Jumat, Januari 09, 2009

"Biar kecil, tau hybrid donk!!!"
Toyota Mengenalkan Teknologi Hybrid kepada Siswa Sekolah Dasar

Jakarta - Memang hebat siswa-siswi sekolah dasar di Jakarta, meski masih duduk di tingkat sekolah dasar namun mereka sudah mampu memiliki gambaran dan kreatifitas mengenai mobil impian masa depan, dan yang lebih hebat lagi sejak dini mereka sudah diberi kesempatan belajar tentang teknologi Hybrid bersama Toyota Prius.

Program yang dibuat oleh PT Toyota Astra Motor ini memang memberikan kesempatan kepada siswa sekolah dasar untuk mengenal lebih jauh mengenai teknologi hybrid yang dimiliki oleh Toyota Prius. Mereka bisa melihat mesin hybrid, cara kerja hybrid di Prius, bisa melihat interior design dari Prius dan yang lebih menyenangkan lagi siswa sekolah dasar tersebut dalam mencoba menaiki Prius mengelilingi lingkungan sekolahnya.

PT Toyota Astra Motor memang sedang menggiatkan kampanye mobil yang ramah lingkungan, hal ini sebagai salah satu komitmen Toyota untuk selalu memberikan kehidupan yang lebih baik dan kebahagiaan untuk semua. Oleh karena itu banyak sekali program-program yang berkaitan dengan lingkungan yang sudah dilakukan oleh TAM. Antara lain program Toyota Eco-Youth yang menstimulasi para pelajar tingkat menengah atas untuk menciptakan alternatif-alternatif program penghijauan dan penyelamatan lingkungan di sekitarnya, selain itu Toyota juga mengelola Hutan Kota di daerah Jakarta Timur sebagai taman hijau, program lainnya sudah tentu adalah mengkampanyekan teknologi mobil yang ramah lingkungan seperti Prius kepada pelajar sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi.

Sedangkan untuk program di tingkat sekolah dasar, selain mengenalkan teknologi hybrid di tingkat sekolah dasar, TAM juga mengadakan perlombaan menggambar mobil impian yang diberi nama Toyota Dream Car Contest dimana para peserta dari sekolah dasar tersebut harus menggambar mobil impian mereka masing-masing yang tentunya ramah terhadap lingkungan. Pemenang dari kontes ini akan mendapatkan hadiah jalan-jalan ke negara Jepang.

"Kami memang ingin mengenalkan hybrid sejak dini kepada pelajar, hal ini tentunya untuk menstimulus kesadaran sejak dini mengenai pentingnya menjaga lingkungan demi kehidupan masa depan yang lebih baik", ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

Program ini mencakup lebih dari 30 sekolah dasar yang ada di Jakarta, antara lain SD Argentina dan SD Menteng 1 di kawasan Menteng, SD Pancoran 1, SD Perguruan Cikini dan sekolah dasar lainnya.

"Dimas senang bisa tau hybrid, ternyata canggih dan ramah lingkungan, senang juga bisa menggambar mobil impian Dimas, semoga bisa ke Jepang. Terima kasih Toyota", ucap Dimas salah satu siswa sekolah dasar saat program diadakan



Uji BBM Yaris - Antara Premium & Pertamax

Telah banyak media yang mengulas Toyota Yaris. Keunggulan akselerasi mesin dan stabilitas pengendaliannya kerap sekali dibicarakan. Begitu pula dengan konsumsi BBM-nya yang diklaim sangat irit karena bisa mencapai 12 km/liter di dalam kota.

Lalu bagaimana jika Toyota Yaris diajak menempuh perjalanan jauh luar kota Jakarta-Surabaya PP (pulang pergi)? Tentu sangat mengasyikkan mengingat Yaris di Indonesia kerap disebut mini MPV dan tak jarang disebut city car.

Dalam pengujian kali ini kami memutuskan untuk memakai BBM Premium dari Jakarta-Surabaya, dan gantian memakai Pertamax arah sebaliknya. Kira-kira mana yang lebih irit?

Tentu butuh waktu hari libur yang cukup untuk melakukan pengujian ala Jakarta-Surabaya PP. Maklum, jarak yang kami tempuh via jalur pantura bisa mencapai 1.600 km. Jadi momen liburan natal dan tahun baru lalu dapat kami gunakan untuk pengujian kali ini.

Saat memasuki Tol Cikampek SPBU km 57 di malam hari, kami sempatkan diri untuk melakukan pengecekan di Pos Jaga Toyota 24 Jam. Melalui tangan trampil mekanik Udin, Toyota Yaris yang kami kemudikan dinyatakan tak ada masalah dan siap melakukan perjalanan jauh. Usai mengisi penuh tangki BBM dengan Premium yang tak sampai Rp 200 ribu, perjalanan ke Surabaya segera kami lanjutkan.

Capai 170 km/jam
Perjalanan tengah malam tergolong lancar. Jalanan tidak terlalu padat hingga memberikan kesempatan bagi Yaris adu performa. Mulai akselerasi menyusul bus-bus malam berukuran besar hingga truk gandengan tidak ada masalah. Ukuran Yaris yang kompak ditunjang dengan akselerasinya yang responsif, semakin membuat kami yakin bahwa mobil ini juga layak diajak keluar kota.

Saat memasuki Cirebon barulah performa total Yaris dapat terasa maksimal. Di jalur tol Cirebon, Yaris dapat kami pacu hingga menembus kecepatan 170 km/jam. Ingin sekali menekan pedal gas lebih dalam, hanya saja barisan pintu keluar tol telah terlihat. Dengan terpaksa pedal rem pun harus terinjak agar dapat memberikan beberapa lembar ribuan Rupiah untuk petugas loket.

Tembus 16 km/liter
Tiba di Semarang pagi hari, kami memutuskan untuk sekadar keliling kota. Waktu itu jalanan mulai ramai dan saat melihat indikator BBM sudah tersisa satu bar, kami pun singgah di SPBU. Kembali pengisian secara full tank untuk mengetahui berapa konsumsi BBM selama perjalanan.

Takjub juga dengan hasil betapa iritnya konsumsi BBM Toyota Yaris. Jika dirata-rata selama perjalanan, perliter Premium bisa menembus 16 km. Padahal kami sering menekan pedal gas dalam-dalam.

Menjelang sore, kami pun tiba di Surabaya. Selama di Kota Pahlawan, kami sengaja berkeliling kota supaya indikator BBM segera menurun dan berkedip lampu merah. Namun konsumsi BBM Yaris yang super irit, memaksa kami dapat mengunjungi SPBU esok hari. Pasalnya hingga tiba di Surabaya di hari pertama, indikator BBM masih menyisakan dua bar.

Setelah merasa kondisi badan sudah bugar, keesokan harinya kami memutuskan untuk segera kembali ke Jakarta. Kali ini pengujian adalah bagaimana konsumsi BBM Yaris jika memakai Pertamax yang beroktan 92.

Dengan angka oktan yang lebih tinggi 4 digit dibandingkan Premium yang 88, kami sudah membayangkan bahwa performa Yaris akan lebih baik. Tepat sore hari, kami telah berada di Tol Surabaya dan kembali menyusuri jalan yang sama, yang telah kami lewati kemarin. Perjalanan kali ini lumayan padat karena boleh dikata kami berbarengan dengan bus-bus malam luar kota yang juga menuju Jakarta.

Cukup gemas juga melihat banyaknya iring-iringan bus malam di depan. Jalur pantura di Jawa Timur tergolong sempit dan hanya cukup untuk dua jalur saja. Lalu lintas yang lumayan ramai, justru menjadi kelebihan bagi Yaris. Dimensinya yang kompak dan performanya yang gesit, kami pun berhasil mendahului beberapa bus malam.

Jadi bisa dibayangkan pedal gas kerap sekali diinjak. Namun ada catatan menarik, cukup dengan menekan pedal gas secukupnya (tidak perlu dalam-dalam) dan upayakan putaran mesin berkisar 3.000 rpm, Yaris pun telah asyik diajak aksi salip menyalip. Tanpa terasa kami pun sampai di Tegal.

Saat memasuki SPBU, sesungguhnya masih ada beberapa bar pada indikator BBM. Hanya saja karena di SPBU ini terdapat Pertamax, maka kami memutuskan untuk melakukan pengisian ulang. Khawatir jika nanti sulit mendapatkan Pertamax.

Di pengukuran konsumsi BBM dengan Pertamax ini, kami kembali mendapatkan hasil yang fantastis. Rata-rata perliternya mencapai 17 km atau lebih baik 1 km bila dibandingkan dengan Premium. Padahal kondisi lalu-lintas dari Surabaya menuju Tegal lebih ramai dari biasanya.

Pakai Pertamax Capai 18 km/liter
Beruntung sekali menjelang tengah malam hingga pagi hari, lalu lintas cenderung lebih lenggang hingga kami pun kembali dapat mengajak Yaris berlari lebih kencang. Hebatnya lagi, pagi-pagi Subuh kami telah berada di Jakarta. Saat kembali melakukan pengukuran dengan mengisi BBM Pertamax, kali ini kami mendapatkan rekor 1 liter Pertamax bisa menempuh jarak 18 km! Benar-benar membuktikan bahwa Yaris tidak hanya asyik di ajak jalan-jalan keluar kota, tetapi juga sangat irit konsumsi BBM-nya.

Mungkin suatu hari nanti kami dapat menguji konsumsi BBM lain, tapi dengan Pertamax Plus ataupun dengan produk Shell maupun Petronas. Asalkan dengan catatan telah ada SPBU yang bersangkutan di sepanjang jalan. (*)

Harga Toyota per 5 Januari 2009

HARGA KENDARAAN TOYOTA

WILAYAH JAKARTA (PLAT NOMOR "B")

Per 5 Januari 2009

TYPE

ON THE ROAD

LIMO TAXI

-

LIMO 1500 MANUAL

-

LIMO 1500 MANUAL LIMITED

NC 42 TX LTD

16,500,000

LIMO TAXI - STD

NC 93 TX10

164,000,000

ALL NEW VIOS 1500 E MANUAL

NC 93 E M/T

198,300,000

ALL NEW VIOS 1500 G MANUAL

NC 93 G M/T

211,300,000

ALL NEW VIOS 1500 G AUTOMATIC

NC 93 G A/T

224,100,000

YARIS 1500 J MANUAL B

NC 91 J M/T B

161,200,000

YARIS 1500 J AUTOMATIC B

NC 91 J A/T B

171,400,000

YARIS 1500 J MANUAL

NC 91 J M/T

162,200,000

YARIS 1500 J MANUAL TRD

NC 91 J M/T TRD

182,200,000

YARIS 1500 J AUTOMATIC

NC 91 J A/T

172,400,000

YARIS 1500 E MANUAL

NC 91 E M/T

167,300,000

YARIS 1500 E MANUAL DRESS UP

NC 91 E M/T DU

171,300,000

YARIS 1500 E AUTOMATIC

NC 91 E A/T

177,500,000

YARIS 1500 J MANUAL TRD

NC 91 J M/T TRD

149,900,000

YARIS 1500 E AUTOMATIC LIMITED

(800,000)

YARIS 1500 S AUTOMATIC

NC 91 S A/T

188,900,000

YARIS 1500 S LIMITED AUTOMATIC

NC 91 S A/T01

195,200,000

COROLLA ALTIS 1800 J MANUAL

ZE 142 J M/T

306,000,000

COROLLA ALTIS 1800 G AUTOMATIC

ZE 142 G A/T

329,200,000

COROLLA ALTIS 1800 V AUTOMATIC

ZE 142 V A/T

343,700,000

CAMRY 2400 G AUTOMATIC

AV 40 G A/T

433,600,000

CAMRY 2400 V AUTOMATIC

AV 40 V A/T

461,100,000

CAMRY 3500 Q AUTOMATIC

GV 40 Q A/T

610,200,000

CAMRY 2400 G AUTOMATIC LUX

AV 40 G A/T

438,900,000

CAMRY 2400 V AUTOMATIC LUX

AV 40 V A/T

466,400,000

CAMRY 3500 Q AUTOMATIC LUX

GV 40 Q A/T

615,500,000

AVANZA E 1300 MANUAL

F 61 E M/T

101,605,000

AVANZA E 1300 MANUAL DRESS UP

F 61 E M/T DU

106,630,000

AVANZA G 1300 MANUAL B

F 61 G M/T B

111,855,000

AVANZA G 1300 MANUAL

F 61 G M/T

114,415,000

AVANZA S 1500 MANUAL

F 62 S M/T

124,770,000

AVANZA S 1500 AUTOMATIC

F 62 S A/T

134,935,000

AVANZA E 1300 MANUAL MINOR CHANGE

F 61 E M/T10

126,100,000

AVANZA E 1300 MANUAL DRESS UP MINOR CHANGE

F 61 E M/T DU10

131,100,000

AVANZA G 1300 MANUAL B MINOR CHANGE

F 61 G M/T B10

136,950,000

AVANZA G 1300 MANUAL MINOR CHANGE

F 61 G M/T10

139,450,000

AVANZA S 1500 MANUAL MINOR CHANGE

F 62 S M/T10

152,400,000

AVANZA S 1500 AUTOMATIC MINOR CHANGE

F 62 S A/T10

162,400,000

KIJANG INNOVA E STANDARD BENSIN

TG 40 E STD11

143,170,000

KIJANG INNOVA E MANUAL BENSIN

TG 40 E M/T10

148,400,000

KIJANG INNOVA E STANDARD BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 E STD31

183,050,000

KIJANG INNOVA E MANUAL BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 E M/T30

192,500,000

KIJANG INNOVA G MANUAL BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 G M/T21

210,800,000

KIJANG INNOVA G AUTOMATIC BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 G A/T21

224,300,000

KIJANG INNOVA G CAPTAIN SEAT MANUAL BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 G M/T22

213,100,000

KIJANG INNOVA G CAPTAIN SEAT AUTOMATIC BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 G A/T22

226,600,000

KIJANG INNOVA V MANUAL BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 V M/T20

241,600,000

KIJANG INNOVA V AUTOMATIC BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 V A/T20

255,100,000

KIJANG INNOVA V MANUAL CAPTAIN SEAT BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 V M/T22

244,250,000

KIJANG INNOVA V AUTOMATIC CAPTAIN SEAT BENSIN MINOR CHANGE

TG 40 V A/T22

257,750,000

KIJANG INNOVA V MANUAL LUXURY BENSIN

TG 40 V M/TV2

206,605,000

KIJANG INNOVA V AUTOMATIC LUXURY BENSIN

TG 40 V A/TV2

218,665,000

KIJANG INNOVA E STANDARD DIESEL MINOR CHANGE

KU 40 E STD21

198,050,000

KIJANG INNOVA E MANUAL DIESEL MINOR CHANGE

KU 40 E M/T20

207,500,000

KIJANG INNOVA G MANUAL DIESEL MINOR CHANGE

KU 40 G M/T21

225,800,000

KIJANG INNOVA G AUTOMATIC DIESEL MINOR CHANGE

KU 40 G A/T21

239,300,000

KIJANG INNOVA V MANUAL DIESEL MINOR CHANGE

KU 40 V M/T20

256,600,000

KIJANG INNOVA V AUTOMATIC DIESEL MINOR CHANGE

KU 40 V A/T20

270,100,000

KIJANG INNOVA V MANUAL EXTRA DIESEL

KU 40 V M/T11

-

KIJANG INNOVA V AUTOMATIC EXTRA DIESEL

KU 40 V A/T11

-

RUSH 1500 G VVTI MANUAL

F 70 G M/T

176,950,000

RUSH 1500 S VVTI MANUAL

F 70 S M/T

186,250,000

RUSH 1500 S VVTI AUTOMATIC

F 70 S A/T

200,250,000

FORTUNER 4 X 2 G AUTOMATIC BENSIN

TG 61 G A/T

-

FORTUNER 4 X 2 G LUXURY AUTOMATIC BENSIN

TG 61 G A/T01

-

FORTUNER 4 X 4 V AUTOMATIC BENSIN

TG 51 V A/T

-

FORTUNER 4 X 2 G AUTOMATIC BENSIN

TG 61 G A/T10

-

FORTUNER 4 X 2 G LUXURY AUTOMATIC BENSIN MINOR CHANGE

TG 61 G A/T21

384,700,000

FORTUNER 4 X 4 V AUTOMATIC BENSIN MINOR CHANGE

TG 51 V A/T20

433,700,000

FORTUNER 4 X 2 G MANUAL DIESEL MINOR CHANGE

KU 61 G M/T10

327,600,000

KIJANG LONG FLAT DECK

KF 60 FD

81,220,000

HILUX DOUBLE CABIN 4X4

KU 26 DC10

281,500,000

HILUX PICK UP 4X2 MINOR CHANGE

TG 10 PU10

134,500,000

DYNA 4 RODA CHASSIS 110 PS ST

WU 30 ST

164,060,000

DYNA 6 RODA CHASSIS 110 PS ET

WU 34 ET

176,160,000

DYNA 6 RODA CHASSIS 130 PS LT

WU 42 LT

192,260,000

DYNA 6 RODA CHASSIS 130 PS HT

WU 42 HT

199,210,000

ALPHARD

GG 20 V A/T

1,135,000,000

LAND CRUISER 200 A/T DIESEL STANDARD SPEC

VJ 200 LS A/T

1,545,000,000

LAND CRUISER 200 A/T DIESEL FULL SPEC

VJ 200 LM A/T

1,705,000,000

PREVIA A/T FULL SPEC

AC 50 M2 A/T

639,500,000

LAND CRUISER 100 FULL SPEC

-

HILUX 3.0 DIESEL MANUAL SINGLE CABIN DECK

-

HILUX 3.0 DIESEL MANUAL DOUBLE CABIN

-

LAND CRUISER 100 FULL SPEC

HD 100 A/T FS

1,600,800,000

PRADO GASOLINE

RZ 95 M/T

761,900,000

Note :

1. Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

7. Kijang Innova V sudah termasuk Cover Mirror.

2. All New Corolla Altis sudah termasuk Kaca Film V-Kool Clear (depan).

8. Kijang Innova sudah termasuk Side Visor & Rear Bumper Guard

3. Camry Lux sudah termasuk kaca film V-Kool.

9. Fortuner sudah termasuk Cover Mirror.

4. Kijang Innova E STD sudah termasuk Radio Tape.

10. Hilux PU sudah termasuk keur.

5. Kijang Innova E M/T sudah termasuk Alarm dan Electric Mirror.

11. Land Cruiser sudah termasuk Kaca Film V-Kool .

6. Kijang Innova E & G sudah termasuk Rear Spoiler & Cover Mirror.