Sabtu, November 21, 2009

Rebutan Pasar di Pengujung Tahun - Kompas

Release Date : Jumat, 20 November 2009
Media : Kompas, at page 40, size 840 mmk
Journalist : (OSA)
Source : Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan, Wakil Presiden Direktur ADM Sudirman MR, CEO PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin

Dua prinsipal kendaraan bermotor, Toyota dan Daihatsu, tak ingin melepaskan momentum terbaiknya menjelang akhir tahun 2009. Keduanya sama-sama menyodorkan mobil berpersneling otomatik.

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan produk terbaru andalannya, New Avanza bermesin 1.300 cc matik, yakni Avanza 1.3 seri G A/T dan Avanza 1.3 seri E A/T. Peluncuran dilakukan di Hotel Four Seasons di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11).

Hari berikutnya, tak jauh dari daerah itu, sekitar 1,5 kilometer, tepatnya di Taman Menteng, Jakarta Pusat, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Xenia 1.3 Xi A/T.

Baik TAM maupun ADM sama-sama menyebutkan bahwa mobil berpersneling otomatik merupakan tren masa depart. Kendati New Avanza mendapatkan respons positif dari masyarakat, TAM tetap ingin mewujudkan inovasi terus-menerus dari setiap produknya dan memberikan pilihan lebih luas kepada pelanggan.

Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan mengatakan, "Varian ini dihadirkan untuk memberikan alternatif kendaraan yang lebih nyaman di kelas mesin 1.3 liter, khususnya untuk lalu lintas perkotaan yang rentan macet maupun kondisi jalan yang berkelok naik turun. Dengan hadirnya dua varian ini, pelanggan Avanza kini memiliki enam pilihan dengan tipe 1.5 S A/T dan tipe 1.3 E M/T. Kami berharap variasi ini makin menguatkan posisinya sebagai mobil paling ideal bagi keluarga."

Adapun Daihatsu total memiliki lima varian, yakni Xenia 1.0 Mi, Xenia 1.0+, Xenia 1.0 Li, Xenia 1.3 Xi M/T, dan Xenia 1.3 Xi A/T.

Avanza dan Xenia adalah dua mobil yang terlaris di Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan Avanza per Januari-Oktober 2009 mencapai 75.505 unit. Jumlah ini melampaui periode tahun 2008 yang sama, 20,1 persen, yakni 62.866 unit.

Sementara itu, penjualan Xenia pada Januari-Oktober 2009 mencapai 31.231 unit. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2008 yang mencapai 24.494 unit, jumlah penjualannya sudah naik 27,5 persen.

Johnny menekankan, peningkatan penjualan semestinya bukan hanya hasil upaya industri otomotif dalam memberikan penawaran menarik kepada konsumen. Pembangunan infrastruktur jalan, pelabuhan, dan bandar udara juga sangat memberikan andil besar bagi penjualan otomotif. Tentunya, pemerintahlah yang memiliki kewenangan untuk mendorong pembangunan infrastruktur secara luas.

Wakil Presiden Direktur ADM Sudirman MR mengatakan, surat pemesanan kendaraan Xenia diharapkan naik sebanyak 500 unit dengan adanya Xenia otomatik ini. Awal tahun depan diperkirakan kontribusi Xenia matik bisa 250-300 unit per bulan.

CEO PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin menambahkan, pengujung tahun menjadi pertaruhan besar. Keyakinan ini diperoleh dari tahun-tahun sebelumnya bahwa penjualan otomotif cenderung naik menjelang akhir tahun.

"Apalagi, penjualan sampai bulan Oktober sesungguhnya sudah melampaui periode yang sama tahun lalu. Ini menandakan perekonomian mulai pulih," kata Suparno.

Harga Toyota New Avanza 1.3 G matik mencapai Rp 156,55 juta per unit. Sebagai pembanding, tipe 1.3 G manual seharga Rp 146,55 juta dan tipe 1.5 S matik seharga Rp 169,5 juta.

Sementara Daihatsu Xenia Xi A/T standar dibanderol seharga Rp 139,7 juta (on the road untuk Jakarta dan sekitarnya). Untuk menstimulasi pasar, paket aksesori tambahan yang diaplikasikan pada varian matik yang disebut Xenia Xi A/T Full Accessories seharga Rp 5,9 juta. Jadi, harga Xenia otomatik yang lengkap mencapai Rp 145,6 juta per unit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar