Jumat, Oktober 30, 2009

Toyota PRIUS raih Japan Car Of The Year

Setelah melewati persaingan yang sangat ketat, Toyota Prius berhasil meraih penghargaan 2009 - 2010 Japan Car of the Year, mengungguli Honda Insight dengan selisih nilai paling tipis dalam 30 tahun sejarah penyelanggaran penghargaan ini.

Pemilihan ini melibatkan 61 juri yang terdiri dari wartawan otomotif dan 100 perwakilan industri otomotif. Selisih dengan Honda Insigh hanya 42 poin, selisih paling kecil dalam sejarah penghargaan ini. Prius mendapat 433 poin dan Insight 391 poin.
Ini kemenangan kedua bagi Prius setelah tahun 1997. Tahun lalu Toyota iQ menjadi Japan Car of the Year.

Volkswagen Golf diposisi ketiga dengan nilai 186 poin. Golf juga terpilhi sebagai Import Car of the Year. Mitsubishi i-MiEV diposisi ke-empat sekaligus dianugrahi special award, Most Advanced Technology

Mobil yang berhak dipilih adalah model baru ataupun redisain yang diluncurkan antara 1 November tahun sebelumnya hingga 1 Oktober tahun yang berjalan. Yang paling banyak dipilih Juri, dialah yang menang.

Untuk memperingati 30 tahun penghargaan ini, Pameran Mobil Tokyo menampilkan kembali 30 mobil yang pernah menjadi Japan Car of the Year. Mulai dari Mazda Familia hatchback tiga pintu (1980-1981) hingga Toyota iQ (2008-2009).

Prius generasi ketiga ini menjadi model paling laris di Jepang dalam lima bulan terakhir. Praktis sejak diluncurkan di Jepang Mei 2009 model ini selalu jadi yang terlaris. Di Amerika Serikat, Prius jadi pelanggan sepuluh besar mobil paling laris. Beberapa penghargaan lain yang pernah diterima Prius adalah Japan Car of the Year 1997, Nort American car of the Year 2004, European Car of the Year 2005 dan lainnya.

Kamis, Oktober 29, 2009

CITY CAR MASA DEPAN

Pameran Tokyo Motor Show 2009 menyingkap lebih banyak masa depan teknologi mobil listrik, seperti tercermin dari Toyota FT-EV II concept car yang diperkenalkakn di pameran ini.

Dengan teknologi baterai baru dan disain radikal yang belum pernah ada sebelumnya, mobil konsep ini menunjukkan bakal seperti apa mobil listrik kelak. Inilah visi Toyota terhadap kendaraan masa depan.

FT-EV II sebenarnya penyempurnaan evolusioner dari FT-EV concept yang sudah ditampilkan di 2009 Detroit Auto Show. FT-EV II adalah cikal bakal city car bertenaga listrik masa depan.

FT- EV II lebih kecil dari model Toyota manapun, bahkan dibandingkan micro-car Toyota iQ (mobil empat penumpang terkecil di dunia). Dengan ukuran sekecil itu, FT-EV II masih bisa mengakomodasi empat orang dengan layout tiga plus satu, seperti Toyota iQ. Komposisinya tiga orang dewasa dan satu anak. Jika tidak dipakai, kursi anak juga bisa dirubah fungsinya jadi tempat barang. Kunci efisiensi ruang FT-EV II adalah penataan yang teliti dan berhati-hati soal penempatan baterai dan motor listrik. Hasilnya, ruang depan yang bisa dimanfaatkan untuk kompartemen penumpang.

Pintu geser memudahkan akses keluar masuk. Pintu model ini sangat praktis untuk daerah perkotaan yang memiliki tempat parkir terbatas, dimana jarak antar antar mobil yang diparkir sangat sempit.

Motor listriknya bisa menggerakkan mobil ini hingga 100km/jam dengan kemampuan jelajah hingga 90km.

Yang paling mencolok di interiornya adalah absennya roda kemudi, digantikan tongkat kendali mirip yang dipakai pesawat.

Toyota juga mendisain kaca depan yang sangat lebar. Kaca seperti ini, selain memperbaiki daya pandang pengemudi juga penumpang didalamnya merasa lapang.

Menurut Toyota, FT-EV II akan menggunakan baterai yang jauh lebih canggih dari Lithium-ion, baterai terbaik saat ini. Seperti diketahui, Toyota sedang mengembangkan teknologi baterai yang memiliki kemampuan menyimpan energi hingga 10 kali lipat dibandingkan Li-ion namun berat dan dimensinya lebih kecil. Baterai ini diperkirakan bisa diaplikasikan secara massal di mobil listrik dan hybrida pada dekade mendatang.

“Kami mencari sesuatu yang lebih baik dari Lithium-ion baterai,” kata Akihiro Yanaka, project manager untuk mobil-mobil canggih Toyota. Dengan menggunakan baterai lebih canggih itu, ukuran baterai bisa dibuat lebih ringkas, sementara peformanya justru meningkat. Itulah sebabnya Toyota mendisain FT-EV II begitu mungil, bahkan lebih kecil dari FT-EV.

Toyota tidak berhenti pada upaya meningkatkan efisiensi sistem pengerak seperti motor listrik dan baterai. Yataka memaparkan, Toyota juga berupaya meningkatkan efisiensi komponen-komponen lain. Contohnya AC, yang termasuk boros energi. Upaya ini untuk mengurangi beban sumber energi.

”Kami berupaya mendapatkan metode yang lebih efisien untuk menciptakan comfort. Anda tidak perlu memanaskan atau mendinginkan seluruh kompartemen penumpang, bila anda bisa mendinginkan atau memanaskan tubuh penumpangnya saja,” kata Yataka.

YARIS SHOW OFF 2009, WAKIL SURABAYA TERPILIH

Release Date : Kamis, 22 Oktober 2009
Media : Otomotif, at page 40, size 1000 mmk
Source : Ahmad Rizal, marketing communication manager PT TAM

Gaung acara Yaris Show Off kembali terdengar nyaring. Seri pertama Yaris Show Off Surabaya road to Jakarta, kontes modifikasi yang diadakan PT Toyota Astra Motor (TAM) sukses diselenggarakan di Surabaya Town Square (Sutos), sabtu (10/10) kemarin. Banyak hal baru yang mencuat dari gelaran ini, seperti kian melekatnya gaya hidup pada modifikasi yang dilakukan. Hal ini seiring tema Yaris Show Off tahun ini,yaitu New Wave in Car Entertainment.

TREN MODIF AUDIO
Apa yang terlintas di benak Anda soal modifikasi mobil? Bikin besutan jadi lebih indah, atau kencang atau ekstrem? Semua ide bisa dituangkan dengan lugas tanpa batas. Tentunya dengan diiringi harmonisasi dan tren yang sedang merebak.

Dalam hal tren, rupanya PT TAM menangkap fenomena yang terjadi pada kawula muda masa kini. Sehingga dipilihlah tema New Wave in Car Entertainment. "Ada tiga poin utama, yaitu Mobility, Connectivity dan Konvergensi. Anak muda sekarang kan selalu bergaul. Makanya di mobil juga komplet. Selain buat mobile, juga ada hiburan dan tetap bisa komunikasi dengan teman-temannya. Semuanya bisa terkonvergensi jadi satu tanpa banyak alat tambahan," ujar Ahmad Rizal, marketing communication manager PT TAM.

Tema utama itu pun langsung diterapkan pada ajang kontes, salah satunya dengan menyediakan trof i khusus buat audio. Seperti pada kategori Mini Maxi, New Wave, Cosmetic Comfort dan Car Theatre. Lebih menarik lagi, karena persentase penilaian audio kini lebih besar. "Kalau sebelumnya hanya 15% dari total nilai, sekarang menjadi 30%," buka Rendy Surya, salah seorang juri dari Majalah Motor.

Tahu dong maksudnya, selain eksterior dan interior, audio juga dapat porsi penilaian cukup tinggi untuk menghasilkan nilai akhir buat menentukan Best of Region. Yaitu pemenang kontes ini dan sekaligus wakil Surabaya buat Final Battled, Jakarta.

Oh ya, regulasi ini juga diaplikasi sepanjang Yaris Show Off tahun ini. Artinya, siap-siap saja buat seri berikutnya di Medan (24 Oktober), Bandung (7 November), Bali (22 November) dan Jakarta (4-5 Desember). Disinyalir, settingan audio canggih bakal bertebaran di setiap kota.

Mau contoh yang paling mudah? Bisa lihat Best of Region dari Surabaya, yaitu Horison Devara. Pemilik Toyota Yaris S Limited 2008 baru kali ini hadir di Yaris Show Off, namun langsung menyabet posisi terhormat dan bakal ikut Final Battle di Jakarta nanti setelah menyingkirkan sembilan peserta lainnya.

Kaget, haru dan senang campur jadi satu ketika pemenang diumumkan. Mewakili Horison, Evan Sumanto. SE, CPTD, pemilik gerai Auto Concept di JI.Darmo Timur menyebut konsep VIP terbaru, memadukan sporty dan elegan. Audio juga dapat perhatian khusus. "Head unit bisa memainkan musik dengan Bluetooth dan sudah ada GPS. Ada juga koneksi dengan iPod," kata Evan. Meski instalasi sudah total, tetap bakal disentuh ulang buat bekal ke Jakarta nanti. "Kemungkinan akan pakai motorized," bisiknya.

Senin, Oktober 26, 2009

Release Date : Kamis, 22 Oktober 2009
Media : MobilMotor, at page 53, size 275 mmk
Journalist : Uslik Kristinilia
Source : Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor

PT. Toyota Astra Motor (TAM) kembali menempatkan posisi sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia. Agustus berhasil menjual 18.145 unit. Angka ini merupakan angka penjualan tertinggi sepanjang tahun 2009. Kontribusi penjualan terbesar tetap dipegang oleh Avanza dengan penjualan 9.115 unit disusul Kijang Innova dengan penjualan 3.715 unit. Di kelas 4x2 compact, Toyota New Yaris terjual 887 unit atau meningkat 13,4% dibandingkan Juli.

Di kelas sedan, Toyota Camry yang baru diluncurkan Juli lalu berhasil membukukan penjualan sebesar 117 unit. Sementara Toyota Corolla Altis tidak ketinggalan mencetak pertumbuhan sebesar 16% dari bulan sebelumnya, terjual sebanyak 109 unit.

Pada kelas MPV, Toyota Kijang Innova meraih hasil yang positif meningkat sekitar 16% dibandingkan bulan sebelumnya dan angka SPK sebesar 4.078 unit meningkat sebesar 5% dari bulan sebelumnya. Angka ini merupakan angka penjualan Kijang Innova tertinggi sepanjang tahun 2009. "Hasil Agustus ini adalah penjualan tertinggi sepanjang 2009 dan kami bersyukur atas pencapaian tersebut, " ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.