Senin, Juli 07, 2008











Kembali, Djarum Toyota Team Indonesia Sapu Bersih
Fastron Pertamax Indonesia Touring Car Championship Seri ke 3
Sentul, 6 Juli 2008 - Djarum Toyota Team Indonesia (TTI) kembali menorehkan prestasi pada seri ketiga Fastron Pertamax Touring Car Championship 2008 (FPTCC 2008) yang digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor (Minggu, 6 Juli 2008). Djarum Toyota Team Indonesia dengan pembalap berprestasinya, Renaldo P.Koesoemo (Aldo) meraih peringkat pertama pada kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC). Sementara itu pada kelas Grand Touring Car Championship (GTCC), Toyota merajai kejuaraan dengan Haridharma Manopo (Hari) pada peringkat I dan peringkat V oleh Dandy Rukmana. Dengan begitu, Toyota Yaris dan Vios yang mengusung mesin 1 NZ-FE berteknologi VVT-i terbukti memiliki performa tangguh yang telah dibuktikan dengan performanya di ITCC dan GTCC 2008.

Kemenangan pada seri III ini semakin mengukuhkan dominasi Toyota setelah pada seri sebelumnya Toyota Vios dan Yaris juga sukses menjuarai kelas ITCC dan GTCC. Sementara itu, Direktur TTI, Achmad Rizal dan Manager Djarum TTI, Memet Djumhana mengungkapkan bahwa keberhasilan tim yang dipimpinnya merupakan hasil kerja keras dan kerja sama seluruh anggota tim. "Keberhasilan ini akan menjadi kebanggaan semua pihak, tidak hanya Toyota Astra Motor dan Djarum Toyota Team Indonesia, tapi juga seluruh publik yang selama ini mendukung dunia otomotif Toyota," ungkap Rizal. "Kami bersyukur karena strategi kami berjalan sesuai dengan harapan yaitu membawa kami pada kemenangan," Ujar Memet Djumhana, Manajer Djarum Toyota Team Indonesia dengan bangga.

Pada kelas GTCC, Haridharma yang start pada posisi kedua mampu meningkatkan performanya hingga berhasil menempati posisi pertama dan menjadi juara pada akhir perlombaan. Sedangkan Dandy Rukmana berhasil meraih the best lap dengan catatan waktu 1.57,029. Kelas ini berlangsung seru karena melombakan kendaraan pabrikan dengan modifikasi minimum serta menjadi ajang pembuktian dari ATPM akan kehandalan produknya yang juga dijual secara umum dipasaran.

Sementara itu pada kelas ITCC, pembalap tim Djarum TTI, Aldo melengkapi prestasi gemilang Djarum TTI di seri 3 ini dengan kembali menghadirkan podium utama di kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) dengan mengendarai Toyota Vios yang mampu mengalahkan lawan-lawannya yang memiliki kapasitas mesin lebih tinggi.

Prestasi Djarum TTI yang kembali melakukan sapu bersih dalam seri ketiga ini memang merupakan perpaduan antara keunggulan produk, kehebatan pembalap dan kekompakan tim di sirkuit. Dan ini menjadi pembuktian nyata kualitas serta duo performa Toyota Yaris dan Toyota Vios yang menggunakan mesin I NZ-FE dengan teknologi VVT-I untuk efisiensi bahan bakar dan performa.
Konsumen Khawatir Harga Naik: PENJUALAN MOBIL PADA JUNI NAIK 36,21%

Realisasi penjualan mobil pada Juni mencapai 53.700 unit, dipicu oleh tingginya permintaan sebagi antisipasi konsumen atas kemungkinan kenaikan harga. Berdasarkan data Gaikindo yang diperoleh, penjualan kendaraan bermotor roda empat pada Juni secara wholesale (pengiriman dari pabrik ke diler) berhasil membukukan angka tertinggi sejak awal tahun yaitu 41.376 unit.

Pertumbuhan penjualan mobil pada Juni mencapai 36,21% dibandingkan dengan periode yang sama 2007 yaitu 39.424 unit. Secara komulatif, penjualan mobil pada Januari - Juni 2008 mencapai 291.641 unit atau naik 47,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2007.
Angka penjualan Juni sebesar 53.700 tersebut sudah termasuk laporan resmi angka penjualan hampir semua merek mobil kendaraan buatan Jepang yang menguasai lebih dari 90% pasara mobil nasional.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan laju inflasi Juni 2,46% sebagai dampak kenaikan harga BBM bersubsidi tidak memukul pasar mobil nasional.
"Inflasi yang tinggi seharusnya menekan permintaan karena daya beli masyarakat melemah. Inilah salah satu keanehan yang terjadi di pasar mobil nasional," ujarnya.

Amelia memperkirakan konsumen mempercepat waktu pembelian karena menyadari kenaikan harga bahan baku akan mendorong kalangan ATPM meningkatkan harga jual produknya.

Amelia tidak membantah ketika disebut lonjakan permintaan wholesale pada bulan keenam tahun ini lebih disebabkan oleh aksi jaringan diler yang berusaha melakukan penyimpanan stok sebelum kenaikan harga. Secara bisnis, menurutnya, kebijakan memperbanyak stok akan dilakukan jika ada permintaan yang besar dari konsumen.

Marketing & After sales Director PT HPM Jonfis Fandy mengatakan penyesuaian harga BBM dan kenaikan suku bunga acuan memicu percepatan pembelian mobil oleh konsumen. "Industri otomotif akan tetap jalan, dengan catatan selama BI rate tidak melewati 9%.

Untuk Juli, penjualan mobil diperkirakan tetap bergairah, yang ditopang oleh sejumlah event yakni pameran IIMS 2008 dan PRJ. Penjualan mobil nasional bulan ini diperkirakan mencapai 51.000 - 52.000 unit.

Marketing Director PT TAM Joko Trisanyoto mengatakan perusahaan telah menyesuaikan harga jual beberapa jenis mobil keluaran Toyota sejak Januari hingga Juli ini, seperti Avanza, Dyna dan Vios.
Pasar Otomotif Semester I/2008

Bulan >>>Volume (unit)

Januari 41.376
Februari 47.506
Maret 46.721
April 51.640
Mei 50.698
Juni 53.700
Total 291.641

Bisnis ndonesia

TAM AKAN LUNCURKAN NEW ALPHARD

PT TAM kembali merilis van premium New Alphard, setelah peluncuran mobil ini pada perlehatan Indonesia International Motor Show 2008, 11 Juli. TAM tidak memiliki target khusus untuk penjualan seri terbaru New Alphard. Meski manajemen memproyeksikan antusiasme konsumen tetap tinggi seperti seri terdahulunya yang memiliki populasi hingga 1.000 unit.

"New Alphard tergolong bukan unit massal, jadi tidak ada target spesifik," ujar Marketing Communication Manager PT TAM Achmad Rizal.

TAM, lanjutnya, akan membuka kesempatan bagi importir umum ikut memasarkan mobil mewah ini, karena tujuan utama Toyota Astra memasarkan New Alphard di Indonesia untuk membangun citra merek dan memnuhi permintaan konsumen akan layanan purna jual.
Selama ini mobil van premium masuk melalui importir umum.

Minivan generasi terbaru Toyota ini mengalami perubahan yang cukup radikal pada eksteriornya. Desain grill dan lampu depan serta lampu belakang dibuat tajam, sehingga memberi kesan gagah.

New Alphard akan mengusung mesin berkapasitas 3.500cc dengan sistem transmisi otomatis. Mobil berkapasitas enam penumpang akan dibanderol sekitar Rp 1 miliar.
Bisnis Indonesia

NISSAN TARGETKAN KUASAI 30% PANGSA PASAR SUV

Nissan menargetkan meraih 30% pangsa pasar SUV tahun ini, menyusul diluncurkannya All New X-Trail. Mobil yang berada di segmen SUV medium itu dipatok laku terjual 150 unit per bulan.
"Kami harapkan diluncurkannya All New X-Trail, Nissan bisa meraih sekitar 30% dari 30.000 unit SUV yang diperkirakan terjual tahu ini," ujar Deputy Director National Sales & Promotion PT Nissan Motor Indonesia Teddy Irawan.

Kehadiran All New X-Trail diharapkan mampu mendongkrak angka penjualan SUV yang pernah menjadi nomor satu di Indonesia ini. Tampilan All New X-Trail sedikit berbeda dengan pendahulunya. Dengan bentuk fisik yang lebih besar dibandingkan dengan seri sebelumnya, membuat mobil ini terlihat lebih kokoh.

Di segmen SUV medium, Nissan All New X-Trail yang dibanderol Rp 286 juta - Rp 306 juta, akan ketat dengan Honda CR-V, Ford Escape, Suuzuki Grand Vitara.
Bisnis Indonesia