Sabtu, Juli 19, 2008








Jakarta, KOMPAS.com

—Gelaran pameran kendaraan bermotor terbesar di Indonesia, The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS 2008) telah berjalan selama delapan hari. Antusiasme masyarakat pun makin hari makin bertambah. Hingga hari kelima (15/7) kemarin, jumlah pengunjung tercatat mencapai 81.323 orang. Pengunjung diperkirakan akan membludak selama weekend besok atau dua hari terakhir pameran.Antusiasme para peserta pameran pun tidak kalah serunya. Masing-masing stan mengadakan beragam kegiatan mulai dari kuis berhadiah, peragaan produk-produk terbaru, kampanye berkendara hingga penampilan music dari beberapa artis ternama seperti Once, Naif, Yovie Nuno, Afgan, T2 don Alexa Band.Salah satu acara yang diminati pengunjung adalah atraksi robot humanoid ASIMO di stand Honda (Cendrawasih Hall). Pertunjukan Asimo di ajang IIMS 2008 ini merupakan yang pertama kali dilakukan di luar negara asalnya, Jepang.Di hadapan para pengunjung yang sebagian anak-anak, Asimo mendemonstrasikan kemampuan terbarunya, yaitu berlari melingkar, menyediakan minuman di atas nampan dan berjoget dalam beberapa gerakan. Anak-anak terlihat begitu menikmati penampilan robot mutakhir ini.Sementara itu, di ruang Plennary Hall, stand Toyota menampilkan mobil konsep andalan I-Real, sebuah konsep kendaraan mesa depan yang sarat akan nilai ramah lingkungan dalam penggunaan bahan baku dan efisiensi bahan bakar. Smart DrivingToyota juga mengkampanyekan program berkendara yang aman dengan mengadakan kampanye bertajuk "Smart Driving for Smart Women." Program yang bertujuan memberikan pengetahuan bagaimana perilaku berkendara yang baik, aman, nyaman dan cerdas khususnya untuk pengendara wanita."Program Smart Driving for Smart Women ini adalah bentuk kepedulian Toyota terhadap kalangan pengendara khususnya wanita untuk meningkatkan kesadaran dan menjaga keselamatan serta kenyamanan dirinya dan orang lain selama berkendara," jelas Manajer Komunikasi Toyota Astra Motor Achmad Rizal.Dalam kesempatan ini, Toyota menujuk Sandra Dewi (SD) sebagai duta untuk mensosialisasikan program "Smart Driving for Smart Women." Penunjukan SD didasarkan pada oleh pemikiran dan kepeduliannya dalam mendukung keselamatan dan kenyamanan selama berkendara serta daya tariknya sebagai seorang artis. Toyota juga menjalin kerjasama dengan Women Research Institute, sebuah lembaga yang memiliki kepentingan dan kepedulian terhadap wanita.Hanya berselang beberapa jam, acara pemilihan wanita tercantik se-pameran IIMS yaitu Miss IIMS 2008 pun digelar di merak room. Acara yang dihadiri oleh perwakilan SPG dari hampir semua booth, pada hari ketiga ini hanya sampai pada tahap pemilihan lima besar dari seluruh peserta. Sedangkan pagelaran akbarnya sekaligus pengumuman dan penobatan Miss IIMS 2008 digelar pada hari Sabtu malam tanggal 19 Juli 2008. (em)

Sabtu, 19/7/2008 21:53 WIB

JAKARTA, SABTU - Satu hari menjelang berakhirnya pameran mobil internasional (IIMS) 2008 dilangsungkan Exhibitor Night di Merak Room, JCC (19/7). Pada acara itu diumumkan berbagai hasil lomba Best Car, Miss Motor Show, Best Stand dan penulisan terbaik. Namun sebelum pengumuman, ketua II pelaksana pameran menyampikan laporan, mulai dari jumlah pengnunjung dan transaksi penjualan.
Dalam laporannya, Jongkie menyebutkan pameran diikuti 18 ATPM dan 121 pendukung industri otomotif. Selama pameran dipajang sebanyak 160 kendaraan berbagai model, baik yang telah maupun akan dipasarkan di Indonesia dan yang masih berupa konsep. Kemudian untuk lomba best car diikuti 40 kendaraan.

Dari segi penonton, selama sembilan hari tercatat 183.123 pengunjung. Jumlah ini memang sudah melebihi angka tahun lalu, namun belum mencapai target panitia yang mematok 222.000.
Untuk transaksi penjualan, selama pameran sudah terjual sebanyak 6.400 unit dengnan nilai transaksi sebensar Rp 1,7 triliun. Jumlah itu meningkat dibanding tahun lalu yang berkisar Rp 1,5 triliun lebih. Seperti Honda, sampai b erita ini diturunkan sudah mencapai 1.205 unit dan menurut Jonfis Fandy (Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor), lebih dari separuhnya direbut oleh New Honda Jazz. "Dengan sisa waktu tinggal besok, mudah-mudahan bisa mencapai target 1.500 unit," harap Jonfis.

Satu hal yang disenangi Jonfis, bukan saja penjualannya meningkat. New Honda Jazz yang baru di launching Juni lalu berhasil menyandang gelar Best Car Mini MPV dan Best Velue.Kenaikkan tak cuma dinikmati Honda. Tapi juga Hyundai yang selama pameran terjual sekitar 400 unit. Tertinggi direbut Hyundai Avega lalu Hyundai H1.
Kompas.com

Indonesia International Motor Show 16th: EMPAT HARI GELARAN, 'PANEN' JUALAN

Empat hari pameran IIMS 16th, sudah menuai hasil. Sejumlah ATPM ikut, berhasil membuka surat pemesanan kendaraan (SPK) hingga ratusan unit. Seperti PT HPM sudah mengantongi total seluruhnya hingga selasa (15/7) sebanyak 395 unit. Sedangkan Daihatsu 93 unit. Nissan melego 234 unit. Sedangkan Hyundai 91 unit.
Untuk Suzuki yang coba mengganti arah ke mobil elegan, sudah membukukan 100 - 120 unit. "Paling banyak SX4," ujar Bebin Djuana, marketing 4W brand II, PT IMNI.
Pasar mobil tanah air memang sedang meningkat. Berdasarkan data Gaikindo, bulan Juni 2008 mencapai 54 ribuan. "Ini rekor. Selama ini belum pernah penjualan bulanan mencapai angka itu," ujar Soebronto Laras, Presdir IMNI.
Sementara itu, jumlah pengunjung hingga Senin (14/7) menurut Andy Wismarsyah, operation general manager PT Dyandra Promosindo, penyelenggara pameran ini, mencapai total 59.874 pengunjung.
Otomotif


YANG SIAP DIPINANG DI AJANG PAMERAN
Pilihan kian berjibun. Meski pameran IIMS ke-16 yang sedang berlangsung ini digadang-gadang sebagai arena pamer image, toh pada kenyataannya banyak ATPM yang menjajakan mobilnya.

Kalau Anda sedang beminat untuk meminang salah satu mobil itu tak perlu khawatir. Soalnya, pilihan dengan harga terjangkau di rentang Rp 100 - 200 juta, boleh dibilang bertebaran. Mulai dari ATPM Jepang, hingga ATPM Cina. Mulai sedan mini, hingga SUV kelas menengah siap dibawa pulang. Berikut beberapa diantaranya:

TOYOTA: Buat anda yang punya dana terbatas hanya Rp 100 - 150 juta tidak usah minder mengunjungi booth Toyota di IIMS. Pasalnya cukup banyak model yang bisa jadi pilihan anda sekeluarga.

Contohnya, model yang paling gres dan jadi salah satu icon saat ini adalah Yaris TRD Sportivo. Karena hatchback ini sudah dilengkapi body kit dan suspensi asli TRD Sportivo. Kalau melihat tampilannya, Yaris tipe J bertransmisi manual ini boleh diadu dengan hasil modifikasi lokal.

Apalagi hanya dengan membayar Rp 166,1 juta plus aneka kelengkapan tersebut, mobil bermesin 1.500cc ini diwaranty 3 tahun (300 ribu km) oleh pabrikan (PT TAM), sama seperti membeli Yaris biasa.

Atau mau kendaraan untuk keluarga? Bisa piliha Avanza atau Kijang Innova. Khususnya Innova bensin tipe E, G M/T dan G M/T Captain seat. ementara Innova dieselnya tersedia tipe E standar dan E M/T.

Masih banyak pilihan lain mobil Toyota dengan budget Rp 100 - 200 juta. Yang masih gres misalnya All New Vios seluruh tipe: E M/T, G M/T dan G A/T (harga Rp 170,9 - 196,7 juta). Atau bisa memboyong seluruh tipe Rush. Sebab banderol SUV itu masih di bawah Rp 200 juta, persisnya Rp 161,950 - 185,9 juta.

NISSAN: Anda masih bisa membeli produk Nissan dengan dana Rp 200 juta ke bawah. Ada dua pilihan yang bisa jadi alternatif sebelum mengunjung booth-booth merek mobil lain. Yaitu Grand Livina.
Grand Livina ditawarkan dua pilihan mesin, 1500cc dan 1.800cc. Untuk mesin cenggo, harga mulai Rp 147,5 - 164 juta dengan tipe SV, XV M/T dan XV A/T. "Inden yang XV A/T kira-kira nunggu sampai Oktober," ungkap salah satu salesman Nissan di IIMS. Sementara untuk Grand Livina 1.800cc, hanya tipe XV M/T dan XV A/T. Tipe Ultimate M/T maupun A/T sudah lebih dari Rp 200 juta.

Selain itu, Anda pun diberi pilihan hatchback Livina XR yang masih termasuk gres. Harganya lebih murah dari Grand Livina, yakni Rp 144 juta (M/T) dan Rp 152 juta (A/T). Sedangkan buat yang mau Livina gaya SUV, bisa pilih Livina X-Gear.

Bagi yang membeli Grand Livina atau Livina di IIMS bakal memperoleh tawaran kredit menarik selama pameran.

HYUNDAI: Pabrikan asal Korea ini boleh juga jadi pilihan Anda. Yang ingin membeli mobil seharga Rp 100 - 200 juta, Hyundai punya model-model yang cukup menggoda.
Hyundai New Avega yang kini mengalami refreshment eksterior maupun interior dimunculkan di IIMS. Avega baru-baru ini mempunyai suguhan baru di gril depan, lampu dan spoiler belakang. Sedangkan di kabin, new center facia dan head unit iPod ready. Untuk harga, mobil 1.500cc ini berada di kisaran Rp 100,75 hingga Rp 128,5 juta dengan pilihan 5 tipe.
Lainnya Hyundai menawarkan New Getz yang diluncurkan di IIMS tahun lalu. Hatchback bermesin 1.400cc ini punya 4 tipe yang dihargai Rp 130,950 - 164,5 juta.
Asyiknya, setiap pembeli New Getz di IIMS akan diberikan bonus Free Maintenance selama 1 tahun dan mendapatkan voucher senilai Rp 1 juta dari Permasuri Ban. Untuk program pembiayaan, "DP mulai dari 10% serta tawaran bunga menarik selama pameren,".

SUZUKI: Salah satu icon dari gelaran IIMS adalah SX4 Cross Road yang merupakan spec-down dari Cross Over. Kendaraan berkapasitas mesin 1.500cc itu baru saja diluncurkan PT IMNI. Perubahan dari Cross Over paling menyolok adalah minus over fender. Lalu fog lamp juga tidak ada seperti pada versi Jepang. Aroma kabin yang terlihat perubahan paling signifikan ada pada in car entertainment. Lingkar kemudi yang biasa pada versi CBU ada steering switch control ternyata dihilangkan. Perihal harga IMNI melepas Cross Road manual 5-speed Rp 147,5 juta (on the Road). Sementara varian otomatis 4-speed dijual Rp 158,5 juta.
Namun, tak hanya itu, varian standar lain juga dijual pada IIMS itu. Semisal APV Arena, Karimun Estilo, New Baleno, Grand Vitara, dan SX4 Cross Over.

DAIHATSU: Ada banyak varian yang ditawarkan Daihatsu. Mulai dari Xenia Li berkapasitas mesin 1.000cc hingga Terios TX A/T bermesin 1.500cc VVT-i. Selain itu ada Grand Max berkapasitas mesin 1.300cc dan 1.500cc. Nah, untuk harga yang di atas 100 juta ada varian 1.500cc bisa menjadi pilihan. Pastinya harga tersebut mencakup tipe 1.5F PS plus hingga 1.5D PS (optima). Perbedaan pun bervariasi, termasuk diantara varian itu ada yang minus power steering. Ragam aksesori juga sudah diadopsi sesuai tipe. Namun, bagi yang ingin varian Daihatsu paling mahal juga ada pilihan Terios TX A/T model Adventure. "Harga bisa mencapai Rp 174,9 juta."

HONDA: ATPM Honda memiliki dua pilihan varian yang bisa dipilih jika memiliki dana kurang dari Rp 200 juta. Honda All New Jazz yang baru saja launching dan New City. All New Jazz agaknya bisa menjadi primadona pilihan. Salah seorang sales di booth Honda bilang dalam dua hari pameran bisa mendapat 5 peminat.
Pilihan mesin pada All New Jazz berbeda Jazz lama. Kini All New Jazz memakai i_VTEC dengan kapasitas 1.500cc. Harganya Rp 160 juta untuk manual dan Rp 170 juta otomatis.
Berbeda lagi jika memilih varian All New Jazz RS. Manual Rp 172 juta dan otomatis Rp 182,5 juta. 8 warna siap dipilih bagi peminat All New Jazz.
Otomotif

The Indonesia International otor Show (IIMS) 2008: ANTARA PAMERAN DAN JUALAN
Tidak Jualan? Tak terbantahkan ketika di hari pertama saja. Konsep booth yang diusung peserta pameran sebagain besar tak lebih dari sekedar showroom. Jajaran mobil dengan desain booth yang flat. Kendati, ada memang, booth yang lumayan atraktif seperti Honda. Belum lagi melihat gadis stand guide, berbekal brosur berisi spesifikasi mobil yang begitu agresif disodorkan ke pengunjung. Tak cuma itu, mobil masa depan yang dipajang pun sekedar tontonan. Tak ada kesempatan bagi pengunjung untuk menjajal kehebatan teknologi, kenyamanan atau sekedar membuktikan emisi gas buangnya yang konon ramah lingkungan. Maklum, tiga tahun belakangan ini, Gaikindo mengusung tema eco car. Belum lagi, arena test drive berkesan terpisah dari ajang pameran.

Ya, masih selalu begitu, terjadi tarik menarik IIMS sebagai ajang pamer industri otomotif dari sisi teknologi dan momentum jualan. Sulit dipungkiri, nuansa sebagai momentum jualan tetap dominan. "IIMS dari dulu selalu terjadi adu besar penjualan, ini salah. Gaikindo berharap motor show tidak sebagai ajang jualan, agar sejajar dengan Geneve, Paris, dan Tokyo Motor Show," tegas Johnny.

Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra, mengatakan hal serupa. Selalu saja, peserta membesar-besarkan penjualan, melaporkannya ke pihak pelaksana. Namun tak bisa dibantah, 'speed money on IIMS' bagi peserta harus dipertanggungjawabkan. Bentuknya, kata Debora Amelia Santosa, berujung pada volume penjualan. "Ikut IIMS berarti keluar uang, dalam hal ini biaya marketing, jadi wajar saja jika ujungnya volume penjualan," kata Lia, sapaan akrab Marketing Planning PT General Motor AutoWorld Indonesia.

Jonfis Fandy (HPM) juga mempertegas kenyataan ini. "Bagi kami, ya dua-duanya. Realistis sajalah. Brand yang bisa memperlihatkan dan mengkomunikasikan perkembangan teknologi, paling-paling Toyota, Honda, Suzuki dan Mitsubishi. Sisanya masih ritel kok, kalau tidak jual, tidak bisa bangun brand. Ada orang beli, masa tidak dilayani."
Media Indonesia

BIAYA MAHAL, PROMOSI MINIM
Turut serta dalam IIMS memaksa ATPM merogoh kocek tak sedikit. Toh begitu, tak ada jaminan memperoleh manfaat yang optimal. Apalagi dikeluhkan promosi kurang.
IIMS 2008 minus BMW, Volvo, Chevrolet, Jaguar, Renault, Peugeot, Land Rover dan Nissan Diesel. Ada pihak yang mengatakan, keputusan tidak ikut IIMS adalah keliru. Benarkah? Jawabannya bisa benar, bisa tidak. Tergantung, karena masing-masing tentu mempunyai alasan.

Sebetulnya, ikut atau tidak, keterlibatan di ajang IIMS lebih ke persoalan benefit yang bisa didapat. "Bagi ATPM seperti kami, investasi yang dikeluarkan untuk IIMS tidak sebanding dengan hasilnya. Lebih efektif jika 'stand alone', di suatu tempat," kata Debora Amelia santoso, Marketing Planning & PR Director PT GM Autoworld Indonesia.

Soal investasi atau biaya ikut IIMS diakui Amelia Tjandra memang mahal. "Mungkin ATPM yang tidak ikut bukan karena mobil mereka termasuk niche product. BMW misalnya, bukan karena dia tidak punya mass product. Tapi, mungkin lebih karena menurutnya IIMS tidak menampilkan sesuatu yang diharapkan. Mereka membandingkan antara biaya yang harus dibayar dengan impact-nya. Mungkin, kok jumlah pengunjung tak signifikan dibanding biaya yang dikeluarkan. Sedangkan baiayanya sendiri sama seperti di luar negeri, mahal sekali biaya pameran ini," lanjutnya.
Media Indonesia

PASAR: ANOMALI PENJUALAN MOBIL
Kondisi ekonomi di dalam negeri tidak memberikan gambaran yang menggembirakan. Harga minyak naik, harga metal melonjak tajam, apalagi harga matrerial plastik. Namun, di tengah semua kegeliasahan para pelaku bisnis, termasuk para pengamat, pasar otomotif justru bergairah.

Prediksi pengamat ataupun gambaran pesimistis pelaku otomotif bahwa pasar akan tertekan sama sekali tidak terbukti. Penjualan otomotif di dalam negeri terus membaik di tengah berbagai kebijakan yang membingungkan di sektor industri, khususnya otomotif.

Data Gaikindo menunjukkan tren positif dibandingkan periode yang sama tahun 2007. Total penjualan otomotif dari berbagai merek dan jenis yang ada di bawah payung Gaikindo tahun 2007 sebanyak 197.316 unit. Periode yang sama tahun 2008 mencapai 292.589 unit. Bahkan angka ini akan terlihat lebih fantastis jika dibandingkan periode Juni 2007 dan 2008. Pada Juni 2007 total penjualan mencapai 39.424 unit, sedangkan Juni 2008 menembus angka 54.631 unit. Penjualan pada Juni 2008, kata Presdir PT TAM Johnny darmawan, merupakan yang tertinggi dalam sejarah penjualan otomotif.

Jujur pasar memang anomali. Kita semua tidak dapat memprediksi apa yang menjadi penyebab lompatan penjualan itu mengingat situasi ekonomi saat ini belum menggembirakan," kata Johnny. Namun, dirinya memperkirakan ada tiga hal yang mebuat pasar tetap tinggi. Pertama, kenaikan harga belum mencapai titik maksimal. Artinya, masyarakat menilai harga jual otomotif yang berlaku saat ini belum pada titik harga yang sesungguhnya. Masyarakat melihat realitas di pasar global ataupun lokal harga metal, plastik ataupun bahan baku lainnya melonjak, tetapi harga mobil tetap stabil.

Kedua selama ini mayoritas masyarakt membeli mobil dengan cara leasing atau kredit. Dengan berbagai informasi soal kenaikan suku bunga yang saat ini marak di media massa membuat beberapa calon konsumen terdorong untuk membeli mobil sekarang. Apalagi mereka bisa melakukan akad kredit, bunga yang harus dibayar akan rendah karena umumnya leasing ataupun kredit mobil berlaku bunga flat tiga hingga empat tahun ke depan.

Ketiga, beberapa sektor bisnis tetap mengalami pertumbuhan yang baik. Bahkan, tidak sedikit dari sektor itu mengalami lonjakan pasar, yakni sektor pertambangan dan perkebunan. Praktis di beberapa wilayah yang ekonominya naik karena pertumbuhan sektor tambang dan perkebunan memiliki tingkat daya beli yang baik. Mereka tentunya membelanjakan sebagian pendapatnnya ke mobil yang efisien bahan bakarnya, harga jualnya kompetitif, ramah lingkungan, dan memiliki daya jual kembali yang tinggi.

Presdir PT Indomobil Suzuki International Soebronto Laras juga sepakat bahwa pasar memang anomali. Pasar saat ini memang sulit diprediksi di tenagh kondisi ekonomi yang tidak menentu.
Lepas dari berbagai pendapat pasar memang anomali. namun ke depan, pertanyaannya, apakah apasar otomotif nasional tetap akan naik? Apabila trennya tetap positif, seharusnya pemerintah memanfaatkan momentum itu untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif bukan merecoki dengan berbagai kebijakan yang membingungkan.

Suka atau tidak suka, sektor ini telah memberikan kontribusi yang besar untuk penerimaan pajak, tenaga kerja, sumber daya berpendidikan, dan pengembangan industri komponen. Tinggal bagaimana pemerintah menyikapinya dengan arif.
Kompas