association (VAMA).

Menurut pengamat otomotif Hanoi Automobile Trading Co, Le Van Tam, meningkatnya penjualan mobil baru di akhir tahun lalu itu karena masyarakat khawatir harga mobil akan naik lagi. “Penjualan melonjak tajam karena 2010 akan diberlakukan kenaikkan pajak sebesar 10%. Makanya masyarakat berbondong-bondong membeli mobil baru di akhir 2009 lalu,” terang Le.

Seperti diketahui Menteri Keuangan Vietnam memberlakukan kenaikkan pajak pembelian mobil baru, yang sebelumnya 5% menjadi 10% sejak 1 Januari 2010. Tak hanya Vietnam, Indonesia pun menurut rencana juga akan segera memberlakukan kenaikkan pajak pembelian mobil baru pada 2010 ini. (*)

Berikut Catatan Penjualan Otomotif di Vietnam Pada 2009

Merek

Unit

Perubahan (naik/turun (%)

1. Toyota

30.110

+23

2. Honda

4.215

-29

3. GM Daewoo

14.200

+29

4. VMC (BMW, Mazda, Kia)

784

+50

5. Vina Star (Mitsubishi, Proton)

3.666

+25

6. Ford

8.286

+28

7. Mercedes

3.399

+60

8. Isuzu

2.997

-11

9. Mekong (Fiat, Iveco, S-Young)

616

-62

10. Visuco (Suzuki)

2.669

-11

11. Hino

2.199

-18

12. Samco

482

+3

13. Truong Hai

21.617

+22

14. Vinacomin

256

-34

15. Vinaxuki

8.680

+8

16. Vinamotor

15.284

-28

Total

119.460

+7

2010 NAIAS: Toyota Camry Facelifted

  • Mesin empat silinder lebih bertenaga
  • Vehicle Stability Control jadi fitur standar di semua tipe
  • Dipasarkan Maret 2010

Toyota Motor Corp. menampilkan Toyota Camry facelifted untuk pertamakalinya di North American International Auto Show. Bukan hanya Camry bensin, tapi juga versi hybridnya juga mengalami penyempurnaan. Kedua model ini akan hadir di showroom di Amerika Serikat mulai Maret 2010.

Perubahan dimulai dari grille desain baru, bumper depan lower intake yang lebih besar, projector headlamp lebih besar dan lampu belakang dengan style baru. Demikian pula dengan wheel yang dipakai.

Tidak hanya kulitnya saja, tapi mesin Camry juga disempurnakan. Mesin empat silinder berkapasitas 2.5 liter dilengkapi dengan VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence) bisa memproduksi 169hp. Pada versi sport, dengan racikan lebih jauh menghasilkan power hingga 179hp, atau 21hp lebih besar dari mesin empat silinder sebelumnya. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi 6-speed manual atau 6-speed automatic dengan sequential shift. Sementara mesin V6 3.5 liter memproduksi 268hp.

Peningkatan sisi eksterior Camry Hybrid meliputi grille unik untuk versi hybrid, bumper depan yang berbeda dengan versi bensin, lower intake lebih lebar, dan alloy wheel 16 inch. Camry Hybrid dilengkapi teknologi Hybrid Synergy Drive yang sudah mendapat sertifikat sebagai Advanced Technology Partial Zero Emission Vehicle. Artinya, emisi Camry Hybrid 70% lebih sedikit dari rata-rata mobil lainnya.

Interior Camry kini dilengkapi dengan USB untuk format musik digital, Bluetooth, radio satelit, single-CD, MP3 dan streaming music capability.

Vehicle Stability Control yang dulu fitur optional kini kini menjadi fitur standar di semua tipe. Teknologi yang disiapkan agar mobil lebih aman saat melaju di tikungan atau jalan berliku ini juga dilengkapi dengan traksi kontrol agar ban selalu mencengkram jalan dengan optimal.

Power windows dilengkapi fitur safety jam protection di empat pintu juga jadi fitur standar.

Khusus untuk Camry Hybrid, tampilan meter cluster lebih segar dengan disain baru. Sedangkan jok pembungkus kursi dari material eksotis, kombinasi protein sutra dan serat sintetis yang terasa lembut di kulit.

Toyota Camry adalah sedan paling tinggi penjualannya di Amerika Serikat. Dalam 12 tahun terakhir, 11 tahun diantarnya selalu nomer satu. Kekuatan Camry selain kualitas dan daya tahannya adalah kenyamanan dan peformannya.