Kamis, Juni 26, 2008


THE 16th INDONESIA INTERNATIONAL MOTORSHOW 2008

Sebentar lagi sejumlah ATPM bakal menggelar modil andalan mereka di ajang pameran bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-16 di jakarta (11 - 20 Juli). Mobil-mobil yang ada. lebih didominasi mobil yang didagangkan. Simak saja sejumlah presentasi yang dilakukan para ATPM itu saat konferensi pers. "Kami akan tampilkan 18 All New Jazz di sana," sebuta Yosef Swasono Agus, Corporate Communication Assistant Manager PT HPM.
Lain Honda, Suzuki mencoba menampilkan sejumlah mobil bertampang baru. Bukan apa-apa, tampaknya mobil-mobil yang muncul seluruhnya sudah diluncurkan jauh hari. Hanya saja, tampangnya banyak yang dimodifikasi. Meski, PT Indomobil Niaga International juga berencana meluncurkan SX4 Crossroad.
Begitupun dengan Toyota yang kali ini justru menampilkan line up versi kelas atas. Mereka berencana meluncurkan Alphard anyar dan Toyota Land Cruiser terbaru. Kata Achmad Rizal, communication manager PT TAM, kedua mobil ini yang digadang-gadang bakal jadi 'bunga' Toyota di sana.
Walu begitu, Johnny Darmawan, ketua penyelenggaran IIMS 16th ini tak mau disebut kalau ajang pameran ini sebagai arena jual beli. "Ini adalah ajang dimana para peserta menampilkan teknologi mobil yang ramah lingkungan. Jangan mengejar kuantitas saja. Jadi bukan ajang jualan semata," seru lelaki yang juga menjabat wakil ketua Gaikindo itu.
Sementara itu, Bambang Trisulo, ketua umum Gaikindo menyatakan kalau ajang pameran seperti ini selayaknya dipakai untuk menarik wisatawan. Namun begitu, tercatat sejumlah ATPM tak ikut dalam gelaran ini. Yaitu BMW, Volvo, Renault, Chevrolet, Subaru, Nissan Diesel dan Jaguar.

RENCANA ATPM SAAT IIMS

HONDA: 18 Unit All New Jazz dan Robot Asimo
MITSUBISHI: 9 unit mobil, 2 mobil konsep dan meluncurkan 2 produk baru
FORD: Mobil konsep Verve, Ranger, Everest, Focus, Replika WRC tunggangan Mikko Hirvonen.
TOYOTA: New Alphard, Land Cruiser, mobil konsep I-real, 18 unit mobil
SUZUKI: Unit display, Mobil konsep Kizashi, SX4 modif, Grand Vitara modif, Swift limited edition, Baleno Modif, APV Modif, Karimun Estilo modif.
VW: Tiguan, Phaeton, Beetle Cabriolet, Transporter Small
AUDI: A5, A8, A4
NISSAN: New X-Trial, Sport konsep, Latio
MAZDA: Demio (Mazda 2) atau Biante atau Roadster, Mazda5, Mazda6, Mazda3, BT-50, RX8 facelift, CX7
MERCEDS-BENZ: 5 unit mobil dan 1 Smart.
Otomotif

Mobil Baru: GRAND VITARA TAMBAH VARIAN, XENIAVANZA REFRESHMENT

Menjelang kuartal akhir tahun ini beberapa ATPM telah menyiapkan sebuah rencana agar pasar otomotif terus bergairah. Lirik saja PT IMNI ATPM Suzuki yang menggelontorkan varian baru dari Grand Vitara. SUV berkapasitas 2.000cc itu rencananya bakal dihadirkan dalam wujud varian limited edition. Mengusung tema Hawk Series kendaraan itu bakal dicekoki aksesori tambahan agar terlihat lebih gagah. Sebut saja new model front grill, side bar, rear upper spoiler, door mirror with turn signal, dan fasilitas Bluetooth pada perangkat head unit.
Tak hanya itu, warna bodi juga dikelir berbeda dari varian standar. "Bila tidak ada halangan bakal dikelir warna hitam dan burgundi," aku Bebin Djuana, brand manager II IMNI. Lanjutnya, kalau varian yang bakal ditambah hanya untuk sistem transmisi otomatis dengan selisih harga Rp 10 juta lebih tinggi.
Tak ketinggalan PT TAM, ATPM Toyota juga melakukan 'penyegaran' pada Toyota Avanza. Rencananya, ruang interior yang terdiri dari jok dan trim bakal diubah warna menjadi ivory tua dari kelir standar muda. "Hal serupa juga terjadi pada dashboard yang mengikuti warna lebih gelap atau tua dari standarnya."
Meski TAM dan ADM belum resmi mengakui adanya proyek Xeniavanza refreshment itu, tapi kabar yang didapat dari salah satu gedung tinggi di Sunter menyebut September sebagai waktu kehadiran mobil bernuansa baru dengan kapasitas 1.000cc dan 1.300cc itu.
Sementara itu, General Motor AutoWorld Indonesia (GMAWI), ATPM Chevrolet, resmi hadirkan New Chevrolet Aveo 1.5. Kendaraan ini tersedia dalam dua pilihan transmisi. Pertama mengusung sistem transmisi manual 5-speed seharga Rp 132 juta (on the road DKI Jakarta). Lalu pilihan transmisi otomatis 4-speed dibanderol Rp 147 juta. Menurut Mukiat Sutikno, managing director GMAWI bahwa 120 hingga 150 unit target tiap bulannya terjual.
Bila melihat pesaing kemungkinan besar mobil ini bakal sulit bersaing di pasar. Pasalnya All New Honda Jazz 1.5 VTEC yang hadir dan brand image Toyota Yaris serta Suzuki Swift bakal jadi batu sandungan.
Otomotif

MOBIL BERPENUMPANG 7 KHUSUS INDONESIA

Keseriusan Proton untuk meningkatkan kuantitas penjualannya di Indonesia semakin kuat. Hal ini terungkap saat OTOMOTIF beserta rombongan wartawan dari Indonesia bertatap muka dengan Dato 'Syed Zainal Abidin Syed Mohammed Tahir, managing director Proton Holding Berhard di Malaysia beberapa waktu lalu.
Bahkan rencananya Proton akan membuat mobil khusus untuk dijual di Indonesia. Jenisnya MPV 7 seater dan akan diluncurkan sekitar akhir 2009. Bermesin 1.6 liter mirip dengan yang diusung Persona. Sebagai penyalur tenaga akan tersedia versi manual dan matik. "Kami juga akan membuat versi 2.000 cc bensin dan yang bermesin diesel," jelasnya.
Di Malaysia sendiri MPV ini akan diluncurkan Mei tahun depan. Saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Hebatnya lagi sebelum membuat proyek ini Proton telah melakukan survei dengan mewawancara langsung konsumen selama sebulan. "Untuk mengetahui cita rasa orang Indonesia."
Enggak hanya itu, di pusat R&D Proton di Shah Alam, Selangor, terdaftar Nissan Grand Livina dan Toyota Wish sebagai acuan. Diperkirakan desainnya merupakan paduan kedua mobil itu.
Otomotif

TMC REVISI TARGET GLOBAL

Toyota Motor Corp (TMC) berencana meninjau ulang kinerja operasional perusahaan, termasuk merevisi target penjualan global pada tahun ini menjadi 9,85 juta unit di samping melakukan sejumlah efisiensi.
Langkah TMC yang merevisi sekitar 30% keuntungan operasional tersebut merupakan yang pertama kali terjadi dalam sembilan tahun terakhir. Rencana tersebut merupakan hasil rapat umum pemegang saham Toyota yang dipimpin Presiden TMC Katsuaki Watanabe di kantor pusatnya di Nagoya, Jepang.
Perusahaan otomotif terbesar di Jepang itu secara resmi akan mengumumkan rencana target operasi pascarevisi pada pertengan Juli.
Watanabe, mengatakan rencana itu dilakukan karena adanya perubahan sejumlah faktor seperti penguatan mata uang yen dan resesi ekonomi di AS, yang dikhawatirkan berpengaruh terhadap daya beli konsumen di negara adi daya itu. Lonjakan harga berbagai material kendaraan juga menjadi perhatian TMC.
Berdasarkan volume, volume penjualan global Toyota memang lebih rendah 3.106 unit dibandingkan dengan General Motors Corp (GM). namun secara nilai, Toyota mengalahkan raksasa otomotif asal Amerika Serikat tersebut.
Rencana TMC Jepang tersebut, tampaknya tidak akan berpengaruh terhadap rencana penjualan Toyota di Indonesia karena kinerja selama ini cukup positif dan mampu meraih pangsa 34,6% di pasar otomotif nasional pada Mei 2008.
Bisnis Indonesia

Rabu, Juni 25, 2008


LIMA ATPM ABSEN DALAM IIMS 2008

Seperti halnya tahun lalu, setidaknya lima ATPM absen dari perlehatan pameran otomotif terbesar The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan berlangsung 11 - 20 Juli 2008.

Kelima ATPM yang tidak ikut meramaikan IIMS 2008 tersebut adalah BMW, Jaguar, Volvo, Nissan Diesel, dan General Motors.
Ketua Umum Gaikindo Bambang Trisulo mengatakan IIMS kali ini akan diikuti 18 ATPM, yang terdiri dari 16 merek kendaraan penumpang dan dua merek kendaraan komersial. Adapun total peserta non ATPM mencapai 121 perusahaan.
Bambang menyayangkan absennya sejumlah ATPM pada ajang pameran tahunan yang diselenggarakan Gaikindo tersebut. "Saya tidak tahu persis alasan mereka. Mungkin mereka menganggap pameran ini tidak cukup bermanfaat sehingga tidak perlu ikut. Mungkin kami belum cukup menarik atau saya belum cukup effort untuk meyakinkan mereka," ujarnya.
Menurutnya, masing-masing ATPM memiliki cara tersendiri untuk membuka pasar dan kemungkinan IIMS bukan menjadi bagian dari strategi pasar mereka. Absennya BMW, katanya kemungkinan karena IIMS dinilai belum cukup menarik dan tidak sejalan dengan strategi promosinya. Nissan Diesel diperkirakan karena terpengaruh masalah politik di luar Jepang, sementara Volvo masih mencari bentuk strategi di pasar Asean.
"Tugas saya saat ini meyakinkan anggota bahwa IIMS bukan hanya untuk jualan, melainkan juga membangun kebersamaan industri otomotif di Indonesia. Secara keseluruhan Indonesia harus bisa membuat dirinya menarik bagi investor Eropa dan amerika Serikat."
Sebelumnya, Director of Corporate Communications PT BMW Indonesia Helena Abidin menjelaskan ketidakikutsertaan BMW semata-mata karena tidak memiliki produk baru yang akan diluncurkan.
Managing Director PT GM AutoWorld Indonesia Mukiat Sutrisno mengatakan pihaknya absen dari IIMS 2008 karena pada September mendatang GM akan menyelenggarakan GM Next, sebuah pameran ekslusif produk General Motors berkaitan dengan perayaan ulang tahun ke-100. "Jadi kami mengorbankan IIMS karena waktunya mepet," katanya.
Ketua Pelenggaraan IIMS 2008 sekaligus Wakil Ketua Gaikindo Jonhnny Darmawan menambahkan IIMS merupakan ajang adu teknologi, di mana partisipan akan menampilkan produk-produk unggulan yang ramah lingkungan dan membawa model terbaru yang inovatif dengan teknologi terakhir.
Bisnis Indonesia


GM RILIS NEW AVEO
Setelah absen berjualan model hatchback selama 19 bulan, PT Genaral Motors AutoWorld Indonesia (GMAWI) -- ATPM Chevrolet -- kembali menaikkan tensi persaingan di segmen ini dengan merilis New Aveo 1.5L kemarin.
New Aveo ditahbiskan sebagai tulang punggung kedua dalam kinerja penjualan GM pada tahun ini, setelah Captiva. Target penjualan yang dipasang New Aveo berkisar 120 unit hingga 140 unit per bulan, atau diharapkan berkontribusi sekitar 28,4% dari target total Chevrolet tahun ini sebanyak 3.200 unit.
"Kami yakin New Aveo akan sukses di pasaran, karena segmen pasar hatchback selama lima tahun terakhir di Indonesia berkembang sangat cepat," ujar Managing Director PT GMAWI Mukiat Soetikno.

Mobil yang didatangkan secara utuh (CBU) dari Korsel ini mengalami perubahan minor (facelift). "Tetapi secara keseluruhan, perubahannya sangat banyak, seperti performa, eksterior dan interior, fitur keamanan, dan juga perangkat hiburan," tambahnya.
Bisnis Indonesia

FORD AKAN IMPOR FIESTA DARI THAILAND
PT Ford Motor Indonesia tengah menyiapkan model terbaru, sedan hatchback Ford Fiesta, yang direncanakan diluncurkan ke pasar Indonesia pada akhir 2009 atau awal 2010.
Melalui model tersebut Ford memproyeksikan pangsa pasarnya akan terdongkrak hingga tiga kali lipat dari saat ini yang hanya berkisar 1,5% terhadap total industri otomotif domestik.
Marketing Director PT Ford Motor Indonesia Davy Tuilan mengatakan saat ini perusahaan melakukan sejumlah persiapan produksi Ford Fiesta di pabriknya di Thailand. "Produk ini didatangkan dari Thailand sehingga bisa masuk ke Indonesia dengan menggunakan fasilitas tarif bea masuk Afta sebesar 5%," ujarnya.
Kendati belum memutuskan jenis mesin dan harga jual produk secara pasti, Ford Fiesta diperkirakan akan dipasarkan di kisaran harga Rp 170 juta sehingga berhadapan langsung dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris.
Brand Manager PT FMI Donald Rachmat menambahkan Ford Fiesta diharapkan mampu meraih angka penjualan 16.000 unit atau 8% dari total segmen hatchback. Pasar hatchback merupakan segmen yang cukup empuk dan paling berkembang di Indonesia.
Bisnis Indonesia

RI MINTA JEPANG BANTU TRANSFER TEKNOLOGI OTOMOTIF
Indonesia meminta bantuan US$100 juta (Rp 1 triliun lebih) kepada pemerintah Jepang untuk meningkatkan kemampuan industri otomotif nasional melalui program peningkatan kemampuan industri (manufacturing industrial development center/MIDEC). Bantuan tersebut diharapkan dapat diberikan dalam bentuk dana tunai, asistensi tenaga ahli dan peningkatan desain mesin guna merealisasikan transfer teknologi otomotif.
Program MIDEC tersebut merupakan implementasi dari kerangka kemitraan ekonomi Indonesia - Jepang (IJ-EPA). Di dalam program MIDEC, Indonesia meminta sedikitnya 13 sektor manufaktur nasional diberikan bantuan transfer teknologi sebagai komitmen pemerintah Indonesia yang bersedia menghapus sejumlah tarif bea masuk bagi produk Jepang.
Direktur Industri Transportasi Darat dan Kedirgantaraan Departemen Perindustrian Syarif Hidayat menjelaskan usulan bantuan dalam program MIDEC itu akan disampaikan dalam kelompok kerja (working group) sebagai tindakan lanjut perjanjian kemitraan ekonomi Indonesia - jepang (Economic Partnership Agreement/EPA).
Bisnis Indonesia

Selasa, Juni 24, 2008

Keluarga tercinta (Saya, Istri dan anak-anak)

SEMOGA BERBAHAGIA SELAMANYA.......







Perjalanan ke South Africa (23 Des - 2 Jan 2008)



SOUTH AFRICA TOUR
23 des '07 - 2 Jan '08


1. Hari Pertama (23/12/07)
via SQ 967 20.15 menuju Cape town via Singapore, tiba di singapore jam 23.00, dilanjutkan dgn SQ jam 00.30 terbang menuju ke Afsel dengan waktu perjalanan 12 jam. karena waktu di capetown mundur 5jam, maka perkiraan ketibaan adalah jam 07.00

2. Hari ke 2 (24/12/07)
Tiba di Cape Town Airport jam 07.30, setelah segala urusan selesai di airport Bus memulai City Tour jam 09.00.

Afsel 60% penghasil Berlian dunia, kesenjangan kaya miskin masih jomplang, saat keluar airport sdh bisa terlihat kawasan kumuh dgn gubuk2, ada 4 musim dan kumpulan dari 4 benua ini bisa terbukti dari pohon dari segala penjuru dunia ada disini.

Kota teraman diseluruh Afrika ini, dgn Table Mountain (gunung diatasnya rata seperti meja) ditengahnya bisa digunakan Cable car naik keatas dan merupakan cable car kedua tertinggi didunia setelah Mount Titllis Swiss.

Mampir di Pabrik Wine 'Groot Constantia' dgn hamparan Kebun anggur, merasakan beberapa produk wine dgn rasa yg berbeda beda, sempat red wine 'PORT' yg rasanya agak manis. berpenduduk 4.2jt khusus di capetown dan 48jt seluruh afrika selatan.

Rumah disini hampir semuanya dipasang alarm / kawat Pagar berlistrik, konon dulu ada penjara yg dekat dgn kota dan terjadi pelarian tahanan yang kemudian merampok rumah2 disekitar.

Taman 2 banyak ditemukan di capetown yg merupakan peninggalan Penjajahan Inggris dan belanda.

Setelah berfoto sebentar di Rhodes Memorial yg dibangun utk mengenang Cecil John Rhodes (berada di areal table mountain), menuju ke University of Cape Town

setelah makan siang jam 12.30 Tae Yuan Restorant dipinggir laut samudra (mirip seperti Goalcoast / Hawai), Lalu perjalanan dilanjutkan ke Table Mountain tetapi blm bisa naik kepuncaknya via cable car krn angin masih terlalu kencang, hanya diberikan waktu utk berfoto pemandangan ke arah laut & kota capetown.

kemudian menuju ke Signal Hill yg letaknya sederet dgn table mountain utk melihat pemandangan kearah Table mountain dan Pinggir laut tempat makan siang.

masih sekitar area tersenut mampir ke Capetown university yg terletak diatas bukit & sangat besar, mahasiswa dari seluruh penjuru dunia bersekolah disini sebagai duta bangsa kiriman dari negara2 pendonor pembangunan campus ini yg memang terkenal diAFSEL ini krn merupkan campus tertua & berpengantar bahasa Inggris.

dianta mampir sebentar di WaterFront, pinggir laut dgn Mall mirip Citos atau Lippo supermall, tapi dipinggir laut banayk restoran, rest kapal dll yg merupakan tempat yg paling ramai org santai relaks menikmati suasana.

selanjutnya diantar makan malam di WangThai rest jam 18.00, diantar kembali ke Hotel Westin Grand (bintang 5) maka selesai acara hari ini.

3. Hari ke Tiga (25/12/07)
Habis Breakfast jam 08.30 memulai perjalanan, mampir Mydan scobe pinggir pantai dgn gunung terjal disebelahnya yg penuh dgn villa mahal yg harganya 10jt perunit 150m2, dahulu kala tempat ini hanya boleh dikunjungi oleh Kulit putih (apertheid).

Melalui Sany bay, Villa org2 kaya yg sangat private tidak utk umum dan tdk boleh ada toko2.

Aotbay yg dibelah oleh gunung dimana bagian belakang merupakan kawasan org kulit hitam sedangkan sebelahnya dekat pantai komunitas org kulit putih, dari sini menaiki Boat menuju Seal Island (15menit perjalanan) utk melihat Anjing laut yg berkumpul jemur, istirahat.

Di Chapman's Peak tdk berhenti krn disini adalah puncak gunung batu yang pinggirnya dipangkas utk dibuat jalan yg sempit dan dikerlakan oleh para tahanan jaman dulu (seperti kerja paksa/ rodi di Indo).

Jalanan kemudian semakin menurun melewati CHapman's Camp area camping utk umum, dilanjutkan ke Fish Hoeks utk makan siang Lobster.
Restoran yg tepat dipantai berpasir landai ini ramai dikunjungi orang, tepat jam 13.00 berlanjut lagi ke Boulder Beach melalui Simon's city yang terkenal dengan pusat Angkatan lautnya.

Pingguin hidup di Habitat aslinya, pinggir pantai dgn semak2 untuk berlindung Pingguin dari panas matahari, ternyata pingguin disini hidup tdk harus dgn salju/dingin.

Perjalanan kembali ke Capetown yg berjarak 40km ini memerlukan waktu 1jam, melalui jalur utara utk mendapatkan via yg berbeda dgn waktu kedatangan, setiba di Capetown langsung menuju ke Table Mountain.

menaiki Rotate cable car (dibangun oleh kontrakto yg juga membangun cable car di Mount Titlis), ke keatas yg berketinggian 1.067m, diatas Mountain ternyata pemandangannya sangat menakjubkan, puncak gunung yg benar2 rata seperti meja dgn view ke arah selatan dan utara sangat berbeda, dimana diselatan view seluruh kota Capetown + laut pelabuhan & Utara view gunung Batu yg sangat curam diseberangnya ada Gunung bercula badak dan Laut yg sdg ditutupi oleh awan yg tebal, sehingga memberi kesan sdg berada diatas awan.

Setelah diantar makan malam chinesse foods di Mr. Chan Restoran pada jam 19.30 maka selesailah acara hari yg menakjubkan ini.

4. Hari ke Empat (26/12/07)
Pagi ini tepat jam 06.00 perjalanan dimulai menuju keutara Knysna dgn jarak 400km, jam 12.30 tiba di Mosselbay utk makan siang di restoran Seafood African 'GARNET REST', didepannya terdapat museum Bartoloceum Diaz ygn menceritakan tentang perjalanannya samapi ke Afrika dgn Replika Kapalnya, didamping itu juga ada museum Maritim (kekayaan bawah laut) dan Museum Kantor Pos pertama di Afrika, yg paling bersejarah disini adalah Pohon Tua (Milk Tree) yg sdh berumur 500th ini merupakan tempat Bartolomeus meletakkan sepatu Bootnya dgn Isi Pencatatan perjalanannya utk dpt sampai ketempat ini, kemudian Pohon ini disebutkan bahwa sejarah dimulainya kantor pos pertama di Afrika.

setelah itu mnggunakan kereta api kuno yg base campnya di pinggir pantai itu menuju ke George town yg berjarak 40km dgn perkiraan waktu 2jam perjalanan, sepanjang perjalanan bisa menikmati view pantai dan Hutan2 dgn pohon2 kecil.

Setibanya di Station George town sekaligus merupakan museum kereta api kuno, terlihat Lokomotif kuno masih terpelihara dgn baik dan bisa berfungsi. di kota George yg terletak di bagian timur Afrika selatan ini terdapat banyak farm2 (perkebunan) dan penduduknya lebih santai (enjoy life) memberikan pemandangan pegunungan yang berbeda lagi, ada tanaman pohon atau Hutan Produksi, pohon yang diproduksi utk di ekspor dan keperluan dalam negeri, sehingga George town dikenal sebagai penghasil kayu terbesar di Afrika selatan.

melewati pegunungan dgn pinggir pantai dan melewati salah satu kota namanya Wilderness dipantai yang dipenuhi oleh Villa menarik dan merupakan tempatnya Dolphyn.

Knysna adalah kota yg dahulu kala bermula dgn bermukimnya pensiunan org belanda yang menghabiskan masa tuanya, tetapi kemudian berkembang menjadi satu komunity yang besar sekarang, sehingga disini dominan menggunakan bahasa belanda bahkan sangat disenangi oleh para seniman utk datang & bermukim disini karena kota yang sunyi, tenang & tidak besar, maka disebut juga sebagai kota seni.

Sesampai dikota mungil ini, langsung check In di Proteria Hotel yg terletak tepat di Waterfront yg merupakan titik keramaian, terdapat toko2 souvenir, Restoran dll tapi arealnya kecil dgn danau mengelilingi & sebagai muara dari sungai bersambung ke Samudra Hindia, tdk seperti di Capetown,

Jam 19.00 makan malam Wetern foods di Rockdoks Restoran, selesailah acara hari ini.

5. Hari ke lima (27/12/07)
Pagi ini jam 08.00 perjalanan dimulai menuju ke George di Oudtshoorn, adalah nama org belanja jaman dulu yg berdagang dgn cara barter Gading dari kepala suku setempat yg bernama , disinilah tempat terjadinya transaksi tersebut.

Perjalanan dari Knysna menuju ke george dan lanjut ke Oudtshoorn menempuh waktu 1 jam lebih menyusuri jalanan dipinggir bukit & pegunungan yg membentang, penuh berbatuan tanpa 1 pohon pun yg besar, seperti gunung yg botak.

sampai di Cango Wild Life Park, kebun binatang mini utk melihat Buaya, Cheetah, Singa, Macan dll.

Perjalanan dilanjutka ke Safari Ostrich Farm, penangkaran Burung Unta terbesar didaerah Outdshoorn, melihat proses kelahiran anak Ostrich mulai dari telor a/d menetas, juga melihat Ostrich balapan dan mengangkut manusia.

Burung Unta (Ostrich) adalah binatang yg di kembangkan dgn penangkaran disini, sehingga perkembangbiakan cukup banyak meningkatkan populasi, seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan, mulai dari bulu, daging, kulit dllnya, Kulitnya utk Tas, sepatu, dompet dll, Bulunya utk kemoceng dll, masa hidup bisa mencapai 40th, telurnya yg besar beratnya rata2 1.5kg per pcs (setara dgn 24 butir telur ayam),memerlukan waktu 42hari melewati masa pengeraman utk bisa menetas, anak Ostrich yg mencapai umur .. baru bisa dikenali jenis kelaminnya, jika memasuki musim kawin ciri khasnya adalah mengeluarkan suara berisik pada jenis kelamin jantannya. Telurnya mengandung Kolesterol tinggi, sedangkan dagingnya mengandung protein yg sangat tinggi.

setelah safari Ostrich, makan siang di lokasi dgn meu khusus daging & telur Ostrich, jam 14.15 kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Cango Caves.

Goa dgn kedalaman 15 m dibawah tanah, ditemukan pada th 1700 an ini ternyata trecknya sangat panjang, rombongan hanya sampai dipertengahan saja, selebihnya biasa digunakan utk Adventure treck yg memakan waktu 1,5jam berjalan kaki utk dpt menyelesaikan seluruh perjalanannya.

pemandangan stalagmit stalagtit sangat memukau, begitu banyak cerita yg dipaparkan mulai dari Devil, Ranjang malam pertama, Toilet pria+wanita, Drum Afrika dll, terutama di main hall terdapat kumpulan stalagmit+stalagtit yg besar dan bagus sekali, dulu ditempat ini pernah digunakan utk konser2 yg tidak memerlukan sound system krn gema di goa ini membantu suara yg dikeluarkan bisa terdengar seluruh ruagan dgn sangat jelas.

selesai dari sini, ja 16.30 bus kembali ke Knysna melalui Outdshoorn, George, Wilderness, dgn jarak 120km, tiba di Knysna jam .

acara dinner malam ini di Restoran Kapal yg mengelilingi danau dgn Buffet menu, suasana yg sangat romantis & tenang, nyaman utk bisa makan sambil menikmati indahnya pemandangan malam yg memang masih terang oleh panas matahari s/d jam 20.00 yg memang terlambat terbenam, jadi terasa masih seperti jam 16.30 saja.

Selesailah acara hari ini.

6. Hari ke Enam (28/12/07)
Pagi ini perjalanan dimulai jam 10.30 utk menuju ke Airport di George town dgn pesawat SAA (South African Airline) menuju ke Sun city (the Lost city).

sebelumnya makan siang dulu di Mei Ling Rest (Taiwanesse rest), jam 15.15 dgn pesawat SAA 1506 menuju ke Johannesburg, tiba jam 17.45.

Jam 18.30 transfer via Megacoach dari Airport mega & besar sekali

Joberg adalah kota terbesar di Afsel dgn penduduk 6jt lebih & kriminilitas tertinggi didunia, Pemerintah disini sangat khawatir dgn peningkatan AIDS yg sangat pesat. kota ini bukan Ibukota, krn ibukota Afsel ada 3, capetown (Legislatif), Proteria (Yudikatif) & blue Fountain (Eksekutif). Rasial masih cukup kental dimana dulu adalah kota terrasial di Afsel, misalnya saja, Halte Bis utk kulit putih & tidak pernah boleh di pakai Org hitam tetapi sebaliknya org putih bebas kemana saja.

Pembangunan terpesat dari seluruh Afrika ada diutara yaitu di Joberg, bahkan punya Highway yg paling bagus, lebar s/d 6 jalur, ini semua sangat banyak kontribusi dari Sun Corparation samapai dgn sumbangan utk pemerintah menjaga ekosistem diseluruh Afsel,

Sesampai di Sun City jam 21.00 yg biasa disebut The King of Pleasure, sebuah kota Entertaiment seperti Genting di Malaysia yg dibangun oleh Sun Corporation Group dari US. Check In dulu lalu diantar makan malam di Suncity hotel pada The Rock Restoran.

selesai diantar kembali ke hotel via bus yg bertugas mengantar jemput, kebetulan kompleknya tidak besar.

7. Hari ke tujuh (29/12/07)
Hari ini full day acara bebas, tetapi sampai dgn makan siang masih bersama2 main di Area waterboom yg berada dibelakang Hotel.

Jam 12.00 makan siang Western foods di belakang Hotel Sun City, sekarang bebas.

Malam hari setelah makan Chinesse foods di rest Orchid (Sun city) Nonton SHow Lets be there Rock, Musikal Show yg khusus menyajikan lagu2 rock.

8. Hari ke Delapan (30/12/07)
Pagi jam 09.00 perjalanan menuju ke Entabeni dgn jarak (waktu tempuh 3.5jam) langsung makan siang dan Safari Tour.

Tiba jam 12.30 langsung makan siang, setelah itu diantar Check In di Camp 'EAGLENEST', disini terbagi beberapa camp yaitu Lakeside, Ravineside, King Fisher, Reception/ Front Office, & mencar dgn jarak 3-5 km, jam 16.00 dijemput Ranger utk memulai Safari, memburu binatang liar di alam bebas, sempat ketemu Rusa, Babi Hutan, Banteng, Kancil, Jerapah, Singa yg kebetulan baru berhasil bebruru mangsa seekor Jerapah, saat sdg makan buruannya kemudian berdatangan singa yg lain utk berebut makan, bahkan sempat berkelahi dulu. mobil Ranger yg membawa kami dgn bak terbuka menjadikan pengalaman hyg sangat menakutkan karena sangat dekat dgn singa2 yg datang & sdg makan.

menjelang 3/4 perjalanan berhenti dan berkumpul didekat danau utk istirahat sejenak sambil minum soft drink & ngobrol dgn teman lainnya, selanjutnya diantar kembali ke Reception, tiba jam 19.30 makan malam sambil dihibur dgn tarian asli org hitam yg sangat agresif, setelah selesai diantar kembali ke camp utk istirahat.

9. Hari ke Sembilan (31/12/07)
Pagi ini jam 05.30 dijemput utk berburu lagi akhirnya bs ketemu Badak bercula dua yg sangat besar tepat ditengah jalan bahkan sempat berantam dgn pasangannya.

selanjutnya diantar ke Helipad utk melakukan Flip Heli, terbang dgn Helikopter utk mengelilingi sekitar area dgn waktu kira2 3 menit, ini pengalaman yg sangat menegangkan dan takjub.

Selesailah adventure di Entabeni yg memiliki mascot Gunung batu yg terjal & sangat bagus bentuk, mirip seperti Table Mountain dicapetown.

melanjutkan perjalanan ke Pretoria dgn jarak 120km, melalui kota BelaBela, Toilet stop sekali tiba di kota pretoria yg berpenduduk 1.8jt mampir ke Union Building sebagai tempat pusat pemerintahan utk berfoto sebentar.

lanjut ke Church Square tempat pertemuan (Ikon) dan juga merupakan km 0 dari pusat Kota Pretoria, tetapi tdk turun karena ditutup utk persiapan acara malam tahun baru bagi org kulit hitam.

akhirnya diantar makan siang terlebih dahulu (jam 11.30) di WangThai Restoran.

Jam 12.30 di antar ke Proclamation Hills, Tugu peringatan Aphertheid, dimana menjelaskan perbedaan perlakuan terhadap org hitam, ditutup juga krn akan dipakai utk acara All & New Kulit Putih yg memiliki undangan.

Diantar belanja di Cambanos store, khusus jual Cindera mata khas afrika utk turis2, selanjutnya diantar ke Gold Reef City, Pusat permainan seperti Dufan ancol, kawasan bekas penggalian Diamond terbesar jaman dulu, skr dijadikan tempat wisata. disini rombongan diajak melihat proses penambangan emas jaman dulu dgn Lift turun ke perut bumi sedalam 56 meter dari 3.200 yg sdh ditambang jaman dulu, ternyata didalam perut bumi ini penuh dgn terowongan hasil penggalian yg panjang dan memutar, dan isinya bebatuan semua, bukan tanah.

setelah itu nonton show tarian dance tradisional Afrika, lalu dilanjutkan masuk ke satu gedung yg mempertunjukkan proses biji emas s/d peleburan menjadi emas batangan.

kemudian menuju ke rest CARNIVORE yg berada dipinggir JoBerg (seperti Jkt-Depok), utk makan malam, di rest ini menyajikan makanan khusus daging segala binatang, menu hari ini adalah Daging Burung Unta, Crocodile, Venison, Hartebeest, Antilope, Bush Pick, Pick, Zebra, Lamp, Chicken, Rusa, Beef (Sosis Lamp, Beef, Pick), jadi semua daging menu hari ini dimakan kecuali Kambing.

menuju ke Hotel D 'Oreal Grande utk Check In jam 21.30, jam 11.30 ngumpul bersama utk mengikuti malam tahun baru diarea Emporium Palace Casino (mirip Caesar Palace di Las Vegas) walaupun tidak meriah tetapi tetap happy krn bisa merayakan All&New bersama rombongan dan di Afrika Selatan tepatnya di Johannesburg.

10. Hari ke sepuluh (1/1/08)
Pagi jam 10.30 diantar ke Airport Jan Smuzt (Joburg) utk kembali ke Jakarta via Singapore dgn pesawat SQ479 take off jam 14.00, tiba Singapore jam 05.00 pagi (waktu tempuh 9jam) ada perbedaan waktu 5 jam lebih cepat dari Afsel.

11. Hari ke sebelas (2/1/08)
Boarding lagi dari Singapore jam 7.50, take off jam 08.00 dgn waktu 1.25jam sampai di Jakarta jam 08.25 krn ada perbedaan waktu lebih lambat 1 jam. maka selesailah acara tour kali ini dgn jumlah peserta 35 org + 1 org tour leader (Rudiana).

sampai ketemu di Tour berikutnya.

Perjalanan ke Jepang 2-9 Sept 2005




JAPAN TRIP
2-9 SEPTEMBER 2005

Hari ke 1 (2/9/05)
Berangkat dari Airport sukarno-Hatta pada jam 20.45 dengan SQ167 menuju SIngapore, tiba di Singapore jam transit 1,15 jam , perjalanan dilanjutkan ke Tokyo (NARITA AIRPORT) dengan lama perjalanan 6.15 jam, take off jam 23.00 dan tiba di TOKYO jam .

Hari ke 2 (3/9/05)
Saat ketibaan di Narita Airport mengingatkan saya pada Nostalgia datang ke jepang utk pertama kalinya di tahun 1999 (Tokyo motor Show), Jepang sangat menakjubkan.

Hari ini kami seluruh rombongan dgn anggota 120 orang dibagi menjadi 4 Group A, B, C ,D langsung memulai perjalanan (tidur dipesawat), ada perbedaan waktu 2jam dengan jakarta.

Tiba jam 08.00 langsung transfer ke Pusat penjualan ELEKTRONIK 'AKISHABARA' turun utk shopping + santai-santai 1.5 jam dilanjutkan dgn perjalanan makan siang ke HOTEL LI MERIDIEN tepat jam 12.00.

Jam 13.15 perjalanan diteruskan ke 'TOYOTA MEGA WEB' dgn waktu bermain 1.5 jam, Themepark yg dibangun oleh Toyota utk memperkenalkan produk toyota yg sdh dipasarkan dan yg futuristik dan simulator yg sangat menarik, saya sempat mencoba simulator TOYOTA RALLY melalui SINEMA 3 DIMENSI, dan juga naik Giant Roll basket (seperti BIANGLALA Di Dufan).

Jam 15.00 meneruskan perjalanan ke ASAKUSA mengunjungi KUIL 'SHENSEJI' merupakan kuil tertua di Jepang, juga terdapat pusat penjualan SOUVENIR dgn harga terjangkau, selama 1.5 jam waktu digunakan utk belanja dan akhirnya kembali kehotel, meginap di hotel 'CENTURY HYATT HOTEL' (hotel bintang 5) di daerah Nishi-Shinzuku, makan malam jam 19.00-21.00, terakhir acara bebas ke Hikabara (tempat hiburan malam yang buka 24 jam).

Hari ke 3 (4/9/05)
Sarapan jam 6.30-08.00 hari ini full time sampai jam 18.00 bermain di DISNEY SEA, disini permainan cukup banyak dgn atraksi yang sangat menarik dan mendebarkan, kebetulan hari ini adalah hari Ulang Tahun Disney Sea yg ke 4 (juga bertepatan dgn Ultah orang/pemilik yang mempunyai ide membangun Disney Sea). Sempat diselingi dgn belanja souvenir, akhirnya dapat juga oleh-oleh utk M&D (Baju- Bagus Loh..), acara hari ini diakhiri jam 18.30 (telat 1/2 jam krn ada Heldi&Yulius yg telat/Nyasar), tiba di hotel 'HILTON' untuk makan malam dan kemudian diantar ke hotel 'Century Hyatt Hotel' dan acara bebas.

Hari ke 4 (5/9/05)
Pagi ini perjalanan dimulai dengan kereta 'SHINKANSEN' jam 09.40 berangkat dari Tokyo Station menuju 'NAGOYA' dan tiba jam 11.30 atau sekitar 2 jam dengan menempuh jarak 536 km (rata-rata 256 km/jam).

'SHINKANSEN' merupakan keretan tercepat didunia yang pertama dengan total 16 gerbong merupakan pengalaman tak terlupakan karena didalam kereta juga dapat menikmati pemadangan mulai dari gedung bertingkat, kawasan perumahan hanya berlantai maks 2 (mirip seperti kompleks di jakarta), sawah atau daerah pertanian dan perkebunan.

Setiba di 'NAGOYA' diantar Bis menuju 'FORESTA HOTEL' untuk makan siang, hotel dikawasan perbukitan ini seperti tempat peristirahatan yang damai dan tenang. kawasannya sedikit terpisah dari kompleks permukiman. sampai 1 jam kemudian tepatnya jam 13.00 kami melanjutkan perjalanan ke 'TOYOTA KAIKAN HALL'.

Toyota Kaikan Hall adalah Tempat show Produk Toyota dengan teknologi tinggi dan kendaraan masa depan seperti 'HYBRID VIHICLE' dan 'i-UNIT', selain itu juga ditampilkan produk yang sedang dipasarkan saat ini khususnya yang terakhir seperti LEXUS seri terbaru, LANDCRUISER, VITZS, ALPHARD, dll. Yang menarik yaitu Robot (seperti Honda ASIMO) yang bisa bermain trompet dan melakukan atraksi musik lainnya, juga ada kendaraan masa depan dengan teknologi tinggi untuk masa depan yaitu 'i-UNIT', kendaraan angkut satu orang dalam posisi duduk dan bisa diatur menjadi posisi tidur, mirip seperti kendaraan impian (fiksi/rekayasa) yang ada diFilm-film cerita teknologi masa depan, seperti STAWARS dll.

Selanjutnya kami menuju 'TOYOTA AUTOMOBILE MUSEUM' untuk melihat secara fisik pergerakan/perkembangan permobilan didunia dimulai dari kendaraan yang masih mirik becak bermesin yang produk pertamanya terjadi pada tahun 1909 oleh Henry ford. Disini kami memulai dari lantai 1 yang khusus menampilkan produk non Toyota dengan display kendaraan yang cukup banyak dengan varian yang sangat lengkap sesuai dengan perkembangan perjalanan waktu, dan dilantai 2 kami bisa melihat semua produk Toyota masa lalu dimana sebagai Founder pertama adalah 'KIICHIRO TOYODA' yang mebuat mobil pertama dengan merk 'TOYODA' dimana sebelum memproduksi mobil, perusahaan Toyoda bergerak dibidang Tenun Tekstil, dimana sampai sekarang mesin tenun tersebut masih ada dimuseum tenun, didunia ini hanya tersisa 2 mesin tenun serupa yang merupakan mesin tenun terbesar didunia.

Sekitar jam 17.00 kami diantar Check In ke 'NAGOYA MARRIOT ASSOCIA HOTEL', hotel bintang 5 yang berada tepat di Central Nagoya, juga dibelakang adalah 'NAGOYA STATION' (Station terbesar di Nagoya', dilantai 1 - 12 adalah pusat perbelanjaan 'TAKHASIMAYA DEPT. STORE' pusat perbelanjaan seperti Indonesia Plaza / Plaza Senayan dijakarta, hanya di sini lebih besar. Lobby Hotel berada pada lantai 15 dan kamar di mulai dari lantai 16 - 51, Hotel ini cukup mewah.

Acara 'Welcome Party' oleh TMC dimulai jam 19.00 dimulai dengan sambutan wakil TAM Bp. Hastanto, Wakil TMC (nama kurang terdengar), makan malam ala carte mulai berjalan sampai selesai makan, kami dihibur dengan SAMURAI SHOW' ketangkasan 4 orang pemain dalam melestarikan seni pedang samurai dengan sangat mengesankan, team ini dikabarkan juga turut serta dalam pembuatan film 'KILL BILL' dan juga sudah merekam seni beladiri jepang ini dalam bentuk Video CD dan Film, akhirnya acara selsai jam 21.30, selesai istirahat.

Hari ke 5 (6/9/05)
Hari ini jam 08.30 kami menuju 'AICHI JAPAN EXPO' di daerah penggiran Nagoya menempati areal seluas 173 hectar dan di ikuti oleh negara-negara didunia. Pameran ini menampilkan produk dan bahan yang digunakan untuk infrastrukture yang ramah lingkungan dan re-cycle (bisa didaur ulang / dipakai ulang).

Disini kami diantar bersama-sama menuju ke Pavilium Indonesia dan dan Pavilium Toyota, setelah itu acara bebas sampai denga jam 15.30.

Khusus pada Pavilium Toyota kami mendapatkan kesan yang luar biasa, acaranya adalah Opera 3 Dimensi Show yang menampilkan atraksi penari dengan show Robot Toyota yang bermain musik semacam orkestra dan group band yang sangat menarik, juga show kendaraan I- UNIT, kendaraan untuk 1 orang yang sangat Fleksibel BERGERAK, kendaraan inilah yang merupakan mobil masa depan, show ini selesai sekitar 30 menit.

Acara bebas selanjutnya kami manfaatkan untuk belanja souvenir atau makanan pada beberapa Shop yang menerima Meal Voucher lebih yang kami terima 5.000 yen, akhirnya kami berkumpul dan menuju ke Nagoya Station untuk melanjutkan perjalanan dengan menggunakan SHINKANSEN lagi pada jam 17.30 kami mulai berangkat.

Sepanjang perjalanan kami kembali menikmati pemandangan yang menarik gedung, rumah, sawah pertanian, pedesaan, perbukitan dan pegunungan yang sangat menarik sampai akhir kami tiba di 'KYOTO' pada jam 18.05 langsung kami Check In Hotel lagi di 'HOTEL GRANVIA KYOTO' . Makan malam hari ini yang paling sempurna karena semua masakan enak pada restoran pilihan sendiri (karena ada 3 restoran pilihan) sesuai dengan Meal Kupon kami sebesar 9.240 yen (setara Rp. 900.000) kami menikmati masakan yang ternikmat sepanjang perjalanan kami dari tgl 2/9/05. maka selesailah acara hari ini.

Hari ke 6 (7/9/05)
Pagi ini jam 9 00 kami memulai perjalanan ke Kuil 'HEIAN SHRINE', kuil yang dibangun pada tahun 1895 ini terdapat patung Tuhan berwajah 11, 3 menampakkan wajah marah, 3 wajah senyum, 3 wajah sedih, 1 wajah tuhan. Ada tempat keramat yang memberikan jodoh dengan mengambil air kemudian diminum dan dibasuk kemuka, juga ada 2 buah batu yang berjarak kira-kira 10 meter yang dipercaya bahwa apabila berhasil menyentuh batu pertama dilanjutkan dengan berjalan menuju ke batu kedua dalam keadaan mata tertutup dan berhasil menyentuhnya, maka jodohnya akan lebih muda.

Tempat kedua adalah 'NIJO CASTLE' benteng yang dibangun oleh Shogun Tokugawa pada tahun 1603 yang merupakan benteng pertahanan untuk melindungi jepang dari musuh, dimana zaman dulu pusat pemerintahan ada di KYOTO bukan Tokyo.

Kami kemudian diantar ke Shopping centre 'HANDICRAFT CENTRE' untuk berbelanja barang kerajinan tangan seperti Perak, kain, gambar dinding, ukiran kayu dll.

Setelah itu kami makan siang di restoran jepang untuk makan Shabu-shabu dan tempura dalam nuansa yang sangat Jepang. setelah itu kami menuju ke 'KINKAKUJI TEMPLE' kuil yang dikelling oleh danau kecil dan terbuat dari EMAS asli, kuil ini dibangun pada masa MUROMACHI tahun 1336-1573 sebagai tempat tinggal dan bertapa bagi beliau dan memiliki taman yang sangat terkenal dijepang sebagai taman cara jepang, dan tempat ini telah dicatat sebagai tempat bersejarah milik dunia (seperti Candi Borobudur' kami berfoto sebentar lalu kami menuju ke KIYOMIZU TEMPLE untuk berbelanja.

Maka selesailah acara hari ini kami diantar kembali kehotel pada jam 17.30.

Hari ke 7 (8/9/05)
Hari ini jam 08.45 kami menuju Kota Nara yang berpenduduk 1,4 juta orang, 77% daratan Nara adalah pegunungan sebagai daerah pertanian, peternakan. Kota ini berdiri tahun 700 an, ada pohon HINOKIE, dengan tata kota rapih berbentuk kotak sehingga selain rapih juga mudah untuk mencari lokasi (sama seperti Kyoto) Insdutri terkenal adalah Tenun, mesin, plastik dan makanan. Juga terdapat banyak kuil sehingga menjadi pusat pariwisata dari domestik maupun manca negara.

Tujuan pertama di kota Nara adalah Taman Nara dengan 1.000 an Rusa yang jinak dan familiar dengan manusia, panjang 2 km X lebar 4 km (660 hectar). setiap tahun ada acara potong tanduk rusa yg sudah mulai dilakukan tahun 1.700 juga acara show Orchestra Simphony.

TODAI-JI TEMPLE
Berada didalam taman Nara, dipintu gerbang ada 2 patung besar, mulut kiri buka berarti ngomong A dan bibir kanan ngomong Uhn artinya A uhn, didalam ada patung Budha besar tinggi 12mtr dari tembaga, diatas kepalanya ada 1000 buah butiran penutup kepala, lubang hidung patung di jangkau oleh tangan, berada dlm bangunan tinggi 43 mtr.

Asurataysa, kuil Shinto dibuat th 710 utk memuja 4 tuhan, Kiraoka, didalamnya ada benda pusaka berupa perhiasan, senjata, gambar dll, setiap tahun ada acara meyalahkan lampu Lampion 1.000 dan obor 1.000. upaacara setiap 13 maret dengan nama upacara Asurataysa. Kuil ini juga berada diareal Taman Nara.

Sesudah kunjungan diatas pada jam 15.30 akhirnya kami diantar langsung menuju ke OSAKA, jadi kami tidak menginap di Nara, perjalanan selama 1.15 jam melewati sawah, gunung dan masuk ke perkotaan dengan gedung-gedung Jangkung mulai kelihatan lagi inilah kota 'OSAKA' yang ternyata sangat rapih dengan susunan jalan berbentuk Blok-blok / kotak-kotak, semodern kota 'TOKYO', karena Osaka memang kota ke 2 terbesar setelah Tokyo.

Setelah Check In di 'SWISSHOTEL NANKAI OSAKA' acara bebas, shopping didepan hotel walking street 'OBISHUBASHI' berlanjut ke jl. 'SANSAIBASHI' pusat belanja sejenis Pasar baru jakarta, tetapi panjang jalanannya mencapai 5km (panjang sekali, capek). selesailah acara hari ini.


Hari ke 8 (9/9/05)
Hari ini jam 9.45 menuju ke U'NIVERSAL STUDIO untuk acara full day s/d jam 18.00, didirikan pada Maret 2001. disini kami dapat mencoba banyak permainan yang menantang dan mendebarkan, yang berhasil saya masuki adalah Terminator 2, Spiderman, Back the Future to Ride, Jurassic Park, Water World, Evil Rock&Roll Show (6 permainan), akhirnya selesai tepat jam 18.00 tetapi turun hujan lebat, sehingga menghambat teman lainnya untuk kembali ketempat parkir bus, akhirnya kami baru baru kembali kehotel tepat jam 19.00, sesampai dihotel langsung makan malam, dan selesai.

Hari ke 9 (10/9/05)
Pagi hari jam 08.00 (setelah makan pagi) kami menuju ke 'KANSAI Airport', Airport ini terletak ditengah lautan yang direklamasi menjadi daratan sehingga tampak dari kejauhan seperti pulau tersendiri, Jembatan panjang membentang memotong lautan sampai dengan airport, pemandangan yang menakjubkan. akhirnya kami check in via SQ 985 tujuan jakarta transit di Singapore, boarding Jam 11.30 tiba di 'CHANGI AIRPORT' jam 17.50, dan melanjutkan perjalanan dengan SQ 196 menuju Jakarta yang akhirnya kami tiba pada jam 20.00, maka selesailah sudah perjalanan kami.

Sayorana Jepang, Welcome to Jakarta, pengalaman yang luar biasa. .




Minggu, Juni 22, 2008