Sabtu, Mei 22, 2010

Kursi baru lebih ringan dan ramping

Toyota mengembangkan generasi baru kerangka kursi yang lebih ringan sehingga bisa ikut berkontribusi meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kerangka kursi ini dibuat oleh produsen kursi Toyota Boshoku America (TBA)dan nantinya akan diproduksi secara global.

TB-NF110 -demikian namanya, terdiri dari empat elemen dasar yaitu dudukan kursi, per dudukan, sandaran dan per sandaran. Kursi ini bisa dipasang di beragam jenis mobil, juga posisinya bisa di atur secara manual maupun elektrik.

Menurut TBA, disain kursi baru ini membuat berkendara jadi lebih nyaman dan tidak mudah lelah. Kursi baru ini menyangga tubuh dengan nyaman.

Bobotnya yang lebih ringan karena menggunakan high-tensile steel yang lebih ringan tapi kuat dibandingkan baja biasa. Penggunaan material baru ini memangkas berat hingga 10% dibandingkan versi lama. Arsitektur baru dan bentuk-bentuk baru dari parts penyusunnya, memungkinkan TBA mengurangi jumlah komponen dan titik pengencangan baut hingga 25%.

Penyempurnaan struktur ini juga membuat sandaran kursi jadi lebih tipis yang ujungnya ruang interior jadi lebih lapang karena ruang kaki penumpang belakang lebih besar.

Kursi baru ini pertamakali akan dipakai di 2011 Toyota Sienna. Produksi oleh Toyota Boshoku Indiana.
Toyota Boshoku juga akan mengembangkan kerangka untuk kursi belakang. Toyota Boshoku Corp. berkantor pusat di Kariya City, Jepang. Memiliki fasilitas produksi di 80 lokasi di 22 negara. TBA berbasis di Erlanger dan tidak hanya membuat kursi, tapi juga system interior mobil lainnya seperti door trim, langit-langit, karpet, hingga filter udara.

Kamis, Mei 20, 2010

Toyota rilis spek Aurid Hybrid

Toyota Inggris merilis spesifikasi resmi Auris Hybrid termasuk harga dan dan kelengkapannya. Versi hybrid dari Auris -dibangun dari platform Corolla- menggunakan mesin 1.8 liter VVT-i bensin dan motor listrik. Total power 134hp. Tenaga sebesar ini bisa memberikan kemampuan akselerasi dari diam ke 100km/jam dalam 11.4 detik. Tenaga itu terus mengalir ke roda hingga kecepatan maksimal 181km/jam.

Kendaraan keluarga dengan alloy wheel 15 inch ini cukup ramah untuk anggaran rumah tangga karena konsumsi bahan bakarnya 3.8 liter tiap 100km. Sementara emisinya ramah untut lingkungan, yaitu 89g/km. Wow! angka yang luarbiasa.

Jika menginginkan tampilan lebih stylish, Auris Hybrid bisa memakai alloy wheel 17 inch. Namun konsumsi bahan bakarnya sedikit terpengaruh yaitu jadi 4 liter tiap 100km dan emisinya 93g/km. Sementara emisi NOx Auris jauh lebih kecil dari yang di emisikan mesin-mesin diesel dengan peforma serupa.

Dan salah satu keunggulan teknologi hybrid Toyota, Auris juga bisa menjelma jadi mobil zero-emission yaitu saat hanya beroperasi dengan motor listrik saja. Daya jelajah dengan motor listrik mencapai 1.9km dengan kcepatan hingga 48km/jam.

Di Inggris, Auris Hybrid hadir dengan dua varian berdasarkan kelengkapannya, yaitu T4 dan T Spirit. T4 menggunan alloy wheel 15 inch dan optional 17 inch. Sedangkan pada T Spirit menggunakan alloy wheel 17 inch sebagai standar.

Fitur standar pada T4 meliputi climate control AC, 6 speaker, CD, radio, MP player, koneksi USB dan aux-in, electric wondows di semua jendela, lampu LED, 7 airbags, push button start, hingga fitur keselamatan canggih seperti Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TC) juga Hill-starts Assist Control yang membantu pengemdi ketika harus start di tanjakan.

Sedangkan T Spirit memiliki kelengkapan seperti T4 ditambah fitur kenyamanan dan kemudahan seperti pelapis interior dari kulit dan alcantara, cruise control, Bluetooth, Dusk-sensing headlamps, Rain-sensing windscreen wipers, Smart Entry and Start dan Rear view camera yang citranya ditampilkan di rear view mirror,