Sabtu, Maret 13, 2010



Toyota Kembali Favorit Di Paman Sam

Amerika Serikat – Kepercayaan masyarakat dunia terhadap Toyota memang tak perlu diragukan lagi. Di salah satu pasar otomotif terbesar di dunia, yaitu Amerika Serikat, Toyota masih menempati peringkat atas.

Rata-rata masyarakat Paman Sam tetap memilih mobil-mobil Toyota sebagai kendaraan pribadi. Tak mengherankan catatan penjualan pada Februari 2010 lalu sangat impresif dan membuktikan bahwa Toyota senantiasa menjadi pilihan utama.

Di Amerika Serikat, Toyota tak hanya dominan pada hasil penjualan mobil hybrid, melainkan juga di kelas passenger cars. Rata-rata mobil Toyota lebih unggul penjualannya bila dibandingkan merek-merek pabrikan otomotif dari Eropa dan Asia lainnya.

Berikut data angka penjualan dari Toyota/Lexus/Scion pada Februari 2010 lalu:

Kelas Light Truck (truk atau pick up ringan)
- Toyota menempati peringkat ke 3 dari 32 pabrikan otomotif, dengan angka penjualan 33.413 unit atau menguasai market share sebesar 9,1 persen.
- Khusus produk Toyota Tacoma menempati peringkat pertama di kelas small pick up dengan angka penjualan sebesar 8.325 unit atau menguasai 45,6 persen (prosentase ini nyaris dua kali lipat dari kompetitor terdekat).

Kelas SUV
- Pada kelas Luxury SUV, Toyota berhasil menempatkan Lexus RX350/450h di peringkat pertama dengan angka penjualan 5.694 unit, atau menguasai 24,3 persen (prosentase ini nyaris dua kali lipat dari kompetitor terdekat).

Kelas Passenger Car
- Toyota Corolla rangking kedua dengan penjualan 16.996 unit.
- Khusus segmentasi kelas Subcompact, Toyota Corolla meraih peringkat pertama dengan prosentase 14,9 persen.
- Toyota Camry menempati peringkat ketiga dengan penjualan 16.552 unit.
- Toyota Camry meraih peringkat kedua di segmen Standard Midsize dengan prosentase 10,2 persen.
- Toyota Yaris meraih peringkat ketiga di kelas Entry Subcompact dengan 14,2 persen.
- Scion tC menempati peringkat ketiga di kelas sporty Subcompact dengan menguasai pasar 13,5 persen.
- Lexus LS menduduki peringkat kedua di kelas Prestige Luxury Sedan dengan prosentase 25,8 persen.

Kelas Khusus Hybrid
- Secara total khusus penjualan mobil-mobil hybrid, Toyota menempati peringkat pertama dengan angka penjualan sebesar 10.957 unit atau menguasai pasar hingga 35,5 persen.
- Toyota Prius sebagai mobil hybrid dengan raihan peringkat pertama. Menguasai penjualan hingga 56,3 persen dari seluruh jenis mobil jenis passenger cars dan juga menguasai 47,8 persen dari seluruh penjualan mobil hybrid.
- Lexus RX450h meraih peringkat pertama di segmen kelas Hybrid Light Trucks dengan menguasai pasar sebesar 35,2 persen.
- Toyota Highlander Hybrid meraih peringkat ketiga di kelas Hybrid Light Trucks dengan prosentase 13,4 persen. (*)

Toyota Prius dan Lexus LS460L Terbaik Versi Consumer Reports

Toyota Prius kembali meraih penghargaan prestius di dunia, Consumer Reports' top pick untuk mobil ramah lingkungan. Ini tahun ke tujuh berturut-turut Prius memenangkan penghargaan ini. Dan model terbaik tahun ini adalah Lexus LS460L yang menyisihkan lebih dari 280 model lain yang diuji.

Penilaian itu berdasarkan nilai rata-rata tes jalan dan nilai predicted reliabilty yang dilakukan majalah itu. Penilain majalah ini menjadi acuan banyak pembeli mobil untuk menentukan mobil pilihanya.

Toyota Prius menjadi mobil hybrid paling populer di Amerika Serikat. Total penjualannya berlipat kali dibandingkan mobil-mobil hybrid buatan Ford Motor Co., yang merupakan produsen hybrid kedua terbesar di Amerika Serikat. Bahkan selama Februari ini, penjualannya naik 10%.

Lexus LS460L merupakan flagship Lexus yang menawarkan kombinasi kecanggihan teknologi, kualitas terbaik dan kualitas craftmanship yang luarbiasa. LS460 menjadi salah satu model paling disukai di kelas premium.

Majalah Consumer Reports juga menempatkan Toyota sebagai salah satu dari produsen mobil terbaik di dunia.

Kedua model itu, Toyota Prius dan Lexus LS460L -yang sudah dipasarkan di Indone