Sabtu, November 21, 2009

Rebutan Pasar di Pengujung Tahun - Kompas

Release Date : Jumat, 20 November 2009
Media : Kompas, at page 40, size 840 mmk
Journalist : (OSA)
Source : Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan, Wakil Presiden Direktur ADM Sudirman MR, CEO PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin

Dua prinsipal kendaraan bermotor, Toyota dan Daihatsu, tak ingin melepaskan momentum terbaiknya menjelang akhir tahun 2009. Keduanya sama-sama menyodorkan mobil berpersneling otomatik.

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan produk terbaru andalannya, New Avanza bermesin 1.300 cc matik, yakni Avanza 1.3 seri G A/T dan Avanza 1.3 seri E A/T. Peluncuran dilakukan di Hotel Four Seasons di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11).

Hari berikutnya, tak jauh dari daerah itu, sekitar 1,5 kilometer, tepatnya di Taman Menteng, Jakarta Pusat, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Xenia 1.3 Xi A/T.

Baik TAM maupun ADM sama-sama menyebutkan bahwa mobil berpersneling otomatik merupakan tren masa depart. Kendati New Avanza mendapatkan respons positif dari masyarakat, TAM tetap ingin mewujudkan inovasi terus-menerus dari setiap produknya dan memberikan pilihan lebih luas kepada pelanggan.

Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan mengatakan, "Varian ini dihadirkan untuk memberikan alternatif kendaraan yang lebih nyaman di kelas mesin 1.3 liter, khususnya untuk lalu lintas perkotaan yang rentan macet maupun kondisi jalan yang berkelok naik turun. Dengan hadirnya dua varian ini, pelanggan Avanza kini memiliki enam pilihan dengan tipe 1.5 S A/T dan tipe 1.3 E M/T. Kami berharap variasi ini makin menguatkan posisinya sebagai mobil paling ideal bagi keluarga."

Adapun Daihatsu total memiliki lima varian, yakni Xenia 1.0 Mi, Xenia 1.0+, Xenia 1.0 Li, Xenia 1.3 Xi M/T, dan Xenia 1.3 Xi A/T.

Avanza dan Xenia adalah dua mobil yang terlaris di Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan Avanza per Januari-Oktober 2009 mencapai 75.505 unit. Jumlah ini melampaui periode tahun 2008 yang sama, 20,1 persen, yakni 62.866 unit.

Sementara itu, penjualan Xenia pada Januari-Oktober 2009 mencapai 31.231 unit. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2008 yang mencapai 24.494 unit, jumlah penjualannya sudah naik 27,5 persen.

Johnny menekankan, peningkatan penjualan semestinya bukan hanya hasil upaya industri otomotif dalam memberikan penawaran menarik kepada konsumen. Pembangunan infrastruktur jalan, pelabuhan, dan bandar udara juga sangat memberikan andil besar bagi penjualan otomotif. Tentunya, pemerintahlah yang memiliki kewenangan untuk mendorong pembangunan infrastruktur secara luas.

Wakil Presiden Direktur ADM Sudirman MR mengatakan, surat pemesanan kendaraan Xenia diharapkan naik sebanyak 500 unit dengan adanya Xenia otomatik ini. Awal tahun depan diperkirakan kontribusi Xenia matik bisa 250-300 unit per bulan.

CEO PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin menambahkan, pengujung tahun menjadi pertaruhan besar. Keyakinan ini diperoleh dari tahun-tahun sebelumnya bahwa penjualan otomotif cenderung naik menjelang akhir tahun.

"Apalagi, penjualan sampai bulan Oktober sesungguhnya sudah melampaui periode yang sama tahun lalu. Ini menandakan perekonomian mulai pulih," kata Suparno.

Harga Toyota New Avanza 1.3 G matik mencapai Rp 156,55 juta per unit. Sebagai pembanding, tipe 1.3 G manual seharga Rp 146,55 juta dan tipe 1.5 S matik seharga Rp 169,5 juta.

Sementara Daihatsu Xenia Xi A/T standar dibanderol seharga Rp 139,7 juta (on the road untuk Jakarta dan sekitarnya). Untuk menstimulasi pasar, paket aksesori tambahan yang diaplikasikan pada varian matik yang disebut Xenia Xi A/T Full Accessories seharga Rp 5,9 juta. Jadi, harga Xenia otomatik yang lengkap mencapai Rp 145,6 juta per unit.


Jumat, November 20, 2009


Ssst…Kapten Manchester United Pakai Toyota Prius

Inggris – Semakin banyak saja para pesohor dunia yang memakai Toyota Prius. Tidak hanya dari kalangan selebritis Hollywood saja seperti Leonardo DiCaprio, America Ferrera, Danny DeVito, Cameron Diaz, Julia Roberts, Jennifer Aniston dan Brad Pitt yang memakai Prius, di dunia olahraga juga demikian.

Kali ini yang tertangkap kamera mengemudikan mobil hybrid paling ramah lingkungan itu adalah kapten kesebelasan klub sepakbola paling top sejagat, Manchester United dari Inggris. Dia adalah Gary Neville!

Pria yang di lapangan sepakbola bagai memiliki mata elang itu (karena tak pernah melepaskan pandangannya dari bola), ternyata bisa mengalihkan tatapan matanya dari kondisi jalanan di depannya. Neville tampak asyik sedang memperhatikan mobile phone selulernya.

Mungkin anggapannya Toyota Prius Generasi Ketiga telah dilengkapi beragam fitur pengaman canggih, sehingga menjadikan bintang Red Devils berusia 34 tahun itu percaya diri saat berada di dalam kabin. Maklum saja pada Prius telah tertanam fitur pengaman dan pelindung bagi penumpang yang berada di dalamnya.

Selain terdapat beberapa kantung udara, bodi Prius telah menganut sistem GOA dari Toyota yang mampu melindungi bagian dalam kabin dari tubrukan. Energi tabrakan mampu diserap oleh bodi mobil sehingga membantu penumpang terhindar dari bahaya. Bodi telah mengalami pengembangan dan telah diuji coba dengan tabrakan mobil sebesar 2 ton dari depan, samping dan belakang. Sebagai tambahan, bodi Prius telah didesain untuk seminimal mungkin menghindari kerusakkan dari tabrakan yang dihasilkan dengan kendaraan ringan maupun berat

Namun perilaku Neville ini dijamin tak akan terjadi jika saja dia bergabung pada klub otomotif Toyota binaan dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Pasalnya beberapa hari yang lalu, komunitas klub-klub Toyota telah mengikrarkan diri untuk lebih memperhatikan smart driving ketika berada di jalan raya. (*/ photo by Cavendish Press)

Kamis, November 19, 2009

45 model Toyota di Ghuangzhou Motor Show

Toyota Motor Corp. akan memajang 45 mobil konsep dan produksi di 7th China (Guangzhou) International Automobile Exhibition yang akan berlangsung antara 23 - 30 November 2009. Model-model yang dipamerkan itu akan di pajang di dua anjungan yaitu Toyota dan Lexus. Pameran otomotif di Guangzhou International Convention and Exhibition Center ini mengambil tema "The Environment, Safety, and the Future".

Generasi terbaru SUV mewah Lexus GX460 akan tampil pertamakalinya di dunia di pameran ini, yang dijadwalkan di press briefing 23 November. Model-model Lexus lain yang akan ditampilkan termasuk mid-size sedan ES240. Sedangkan Toyota akan menampilkan sedan mewah Crown generasi terbaru yang akan diproduksi dan dipasarkan di China mulai Desember tahun ini. Tidak ketinggalan generasi ketiga Prius dan Camry Hybrid, dua model hybrid yang juga diproduksi di China.

Selain mobil produksi, Toyota juga akan memajang mobil konsep seperti FT-EV, kendaraan berukurang ringkas untuk jarak pendek, FT-HS hybrid sports car dan Hi-CT, kendaraan plug-in hybrid untuk perkotaan

China menjadi satu-satunya pasar otomotif yang masih tumbuh dan posisinya menempel ketat Amerika Serikat sebagai pasar otomotif terbesar di dunia. Toyota juga mengalami pertumbuhan signifikan sepanjang tahun ini,kontras dengan apa yang terjadi di Amerika Serikat, Eropa dan Jepang.

Potensi China yang besar inilah yang mendorong Toyota dan produsen otomotif lain untuk melakukan ekspansi besar-besar di China. Selain mendirikan pabrik-pabrik baru, Toyota juga semakin serius menangkap kebutuhan konsumen setempat dan menyiapkan model baru yang sesuai dengan kebutuhan setempat.

Rabu, November 18, 2009

Pers Release New Avanza G A/T









New Avanza 1.3 Transmisi Otomatis: Hadir untuk Memanjakan Si Kaki Kiri

Jakarta - Melengkapi jajaran varian Avanza yang telah ditawarkan, PT Toyota-Astra Motor meluncurkan New Avanza bermesin 1.3 dengan transmisi otomatis (1.3 G A/T & 1.3 E A/T), yang kembali hadir menjawab kebutuhan pasar akan kendaraan Low MPV dengan kenyamanan optimal. Didukung kelengkapan layanan purna jual serta kepercayaan pelanggan akan brand Toyota, varian baru ini diharapkan semakin memantapkan posisi Avanza sebagai kendaraan terlaris di Indonesia semenjak 2006.

Semenjak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004, Avanza terus merajai pasar. Meski telah memasuki tahun keenam, permintaan tetap tinggi dan pelanggan tidak keberatan untuk menunggu dalam masa inden untuk memiliki kendaraan ini. Pengakuan kualitas produk yang dan layanan juga dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang diterima, baik dari media maupun lembaga survei independen. Harga jual kembali yang bahkan lebih tinggi dari harga Avanza baru, merupakan salah satu bukti tingginya kepercayaan masyarakat akan kendaraan yang dikenal best value ini.

“Saat ini masa inden Avanza masih sekitar 2-3 bulan. Kami mohon maaf dan berterima kasih kepada seluruh pelanggan yang setia dan percaya kepada Avanza sehingga berkenan menunggu,” tutur Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. “Kami bersyukur, antuasiasme pasar tetap tinggi. Permintaan pasar Avanza terus tumbuh, dari angka 50 ribu-an per tahun pada 2004 dan 2005, berkembang menjadi lebih dari 60 ribu-an unit per tahun pada 2007 - 2008. Penjualan Avanza juga terus meningkat selama 2009. Terkait dengan tingginya permintaan ini, bahkan terkadang harga jual kembali Avanza lebih tinggi dari harga belinya."

Catatan penjualan kumulatif New Avanza Jan – Okt 2009 menunjukkan bahwa di tengah penurunan volume pasar yang berkurang hingga 25% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, penjualan Avanza justru bertambah hingga lebih dari 20%, mencapai 82.742 unit dengan market share hingga 57% (penjualan ritel). Sedangkan total jumlah Avanza yang terjual dari 2004 hingga Oktober 2009 telah lebih dari 380 ribu unit.

Kendati New Avanza tetap mendapatkan respon positif dari masyarakat, sebagai salah satu wujud inovasi terus-menerus dari setiap produknya serta untuk memberikan pilihan lebih luas kepada pelanggan, Toyota meluncurkan varian 1.3 dengan transmisi otomatis, tipe G dan E. “Varian ini dihadirkan untuk memberikan alternatif kendaraan yang lebih nyaman di kelas mesin 1,3L, khususnya untuk lalu lintas perkotaan yang rentan macet maupun kondisi jalan yang berkelok naik turun. Dengan hadirnya dua varian ini, pelanggan Avanza kini memiliki 6 pilihan dengan 1.5 S A/T sebagai flagship model dan 1.3 E M/T sebagai pilihan paling terjangkau. Kami berharap variasi ini makin menguatkan posisinya sebagai the most ideal 1st car,” tambah Johnny Darmawan.

Avanza juga menyediakan layanan khusus (privilege) bagi pelanggan, misalnya program Avanzanation Cuci-cuci Gratis yang sudah berlangsung dari awal November, memberikan kesempatan cuci Avanza gratis di tempat cuci mobil yang ditunjuk. Antusiasme pelanggan terbilang tinggi, mencapai lebih dari 60 unit per harinya. ”Layanan khusus bagi pengguna Avanza ini akan berlangsung kontinyu dengan berbagai privilege menarik sesuai kebutuhan pelanggan,” tegas Johnny Darmawan.

Sebagaimana produk-produk Toyota yang resmi diperkenalkan PT TAM selaku distributor resmi Toyota di Indonesia, New Avanza mendapatkan fasilitas garansi selama 3 tahun atau 100.000km, bebas biaya jasa untuk servis berkala hingga 50ribu km atau 2 tahun, serta didukung oleh kelengkapan layanan dan suku cadang Toyota di seluruh Indonesia. Pelanggan juga dapat memanfaatkan kemudahan akses informasi Toyota seperti M-Toyota, Toyota Mobile Web, maupun Call Center 24 jam.

Terdapat 7 pilihan warna (Silver Metallic, Champagne Metallic, Wine Red, Drak Grey, Black Mica, Aqua Metallic, Light Green Metallic).

** Unit display warna Dark Grey dilengkapi dengan Toyota Genuine Accessories (Front & Rear Bumper Guard, Wooden Panel)

Harga On the road Nov, DKI Jakarta, Rp:

NEW AVANZA E 1.3 MANUAL

132.100.000

NEW AVANZA G 1.3 MANUAL

146.550.000

NEW AVANZA G 1.3 AUTOMATIC

156.550.000

NEW AVANZA S 1.5 MANUAL

159.500.000

NEW AVANZA S 1.5 AUTOMATIC

169.500.000

Selasa, November 17, 2009

MarkPlus Conference 2010 With Toyota

Jakarta - Hari-hari menjelang berakhirnya 2009 tinggal menunggu waktu. Menatap era baru 2010 kurang selangkah lagi.

Demi menghadapi tantangan 2010 yang semakin berat dan kompetitif, PT Toyota Astra Motor bersama dengan MarkPlus menggelar konferensi di akhir tahun pada 10 Desember 2009 nanti. Tema yang diangkat adalah MarkPlus Conference 2010, New Momentum, New Strategy.

Acara yang menurut rencana akan digelar di The Ritz-Carlton Ballroom Pacific Place, Jakarta mulai pukul 08.00 - 22.00 itu sangat sayang untuk dilewatkan. Beragam informasi dan kiat jitu dalam menghadapi tantangan yang muncul pada 2010 nanti bakal diulas secara gamblang dan tuntas oleh para nara sumber.

Mereka diantaranya adalah Hermawan Kartajaya (Marketing in Indonesia 2010 - Take The Challenge to Move Forward) dan topik yang mengangkat peluang industri di Indonesia (Expert Panels on Indonesia 2010 - dengan pembicara/perwakilan dari IDX, Perbanas, REI, Gaikindo, Aprindo, GAPMMI, EMC, ATSI, GAPPRI), yang juga dimoderatori oleh Hermawan Kartajaya.

Di akhir acara juga menampilkan diskusi dan perbincangan yang tak kalah menarik, yakni Kick Andy Off Air (New Character - How Stories Create Greatness). Dengan beragam informasi yang tersaji di acara ini, dijamin para peserta seminar akan lebih yakin menghadapi segala macam tantangan dan peluang yang ada di 2010. Tidak ketinggalan pula bagaimana menerapkan strategi yang bijak dalam menentukan setiap keputusan.

Yang menarik, PT Toyota Astra Motor kembali memberikan apresiasi kepada setiap pemilik Toyota Vios mulai tahun 2007 ke atas. Bagi para pemilik Toyota Vios akan mendapatkan diskon 30% untuk setiap pembelian tiket seminar.

Maklum saja, harga tiket yang ditawarkan untuk menghadiri acara seminar ini adalah Rp 900 ribu (perorangan) dan Rp 300 ribu (pelajar/mahasiswa). Tentu dengan diskon istimewa dari Toyota ini, semakin memudahkan bagi para eksekutif muda maupun para pelajar/mahasiswa pemakai Vios dalam menambah wawasan dunia usaha marketing di Indonesia pada 2010 nanti.

Senin, November 16, 2009

Menguji Kemapanan

Release Date : Senin, 09 November 2009
Media : MobilMotor, at page 58-65, size 8800 mmk
Journalist : Sigit T. Santoso

Perseteruan abadi tetap terjadi antara Honda dan Toyota. Sementara Ford mencoba mendongkrak popularitasnya melalui jalur kepolisian. Bagaimana medium sedan tiga merek ini?

Mungkin Anda sudah familiar dengan sosok baru yang digunakan oleh Kepolisian Republik ini dalam kurun dua bulan terakhir. Ya, Pak Polisi punya armada baru yang siap mengawal tugasnya sehari-hari. Dengan Ford Focus Ghia sejumlah 600 unit, tentu kehadirannya bisa terlihat jelas, apalagi unitnya sering berada di titik-titik strategis di ibukota ini. Begitu malam tiba, lampu rotari lebih mengindentifikasi keberadaannya.

Tak dipungkiri memang Ghia jadi menarik perhatian. Tapi populasi sesungguhnya tentu belum bisa menyaingi Civic maupun Altis. Setidaknya memang Ghia tersebut bisa mendongkrak penjualan Ford Motor Indonesia (FMI) tahun ini. Dan sewajarnya pula sedan ini dilirik karena fitur yang ditawarkan mampu bersaing dengan lawan mapannya itu. Harganya juga paling :murah, yang bisa selisih Rp35 juta. Ghia punya jok elektrik yang juga di-miliki Altis. First impression-nya memang ok apabila kita belum melihat ke toko sebelah. Tapi apapun bentuk penawarannya, FMI mencoba membuka mata kita akan kehadiran mdbil yang pencitraannya sangat kuat di iven reli dunia.

Altis dan Civic memang medium sedan yang beda tarakter. Namun secara seselsuruhan, termasuk dengan Ghia, kita jadi tahu apa yang ditawarkan dengan dana yang kita miliki. Toh, Altis sendiri mencoba untuk merapatkan barisan dengan memberikan nuansa sporti dalam dirinya. Misal dengan paddle shift di balik kemudinya. Bisa dibilang terjadi crossover dalam diri Altis. Terus terang karakter itu harus disesuaikan dengan jati diri kita yang akan menggunakannya. So, manayang disukai dewan juri dan bagaimana angka obyektifnya?

Ford Focus Ghia 2.0
Mana Aura WRC-nya?

Perbedaan utama varian yang dimiliki Focus bisa ditandai secara fisik. Yang terbaru adalah buntut yang berfungsi sebagai bagasi. Ya, Focus kini hadir kembali dengan varian sedan. Inilah varian yang digunakan oleh Kepolisian untuk mobil patroli nya.

Keunikan desain mungkin tidak terlihat dari sosok Focus kecuali kunci pembuka ruang mesin. Dengan memutar logo Ford, maka Anda akan menemukan lubang kunci sebelum akhirnya membuka kap mesin. Namun oleh beberapa juri, cara pembukaan kap mesin justru dibilang merepotkan. Bahkan ada yang bertanya bagaimana bila terjadi tabrakan frontal? Makin sulitkah dibuka?

Ford memformat Focus dalam balutan desain elegan yang mewah dengan disisipi nilai sportif. Beda dengan Civic atau MazdaS yang kuat dengan aura spotif ataupun Altis yang lebih elegan. Kombinasi warna interior boleh dibilang mewah, namun materialnya terlihat sederhana walau dengan kualitas penger-
jaan yang baik. Bentuk dasbor juga terkesan sederhana. Namun kesan mewah bisa dimunculkan oleh jok pengemudi yang menggunakan sistem elektrik. Mobil ini tidak memiliki kemudi multifungsi sebagai mana kompetitornya. Tapi bila dilihat, ada fitur pengatur audio di belakang roda kemudi.

Yang disukai juri selama me-ngendarai Ghia adalah soal visibilitasnya yang baik. Namun soal pengendalian dari roda kemudi dianggap sensitif. Sementara duduk di jok belakang juga dirasakan cepat melelahkan karena jok yang relatif tegak.

Mesin yang dipakai Ghia berkapasitas 1.999 cc. Secara keseluruhan karakternya sama dengan Focus Hatchback. Pembedanya tentu saja soal pengendaraan saja dan bobot Ghia yangtentunya lebih berat dengan adanya buntut. Tapi tipikalnya sama, sporti tapi tidak liar. Halus tapi tidak lamban. Dalam kelasnya, soal akselerasi Ghia berada di angka yang moderat 'dan belum bisa menjadi yang terbaik di kelasnya.

Honda All New Civic 2.0 L
Menantang Adrenalin

Bicara soal penampilan, Honda memang selalu terlihat lebih kontemporer. Selalu saja bila ada model baru lahir, model terdahulunya akan terlihat tua. Dan karakter sportif tak pernah lepas dari produk-produk buatan Honda.

Poin plus diberikan Juri terhadap desain interior. Semua komponen, khususnya yang ada di dasbor dinilai impresif. Paduan konsep analog dan digital tertata apik, mudah dibaca dan dimengerti. Dan sekali lagi sangat sporti. Konsep multiplex yang diterapkan dibuat untuk menyampaikan informasi dengan mudah sehingga relatif tidak mengganggu konsentrasi berkendara.

Selain itu kondisi yang sportif juga terasa ketika kita duduk di dalam Civic. Jok semibucket, roda kemudi yang mantap digenggam mencerminkan nilai tersebut. Di kelasnya, Civic menjadi mobil pertama yang mempunyai paddle shift. Kalau bosan dengan suasana yang biasa-biasa saja, pakai sistem transmisi otomatis biasa. Tapi kalau butuh sensasi saat jalan lowong, boleh coba sistem manual dengan paddle shift. Adrenalin Anda akan terpacu untuk terus memainkannya. Di luar itu, saking sportifnya, jok belakang terasa keras dan posisi duduk agak tegak.

Di luar soal desain, Civic dianggap mobil yang fiturnya tidak lengkap, terutama bila dikonversikan dengan harga yang ditawarkan. Masih belum selengkap Altis yang hadir dengan varian terbaru dan terlengkap, harganya pun lebih murah dari Civic.

Soal performa mesin, tidak perlu diragukan. Honda masih memimpin. Khususnya soal unjuk kecepatan. Teknologi katup variabel dan throttle by wire bekerja baik. Mesin bekerja responsif. Performa ini tentu berbuntut pada hasil konsumsi BBM-nya. Seperti biasa yang responsif menyedot lebih banyak BBM walau masih dalam jumlah yangwajar. Suspensi Civic punya karakter medium hard. Mungkin karena kerasnya sistem suspensi membuat suara roda mobil masuk ke dalam kabin.

Toyota All New Corolla Altis 2.0 V
Senjata Penggebuk

Tak tahan melihat kompetitornya yang memiliki mesin 2.0 L, Toyota akhirnya tahun ini menelurkan varian baru untuk merapatkan barisan. Kalau melihat hasil yang diraih pada ICOTY 2008, sebenarnya tak perlu-perlu amat varian ini muncul. Secara teknis dan harga, varian bermesin 1,8 L sudah unggul. Namun tampaknya Toyota tak mau melepas kesempatan begitu saja. Dan varian tertinggi dari Corolla Altis datang juga. Sangat bersaing.

Soal desain secara keseluruhan tak tampak signifikan terlihat. Gril honeycomb men jadi salah satu pembeda dari varian 1.8 L. Seperti biasa ada pro-kontra soal desain. Dan memang ada juri yang tidak suka dengan desain ini karena justru dianggap seperti Yaris.

Karakter elegan agak berubah ketika Anda ada di jok pengemudi. Longok ke bagian belakang kemudi. Ada paddle shifts sana yang artinya sebuah konsep sporti. Sebelumnya, perangkat ini hanya ada di Civic yang memang dari dulu kuat dengan aura sportif. Ergonomika dalam mobil ini juga dirasa kental. Bantuan sistem elektrik pada jok pengemudi merupakan added value dalam pembaruan Altis. Di kelasnya hanya ada pada Focus Ghia. Rain sensor, DVD player yang siap untuk sistem navigasi dengan monitor sentuh, rear sunshade dan lainnya merupakan fitur yang dijual dan tidak ada di kompetitornya.

Sudah pasti soal mesin jadi senjata pamungkas yang dimiliki Altis. Para juri memang merasakan betapa agresif mesin Altis. Mesin yang dipakainya menggunakan teknologi katup variabel ganda seperti yang dipakai oleh Camry. Tapi kalau melihat data akselerasi, ternyata kemampuannya masih belum bisa mengalahkan Civic. Agresivitas ada di rpm rendah hingga sedang, sementara unjuk performa di rpm tinggi justru para juri lebih menyukai kemampuan Civic. Dan untuk kali ini, konsumsi BBM Altis juga belum menjadi yang terbaik. Kemampuan pengereman Altis merupakan pencapaian tertinggi di kelas ini.

Kesimpulan:
1st Toyota All New Corolla Altis V
Tak mau ketinggalan dengan Honda, Altis menelurkan varian bermesin 2 L dengan fitur yang lebih lengkap. Terbukti bukan sekedar fitur dan harga yang kompetitif, karakter pengendaraan dan hasil uji kemampuan juga diakui para juri.

2nd Honda New Civic 2.0
3rd Ford Focus Ghia


Minggu, November 15, 2009

Pasar Otomotif Oktober 2009: Penjualan Toyota Cetak Angka Tertinggi sepanjang tahun 2009, tembus 19.000 unit

Jakarta – Total Penjualan Toyota di bulan Oktober 2009 berhasil menembus angka 19.892 unit dan tetap menempatkan Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia. Angka penjualan ini merupakan angka penjualan tertinggi sepanjang tahun 2009. Kontribusi penjualan terbesar diraih oleh passenger car dengan total penjualan sebesar 18.504 unit.

Pada kelas MPV Toyota berhasil mencetak penjualan tertingginya sepanjang tahun 2009 dengan membukukan penjualan sebesar 14.060 unit , mobil keluarga Indonesia yaitu Toyota Kijang Innova meraih hasil yang positif dengan berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 4.137 unit, meningkat sekitar 53.6% dibandingkan bulan sebelumnya. Angka ini merupakan angka penjualan Kijang Innova tertinggi sepanjang tahun 2009. Sementara Toyota Avanza tidak ketinggalan mencetak angka penjualan tertingginya sepanjang tahun 2009 sebesar 9.886 unit atau meningkat sebesar 34.6% dari bulan sebelumnya.

Di kelas sedan Toyota berhasil memperlihatkan trend yang positif dengan mencetak penjualan tertinggi sepanjang tahun 2009 sebesar 1.289 unit. Toyota Corolla Altis yang berhasil menyabet mobil terbaik kategori Medium Sedan pada perhelatan Indonesian Car Of The Year 2009 berhasil membukukan penjualan sebesar 225 unit atau mengalami peningkatan sebesar 92.3% dibanding bulan sebelumnya, angka ini merupakan angka penjualan tertinggi yang telah dicetak oleh Corolla Altis sepanjang 2009. Sementara Toyota Camry tidak ketinggalan mencetak pertumbuhan sebesar 88.4% dari bulan sebelumnya dengan berhasil membukukan penjualan terbaiknya sepanjang 2009 sebanyak 179 unit.

Di kelas 4x2 compact, kendaraan anak muda yang Groovy, Toyota New Yaris yang baru-baru ini meraih penghargaan sebagai Best of The Best Indonesian Car Of The Year 2009 berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 907 unit meningkat 21,9% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Angka ini merupakan angka penjualan tertinggi Toyota Yaris sepanjang 2009.

Di kelas SUV, Toyota Fortuner 4x2 yang juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best SUV diesel dalam perhelatan Indonesian Car Of The Year 2009 juga berhasil memperlihatkan performa yang menawan dengan membukukan penjualan terbaiknya sepanjang 2009 sebesar 831 unit atau meningkat sebesar 38% dari bulan sebelumnya, sementara Toyota Rush yang bulan lalu baru saja di launching berhasil mencetak penjualan terbaik di kelasnya dengan terjual sebanyak 1.346 unit atau meningkat 22.5% dari bulan sebelumnya.

”Hasil pada bulan Oktober ini adalah penjualan tertinggi sepanjang tahun 2009 dan kami bersyukur atas pencapaian dan juga penghargaan yang telah didapatkan tersebut, semoga hal ini merupakan sinyal positif dari perkembangan pasar otomotif nasional yang juga mencerminkan kondisi makro ekonomi nasional. Untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan, Toyota selalu memberikan yang terbaik baik produk dan layanan bagi pelanggan setia Toyota di Indonesia,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Kembalikan Performa Kendaraan Setelah Melakukan Perjalanan Panjang

Libur panjang telah usai. Perjalanan panjang juga telah dirampungkan. Kini mayoritas kendaraan, apa itu mobil atau motor di perkotaan kembali ke fungsi awalnya. Sebagai kendaraan pribadi jalur dalam kota, dengan rentang perjalanan yang lebih pendek.

Setelah menempuh perjalanan panjang, kendaraan perlu diperhatikan secara seksama agar tetap sehat. Siapa tahu setelah diajak menempuh perjalanan jauh kendaraan kita mengalami sedikit masalah. Atau ada perubahan settingan.

Berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan patokan untuk memastikan kesehatan kendaraan setelah menjalankan tugas mengantar libur panjang.

1.Eksterior dan Interior

Bersihkan bagian eksterior dan interior kendaraan dari kotoran-kotoran. Bila terlalu lama menempel, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat body (eksterior) kendaraan kusam dan cacat. Pada bagian interior, kotoran yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau tak sedap.

2. Ban

Periksa kondisi kembang ban dan tekanan anginnya. Jangan lupa menormalkan kembali tekanan angin ban (sebelum melakukan perjalanan panjang biasanya pengendara menambah tekanan angin untuk menghindari terjadinya hydroplanning).

3. Air

Periksalah air aki, air radiator, dan air washer wiper dari kemungkinan berkurang. Tambahkan bila jumlahnya di bawah batas minimum.

4. Oli

Periksalah oli-oli pada mesin, persneling, gardan, power steering, rem, kopling. Cek kualitas dan kuantitasnya seperti yang pernah dilakukan saat mempersiapkan perjalanan panjang.

5. Mesin

Periksa tenaga mesin dan suara-suara yang timbul di mesin. Apakah masih normal atau tidak? Anda perlu memberi perhatian lebih serius kalau tenaga mesin terasa berkurang dari biasanya dan banyak muncul suara-suara tidak normal. Bila muncul gejala-gejala ini, sebaiknya bawa kendaraan Anda ke bengkel.

6. Penggerak-penggerak

Periksa kopling, persneling, kopel, gardan, as, bearing roda, termasuk juga roda-roda. Dengarkan baik-baik apakah muncul suara-suara yang tidak normal saat kendaraan bergerak.

7. Lampu-lampu

Periksa semua lampu kendaraan Anda dari kemungkinan putus. Penggunaan lampu yang lebih lama dan frekuensi yang lebih tinggi lebih memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan.

8. Kaki-kaki

Cermati pula bagian yang menahan beban paling berat selama perjalanan. Periksa keausan ban, kaki-kaki dan suspensi. Beban yang diangkut, kondisi jalan, serta jarak tempuh sangat mempengarui settingannya. Periksa baut-baut pengikatnya ada yang kendur atau tidak.

9. Jurus Terakhir

Jika malas dan pingin praktis. Bawa kabur saja kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel langganan serta ke tempat pencucian mobil. Mobil minta di tune up ulang, ganti sukucadang yang dirasa sudah mendekati aus atau mendekati masa ketahanannya. Dan jangan lupa untuk melakukankelibrasi ulang kaki-kaki melalui spooring dan balancing.