Jumat, Mei 29, 2009

Mengintip Masa Depan Lewat Toyota Hybrid X


Sydney-Toyota Australia akan menampilkan Hybrid X concept car di 2008 Australian International Motor Show di Sydney, seperti yang diumumkan Senin (8/9).


Lewat mobil konsep ini, Toyota memperlihatkan bakal seperti apa mobil hybrid di masa depan. Australia adalah pasar potensial hybrid Toyota di masa depan. Sebelum akhir dekade ini, Toyota Camry Hybrid akan diproduksi di sana.






Hybrid X menunjukkan filosofi disain baru untuk kendaraan hybrid masa depan dari Toyota, juga teknologi yang bakal diaplikasikan di mobil hybrid. Bukan saja teknologi hybridnya yang sangat ramah lingkungan tapi teknologi safety dan pendukung lainnya. Toyota memasang headlamp berteknologi LED di dashboard yan sekaligus bisa menampilkan informasi-informasi seperti jarak aman, akselerasi dan pengereman kepada pengemudi lain atau pedestrian. Pengemudi mendapat informasi seperti aliran energi, konsumsi bahan bakar dan posisi gear dari central control screen.



Disain mobil konsep ini didominasi dua bentuk U yang tercipta dari bentuk kerangka kaca langit-langit dan pilar A dan C yang tidak biasa. Dari atas, terlihat seperti huruf X berukuran besar.


Hybrid X hasil disain ED², styling center Toyota di Eropa yang berbasis di Prancis Selatan. Kendaraan konsep ini memiliki empat kursi, empat pintu dan mengindikasikan kemana disain Toyota yang akan datang. Dimensinya 4500mm x 1850mm x 1440mm (p x l x t) dengan wheelbase 2800mm atau setara dengan ukuran family car.


Toyota mengatakan disain mobil konsep ini akan mempengaruhi seluruh model Toyota, bukan cuma hybrid caradvice.com









Istimewanya Innova Diesel Matik

KOMPAS.com — Ketika sowan ke Mobil88 Cilandak, di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, dan menanyakan Kijang Innova diesel dengan transmisi otomatik, pertanyaan itu langsung dijawab oleh Leovan Widjaja, “Sama saja dengan mencari jarum di jerami. Orang yang membeli Kijang Innova Diesel dengan transmisi otomatik, unik. Mereka tak mau menjualnya lagi, dan benar-benar dipakai.”

Lebih lanjut, ia menjelaskan keunikan pemakai Innova Diesel matik, mereka berani bayar mahal. “Di antara seluruh Innova, paling mahal (adalah) mesin diesel dengan transmisi otomatik,” ungkapnya sembari melihat daftar harga Innova diesel matik. Saat ini, Innova transmisi otomatik varian V dijual Rp 285.100.000, sedangkan varian atau grade G Rp 254.300.000.

Contoh unik konsumen Innova diesel matik adalah Ardianto. Ia memiliki Kijang Innova Diesel transmisi otomatik produksi 2005 dengan mesin yang telah dimodifikasi sedikit. Di samping itu, agar benar-benar nyaman berada di dalamnya—karena sering digunakan ke luar kota—dilengkapi pula dengan peredam. Hasilnya, selain mesin makin agresif, juga makin nyaman. Dan tak kalah penting, biaya operasionalnya tidak banyak menguras kantong.

Khusus Diesel Matik. Berdasarkan data yang diperoleh KOMPAS.com dari PT TAM, Innova Diesel matik mendapat perlakuan khusus dibandingkan versi transmisi manual. Meski mesin sama, begitu juga tenaga yang dihasilkan, torsi Innova Diesel transmisi otomatik lebih besar. Kalau Innova Diesel manual torsinya 200 Nm @1.400-3.200 rpm, maka pada transmisi otomatik 260 @1.600-2.400 rpm.

Tidak hanya torsi yang bertambah, hasil itu juga diperoleh pada putaran rendah, yaitu 1.600-2.400 rpm. Hasilnya, Innova Diesel dengan transmisi otomatik ini, tenaganya terasa kuat. Di samping itu, Innova ini makin nyaman saat digunakan pada jalanan macet atau tanjakan.

“Memang, saat dites wartawan, mereka bilang, justru tenaga Innova Diesel lebih responsif,” ujar Iwan Abdurachman, dari bagian Training PT TAM. “Kendati mesin yang digunakan sama, namun program komputernya berbeda. Pada Innova Diesel matik, torsi diprogram lebih besar. Di samping itu, dihasilkan pada putaran lebih rendah dibandingkan manual," ungkapnya.

Transmisi otomatik Innova makin canggih. Kerjanya dikontrol secara elektronik atau ECT (electronic control transmisssion). Versi terbaru pengoperasiannya lebih gampang karena menggunakan tipe “gate”. Tidak ada lagi tombol “shift lock” dan “overdrive”. Semua sudah diaturkan antara komputer mesin dan transmisi.

Dengan karakteristik khusus tersebut, selain bertenaga, tentu saja sangat nyaman digunakan pada kondisi jalanan yang macet. Kaki kiri tak perlu lagi mengoperasikan kopling, pengoperasian transmisi juga jauh lebih mudah. Namun, itu tentu saja tetap irit. Wajar dicari!

Perbandingan gigi transmisi otomatik Innova Bensin dan Diesel

Gigi

Diesel

Bensin

1

2,084

2,826

2

1,531

1,493

3

1,000

1,000

4

0,705

0,730

Mundur

2,393

2,703

sumber: Kompas.com

Puluhan Mobil Kontes Tambah Semarak IIMS

Jakarta - Pameran mobil 17th Indonesia International Motor Show akan diramaikan dengan kontes audio mobil terbaik dalam Car Audio Show (CAS).

Komunitas penggemar Audio mobil dan pencinta otomotif akan mendapatkan peluang untuk menyaksikan mobil demo dari masing-masing Brand Audio terbaik yang memiliki perangkat audio dan bentuk desain unik dan fantastis.

Sekitar 25 mobil demo akan bersanding untuk meraih tiket sebagai Demo Car terbaik dalam ajang IIMS 2009 yang akan digelar pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2009 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Selain Demo Car, berbagai kategori kontes dalam Car Audio Show juga akan menjadi suguhan yang membuat pengunjung betah berlama-lama, antara lain: Car Contest, Sound Quality Contest, Sound Pressure Contest, One Make Race Class.

"Setiap hari selama delapan hari akan diadakan rolling menampilkan sekitar 16 peserta per hari. Dengan demikian tidak kurang dari 128 peserta Car Contest ditargetkan untuk bersaing memperebutkan The Best Car Contest," ujar Pelaksana Project CAS IIMS 2009 Roy Kurniawan dalam siaran pers yang diterima detikOto, Selasa (27/5/2009).

Sementara untuk kategori Sound Quality Contest yang berfokus pada kontes kualitas suara berdasarkan nilai barang akan dibagi dalam 4 sub kategori, yakni: 15million class, 30million class, 60million class dan Free For All Class.

Khusus untuk 15million Class akan dikelompokkan menjadi 2 group yakni 15million Class Beginner dan 15million Class Expert.

Roy menuturkan kelas Beginner khusus disediakan bagi pendatang baru yang belum pernah mengikuti kontes, sedangkan kelas Expert disiapkan bagi peserta yang sudah pernah mengikuti kontes.

Dengan demikian diharapkan kontes berlangsung lebih adil dan pendatang baru lebih punya nyali untuk berpartisipasi.

Untuk yang hobi menggeber musik, Sound Pressure Contest menjanjikan pertunjukkan yang pasti seru.

Peserta kontes akan unjuk kemampuan menampilkan audio dengan kekencangan suara yang bertujuan untuk mendapatkan desibel tertinggi.

Bagi audio mania yang ingin menguji kreasi dan kemampuan merakit dapat mengikuti One Make Race Class Contest.

Untuk kategori ini para peserta akan bertarung membuat Sound Quality dan SPL terbaik dengan barang-barang yang telah ditentukan panitia. Setiap peserta akan merakit barang yang sama yang disediakan oleh sponsor.

Para pemenang kontes dari seluruh kategori kontes CAS berhak memajang dan memamerkan keunggulan prestasi mereka di Hall of Fame Day pada hari terakhir penyelenggaraan pameran.

Kamis, Mei 28, 2009



Toyota China Mulai Produksi Highlander

China – Masih tingginya angka penjualan otomotif di China di tengah badai krisis ekonomi dunia, semakin menjadikan Toyota Motor Corporation (TMC) optimis untuk segera memproduksi Toyota Highlander. Menjalin kerjasama dengan perusahaan otomotif setempat, Guangzhou Automobile Group, Toyota Highlander diperkirakan akan mampu terjual sebanyak 20.000 unit hingga akhir 2009.

SUV macho dengan garis body lebih tegas ini akan dirakit di pabrik GAC Toyota Motor Company, atau biasa disebut GTMC. “Untuk sekian lama kami memposisikan China sebagai pasar otomotif terpenting. Terlebih kami mendapatkan dukungan yang positif dari Pemerintah China dan daerah setempat,” kata Takeshi Uchiyamada, TMC Executive Vice-President.

Toyota Highlander telah mulai masuk pasaran otomotif China sejak 25 Mei 2009 lalu. SUV yang masih kinyis-kinyis di berbagai showroom dealer Toyota di China ini, sebelumnya telah dipamerkan pada ajang Shanghai Auto Show 2009 awal tahun lalu. Di ajang pameran otomotif terbesar di Negeri Tirai Bambu, Toyota Highlander mendapatkan respon yang sangat positif dari para pengunjung.

Dalam meluaskan ekspansi pasar di China, selain Highlander yang telah diproduksi di GTMC adalah Toyota Camry dan Yaris. Toyota Camry diproduksi di China sejak Mei 2006, sedangkan Yaris mulai Mei 2008. (*)



Toyota Genjot Produksi Prius

Toyota Motor Corp. meningkatkan produksi Prius terbaru untuk memenuhi permintaan yang jauh lebih tinggi dari permintaan. "Kami mempertimbangkan langkah-langkah meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan," kata jurubicara Toyota, Paul Nolasco, Rabu (27/5).

Permintaan Toyota Prius terbaru di Jepang sudah mencapai 80,000 unit saat model ini diluncurkan di Jepang. Toyota sendiri menargetkan menjual 100,000 unit di pasar domestik Jepang sepanjang 2009.

Bahkan Kyodo News melaporkan permintaan Prius sudah mencapai 110,000 unit, dan produksi bulanan sudah ditingkatkan dari 43,000 unit/bulan menjadi 50,000 unit perbulan, namun Toyota menolak mengkonfirmasi itu.

Penjualan mobil-mobil ramah lingkungan di Jepang memang mengalami peningkatan sejak pemerintah memberi keringanan pajak untuk mobil jenis ini pada bulan April 2009. Insentif tambahan - bila lolos di parlemen akan mendorong lebih kuat penjualan mobil ini di akhir tahun.

Merespon tingginya permintaan Prius di Jepang dan turunnya permintaan terhadap mobil-mobil irit bensin di Amerika Utara mendorong Toyota untuk mempertimbangkan mengubah alokasi produksi. Meskipun kelompok pengiriman pertama Prius baru akan tetap di kirim ke pasar luarnegeri, namun sebagian akan tetap berada di Jepang.

Menurut Yoshimasa Ishii, managing officer for overseas marketing Toyota kepada Automotive News, "Perusahaan akan mengkaji rencana penjualannya dan re-alokasi rencana produksi."

Toyota memproduksi Prius di dua pabrik di Jepang dan satu pabrik di China (khusus untuk pasar negeri itu). Namun kapasitas produksi dirasa terbatas, apalagi sejak Toyota menunda rencana memproduksi Prius di USA, pasar terbesar mobil hybrid ini.

Senin, Mei 25, 2009

Toyota Rangkul Komunitas TK

Jakarta - Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei 2009 lalu, dimanfaatkan oleh PT Toyota-Astra Motor dengan mengadakan lomba bagi para pendidik Taman kanak-kanak.

Kompetisi ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan bertutur guru kepada anak didik, serta membentuk pola tertib lalu lintas kepada anak melalui tema lomba yaitu "Nyaman Karena Sopan di Jalan."

"Taman kanak-kanak dan lembaga pendidikan usia dini adalah fondasi utama pendidikan di sekolah, karena itu, kami ingin mencoba merangkul komunitas pemerhati dan pendidik di jenjang ini, menyusul kegiatan kami di jenjang pendidikan lebih lanjut," kata Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan di sela-sela acara yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (25/5/2009).

Konsistensi Toyota, lanjut Johnny, dalam kegiatan ini, selain demi meningkatkan keterampilan guru, tentu saja ditujukan untuk memotivasi pihak-pihak terkait agar lebih peduli akan kualitas pendidikan nasional.

Selain itu, acara kali kedua yang diadakan PT TAM ini dimulai sejak akhir 2008 mengalami peningkatan.

Dari 400 peserta di tahun lalu, Toyota Bercerita kini diikuti 660 peserta di wilayah Jabodetabek pada tahun ini.

"Saya senang sekali dengan bertambahnya peserta, dan kami terus mencoba memberi perhatian terhadap environment sekolah-sekolah" ujar Johnny.

Acara yang diperuntukan bagi guru dan muridnya ini pun semakin bervariatif, peserta lomba Toyota bercerita adalah para guru diminta untuk bercerita di sekolah masing-masing dan anak didik diberi tugas menggambar sesuai cerita.

Selanjutnya para guru harus mengirimkan seluruh karya muridnya kepada panitia.

Adapun dewan juri terdiri dari Ratih Sanggarwati, Kak Kusomo, Silih Agung Wasesa dan Widyawati. Setelah melalui proses penjurian, dewan juri menetapkan Aidha Zalidar Mirza dari TK Al-Hamif Creatve School, Bekasi sebagai pemenang pertama.

Kedua diraih Muryani dari TK Amar Ma'ruf, Jakarta Timur dengan judul cerita Nyaman Karena Sekolah, sedang pemenang ketiga dengan judul Tertib Lalu Lintas diceritakan oleh Ani Ummu Hany dari TK Fatahilah, Jakarta Pusat. Para pemenang tersebut berhak atas hadiah wisata ke Bali.

IIMS 2009 Digelar Tanpa Ford

Jakarta - ATPM yang absen di ajang 17th Indonesia International Motor Show 2009, Juli mendatang bertambah lagi.

Setelah Suzuki, Nissan, Isuzu, KIA, Peugeot, Renault, Chevrolet serta BMW, kini Ford juga menyatakan tidak ikut serta dalam ajang yang yang diselenggarakan di Expo Kemayoran, Jakarta.

Ford Motor Indonesia absen dikarenakan keterbatasan biaya yang dimiliki produsen
asal Amerika ini.

"Terbatasnya budget kegiatan pemasaran terkait dengan industry yang menurun di 2009," ungkap Direktur Pemasaran PT FMI, Davy Tuilan dalam surat elektronik yang diterima detikOto, Senin (18/5/2009).

Selain itu, lanjut Davi, lokasi IIMS 2009 yang terletak di Expo Kemayoran, Jakarta Utara juga menjadi perhitungan PT FMI untuk pamer mobil-mobil Ford.

"Lokasi IIMS di Kemayoran kurang maksimal untuk event IIMS," cetusnya.

Padahal, PT FMI berencana akan mendisplay Ford Fiesta ke tengah mata masyarakat Indonesia ketika di ajang IIMS 2009.

Ketika disinggung mengenai hal ini, FMI sedikit menjawab perihal kedatangan Ford Fiesta, tetapi, FMI tidak memberitahukan kapan Ford Fiesta akan didisplay

"Rencana untuk mendisplay Ford Fiesta diundur, namun, Ford Fiesta tetap hadir untuk menjumpai masyarakat Indonesia, tunggu saja tanggal mainnya," tukasnya.