Jumat, Januari 02, 2009

Beijing-Shang Hai Tour

BEIJING-SHANG HAI TOUR
21/12/08 - 1/1/09

1. Hari ke 1 (21/12/08) Minggu

Tour yang di Pimpin oleh Sandy=08158008136, dengan pesawat GARUDA (GA 890) jadwal 22.00 (Delay ke 22.45) transfer via Singapore menuju Beijing dengan lama penerbangan Jam, tiba Jam 08.45. Tour via CHAN-BROTHERS ini beranggota 16 orang (5 Keluarga) yaitu keluarga Su Phin, Ferry, Jono Suhendi, Christopper, & Hendrik dengan Tour Leader Mr.Sandy=08158008136.

2. Hari ke 2 (22/12/08i) Senin

Tiba di Beijing dijemput oleh He Cing Cing (Tour Guide Local) yang akan membawa team kami untuk city tour.

Luas Beijing 16.000 km persige (2 kali Jakarta) dgn penduduk 17jt org. Langsung memulai City Tour ke Summer Palace (Taman Ie He), melalui jalan Tol Pintu Negara selama 1 jam, diBangun pada Dinasti Cing (abad 13) sering terjadi bencana, th 1600 dirusak oleh Inggris, dibakar oleh sekutu pd th 1900, 1903 dibangun kembali. 1924 resmi dijadikan tempat setelah dinasti Cing berakhir sebagai Dinasti terakhir tiongkok.


Didalam Taman (Halaman Lo Siau Thong) terdapat sebuah Batu besar disebut batu yg memiskinkan. tujuannya utk mengingatkan agar hidup sederhana. Kasim adalah pembantu kaisar yg di kebiri jaman Dinasti Ming paling banyak 10.000 org & dayang (pembantu perempuan) belasan ribu orang juga.
Kemudian mampir ke The National Stadium (Bird's Nest) yang dikenal dengan Stadium 4 Generasi & merupakan stadium utama pembukaan Olimpiade musim panas 2008, berada di area Beijing olimpic Park, bersebelahan dgn Aquatic Swimming Pool. disini hanya mampir utk foto2 saja.
tepat jam 12.00 makan siang dilanjutkan city tour menuju ke Taman Beihai, merupakan Summer Palace yang lainnya, juga dibangun oleh Permaisuri Tze Shi pada dinasty Jin (1115-1234). diatas puncak Bukit terdapat Pagoda Putih besar sebagai tempat menyimpan Rambut Ibu Suri, juga dikelilingi oleh danau buatan yang terlihat membeku oleh temperatur di hari ini berkisar -7 Celcius, walaupun sangat dingin tetap tidak turun salju krn Beijing memang agak jarang turun salju.




Kemudian menuju ke 'TEMPLE OF HEAVEN' Kuil Surga yang memiliki luas 270 Hektare dibangun pd th 1420 ole Dinasty Ming, Kuil bertingkat dgn 2 Stupa Pagoda besar memiliki 3 Jenjang yaitu Bumi, Manusia & Langit dahulu digunakan oleh Kaisar untk menyembah memohon kepada Langit (Tuhan) & persembahan Kurban ke Surga.


Diantar Nonton Acrobatic Show jam 18.00, krn tiba lebih awal 1 jam, kami sepat diantar ke gedung sebelah yg terdapat Supermarket utk menghabiskan waktu dgn berbelanja. setelah selesai Nonton Jam 19.00, makan Malam Khusus 'PEKING DUCK' di Restoran 'QUAN JU DE' yang terkenal & memiliki banyak cabang didunia yg sdh berusia lebih dari 200 tahun. maka selesailah acara hari ini, check In di Hotel Cristal International (Bintang 5) untk menginap 3 malam.

3. Hari Ke 3 (23/12/08) Selasa

Pagi ini (Jam 09.30) menuju ke GREAT WALL di JuYong Guan, ditengah perjalanan mampir ke pusat pembuatan GIOK milik pemerintah utk melihat proses pembuatan giok & berbagai macam perlengkapan. reat Wall dibangun mulai pada dinasty Chin, dan terus dilanjutkan sampai dinaty berikutnya yang terakhir Dinasty Ming, dimana wilayah kekuasaan semakin besar, akhirnya tembok sebagai pelindung musuh dari Mongolia tdk mamadai lagi.




Istirahat makan siang jam 12.30, sambil melihat pabrik&store kerajinan tembaga yang berada di lantai bawah dari restoran chinese food yang sangat besar, yg merupakan salah satu restoran yang dimiliki orang terkaya di Beijing.


Berikutnya kami diantar menuju ke Taman Makam Kaisar & 2 permaisurinya dengan nama 'Ming Tomb's' yang merupakan Istana dibawah tanah dgn luas 1.193 m2, & kedalaman 27 meter. Makam yg seperti istana ini sangat luas, merupakan wilayah dengan hongsui terbaik, karena ini adalah Bukit berada / bersandar pada deretan Gunung yang besar di bagian belakang & menghadap ke arah terbuka (Laut). dibagian kiri sebelum sampai ke Puncak Bukit, sempat melihat2 dulu pameran barang2 peninggalan Kaisar terakhir Dinasty Ming ini, yaitu Dinasty terakhir yang berkuasa paling lama dari umur 10 tahun s/d 54 tahun. kemudian mulai memasuki area (Istana) makamnya dgn turun kebawah tanah tepat dari puncak Bukit tersbut, melalui bagian belakang bukit tersebut harus menuruni tangga manual sebanyak 6 tingkat, dibawahnya ditemukan satua ruangan raksasa yang di bangun dengan Batu marmer semua, sungguh indah & Kokoh. Kemudian diantar ke pusat pembuatan Obat yang terkenal dengan obat Luka Bakar 'BAO FU LING' merupakan Lisince dari Taiwan. disini juga dijual beberapa obat lainnya, seperti Koyo, Balsem. kabarnya cukup manjur dan tidak mempunyai efek samping. akhirnya kami mampir ditengah perjalanan setelah menempuh perjalanan 25 menit, mampir utk makan malam Thailand Foods, setelah itu kembali ke Hotel CRISTAL INTERNATONAL menempuh perjalanan 40 meint, tiba jam 20.30.

selesailah acara hari ini.
4. Hari ke empat.(24/12/08) Rabu
Jam 08.00 berangkat ke Tong Reng Tang, Pabrik Obat terkenal & terlama (sdh ada sejak dinasty Ming), memproduksi obat Tradisional terkenal seperti Thien Cie Wang. semua obat terbuat dari tumbuh2an alami (herbal).

Mampir sebentar di Jl.Wang Fu Jing, Pedesterian street seperti pasar Baru, terdapat shopping Mall & lainnya.
selanjutnya menuju ke Lapangan Tien An Men, adalah Lapangan terluas di dunia dgn luas 44 Hektare, bisa menampung 1 jt org. Istana Kuno (Forbidden City) dikeliling Tembok tinggi 10m dan Sungai terlarang lebar 50 meter, Luas 72 Hektare dibangun oleh 1 jt pekerja, dibagi 2 depan & belakang, depan sebagai tempat bekerja, sedangkan di belakang adalah tempat yang tinggal kaisar & permaisure termasuk para selir. Kasim=10.000 & Dayang=9.000 yang melayani Kaisar. sebagai kasim hrs dikebiri, maka yang benar2 laki2 tulen hanyalah kaisar.


disebut kota terlarang krn orang biasa dilarang masuk, hanya pada saat musim salju itu dimasukin oleh Tentara yang akan membantu membersihkan salju yang tebal. atau Dokter dari Tung ren tang yang bisa masuk untuk memberikan pengobatan pada keluarga kaisar yang sakit.
selanjutnya diantar ke Pasar Modern Garment YUSHAW, seperti Mangga Dua, berbelanja dengan tawar menawar. selama 2 jam, jam 18.30 Makan malam dan akhirnya sampai diHotel jam 20.00. masih sempat mampir di Mall terdekat dgn Hotel (kira 400m) untuk shopping lagi, kebetulan malam ini adalah malam natal, Mallnya tutup jam 00.00, dimana biasanya jam 21.00 sdh tutup.

5. Hari ke Lima (25/12/08) Kamis
Jam 09.00 diantar ke Airport dgn UM 2186 CHINA EASTERN menuju ke Nanjing Boarding 12.05, tiba 14.05.

Nanjing adalah bekas Ibukota jaman Dinasty Qing, skr sebagai ibukota Propinsi ZHIANGSU, Luas 6.000 km2, dialiri oleh sungai Yangtze, sungai terpanjang ke 3 di dunia. sering dikenal sebagai Kota Hijau, Kota Kuno & Kota Hangno (Jika panas. akan panas sekali), Kota Batu (Batu Giok). Propinsi Zhiang SU memiliki 111 Kota, seluruh China mempunyai 601 Kota dgn 23 Propinsi, Kota Terpadat adalah CHung Ciing dgn jumlah penduduk 37jt jiwa berada dibagian selatan china, terkenal dgn kota Jembatan dimana terdapat kira2 3.000 buah Jembatan.



Kuno karena Gerbang dengan tembok tinggi 21, 13 pintu yang salah satunya namanya Pintu ChingSu, merupakan yang tersulit karena robuh terus, mengelilingi Kota Nanjing Kuno panjang 34 km, dibangun dlm waktu 21th, 200.000 an pekerja. diantar city tour ke Jembatan terpanjang didunia yang di bangun oleh insinyur China semua yang memotong Sungai Yangtze. jam 17.30 diantar makan malam, selanjutnya ke Hotel utk menginap semalam.




6. Hari ke enam (26/12/08) Jum'at

Jam 08.00 berangkat ke Makam Sun Yat Sen, yg dilahirkan th 1866 meninggal 1915 (dalam usia 59th) karena Kanker Lever. Kelahiran Kwantung dgn tinggi hanya 159cm ini walaupun meninggal di Beijing tetapi beliau tetap dikubur di Nanjing, ini sesuai dengan permintaannya, dimana permintaan tersebut muncul pada saat berburu ke Gunung Chung San, beliau sempat mengutarakan bahwa jika meninggal bisa diijinkan untuk dimakamkan ditempat tersebut, karena Hong Sui nya juga sangat baik. Belakangan Jalan sepanjang Jalur yang dilewati oleh Prosesi Jenazah Sun Yat Sen dari Beijing dgn kereta api menuju Chung San di Nan Jing, di rubah nama Jalannya menjadi Jl. Chung San (seperti Chung San Barat atau Chung San Timur).


Jasa Beliau paling besar dan dihormati adalah menggulingkan pemerintah Feodal yang Korup & menggantikannya dgn pemerintah yang lebih demokratis. Gunung Chung San anak tangga 392, krn waktu itu penduduk china berjumlah 392jt org di penuhi dgn pohon Cemara Salju.
setelah mengunjungi Makam dr. Sun Yat Sen, mampir ke Pabrik Pembuatan Giok lagi, lalu makan siang, tepat 13.05 perjalanan dilanjutkan menuju ke TUNXI, dengan waktu perjalanan 4 jam. tiba di Huang Shan Xuan Yuan International Hotel 16.30, bagian selatan dari Huang Shan, langsung check In & Istirahat.

7. Hari ke Tujuh (27/12/08) Sabtu
Jam 09.00 berangkat ke kaki Gunung Huang Shan, dengan kabel Car naik ke Puncak, perjalanan naik sampai ke puncak disuguhi pemandangan yang menakjubkan, dan sempat menembus awan, setibanya di puncak pemandangan luar biasa karena awannya berada dibagian bawah dan sebagian Gunung Batu yang menjulang menembus awan. melihat pemandangan sekeliling dengan berjalan kaki naik turun yang sangat berat dan melelahkan. naik dari utara turun di selatan via Cable car yang lebih kecil (muat 8 org), selanjutnya diantar Bis Wisata sampai ke tempat parkir dalam waktu 15 menit. berganti bis, diantar ke Pusat Foot Massage utk refleksi & perkenalan Obat Arak rendam Ular & ramuan lainnya. kemudian diantar ke Down Town (Old Street Tun Xi) utk berbelanja, dilanjutkan Makan Malam, terus Check In di Hotel HUI SHANG Hotel (4 star) yang berada ditengah kota. Tuntas sudah acara hari ini.


8. Hari ke delapan (28/12/08) Minggu
Jam 08.15 memulai perjalanan ke Hang Zhou yang bergerak 200 an km dari Tunxi, tiba jam 11.00 termasuk propinsi Che Jiang dgn 46 juta penduduk seluruh propinsi. luas Hang Zhou 3.000 km2, dibelah oleh Sungai yaitu kota lama & kota baru, dgn jumlah penduduk 4jt org. merupakan kota termakmur seluruh china.
mampir ke Makam Yue Fei, Panglima Perang yang sangat dihormati rakyatnya sampai dianggap sebagai raja, maka beliau diperbolehkan berpakaian Raja. akhirnya beliau, istri & anak2nya harus dihukum penggal Mati oleh Raja dinasty Sung, karena dikatakan akan berkhianat akan mendirikan kerajaan Baru Huang Zhou, org yang bersaksi namanya Cing Kei & istrinya, belakangan mereka juga dihukum pancung karena ketahuan bahwa mereka hanya menyebar Fitnah atas Jend. Yue Fei, rakyat membuat Patung dr Tanah atas tubuh suami&istri tersebut untuk kemudian diludahi terus menerus oleh rakyat yang lewat, disinilah cerita lahirnya JIU CA KUE (Menggoreng Cing kie dengan minyak).
Selanjutnya menuju ke Pagoda 'LEI FENG' yang dibangun pada th 2000, terletak di Bagian Bukit yang ada di area 'WEST LAKE (Danau Barat)' disepanjang jalan sempat melewati Nanshan Road dipinggir Daau Barat, Jalan yang dipenuhi oleh deretan Bar & Cafe yang ramai dikunjungi Muda-mudi pada malam hari. Setelah itu diajak naik kapal mengelilingi WEST LAKE (DANAU BARAT) dimana ditengahnya terdapat 3 Pulau, disalah pulaunya didalam air terdapat 3 stupa Pagoda Kecil seukuran kira2 tinggi1-1.5 meter, ini merupakan cerita cikal bakal perayaan Hari Kue Bulan (Tung Cu Pia), dahulu kala disaat kaisar/raja datang ke tempat itu untuk meminum teh dan 3 stupa itu berfungsi sebagai pelita dengan Lampu/Lilin yang menyala dan memancarkan sinarnya melalui ke 5 lubang pada setiap pelita yang ada. secara keseluruhan Danau Barat sangat terkenal dengan cerita Ular Putih bernama Bao Su Zhen bertemu dengan suami untuk pertama tepat pada salah Jembatan yang bernama 'Jembatan Cinta'.
setelah itu diantar ke Pusat penjualan Long Jin Cha (Teh Hijau Long Cin), pada waktu itu sempat tersisa 18 pohon teh didesa tersebut. Petani yang memilikinya saat ini sangat kaya, pernah ada org Taiwan ingin membeli rumahnya seharga 1 Milyar Yuan. sekarang sdh banyak petani berkumpul&bertani bersama disini yaitu dari keluarga 1 marga 'Mei', walau kehidupannya hanya sebagai petani teh, mereka semua tergolong hidup kaya, karena harga Jual teh tersebut yang mahal.
Selanjutnya Makan Malam untuk mencicipi masakan khas 'AYAM PENGEMIS' Ayam yang dikukus dengan dibungkus daun Teratai, berawal dari cerita Chef mecoba memasak ayam tercium oleh orang2 dan merasakan harum yang nikmat sekali sehingga orag bertanya masakan apa?, karena belum mempunyai nama akhirnya terinspirasi oleh Ci Kung, Orang yag bergelandangan dengan Kipas seperti daun teratai obek ditangan dan seperti Pengemis.
selesailah acara hari ini, jm 19.30 check In di Hotel 'VANWARM HOTAL' (5 Star), rombongan masih sempat shopping diseberang Hotel & ke Wa-mart yang berada tepat disamping Hotel, Jam 21.30 kembali ke Hotel, maka selesailah acara Hari ini.





9. Hari ke Sembilan (Senin) 29/12/08

Pagi ini jam 08.00 memulai perjalanan ke Zhou Zhuang, kota yang berkanal kecil banyak seperti Little Venice in Asia, 60% kotanya adalah peninggalan Dinasty MING & dinasty QING. TWIN BRIDGES (SHUANG QIAO), Jembatan ini pernah dilukis dan dihadiahkan ke Den Siao Ping, belakangan Lukisan itu berhasil terjual kepada orang Amerika sebesar 1.000.000 US Dollar. Kota Tua yang terdapat enam kanal dengan 12 jembatan, terasa sednag berada di Venice di Italia, kota ini adalah kota air pertama di china walaupun hanya sebagai kecamatan, terkenal dengan Masakan Kaki Babi (Cu Kiok) bahkan sebagai Oleh2.
makan siang disalah restoran kuno yang berada dipinggir Kanal ini cukup mengesankan, terasa berada di pedesaan. Perjalanan dilanjutkan ke Su Zhou, Penduduknya 6 juta memiliki Luas 8.000 km2, terkenal dengan Gadis cantiknya (disebut kota siau ce) kota ini juga di sebut sebagai Kota Air Venice di Asia dimana terdapat sungai yang membelah Su Zhou, sungai ini menyambung hingga ke kota Hang Zhou, maka jika ingin ke Hang Zhou bisa menggunakan kapal air. Langsung menuju ke TIGER HILL, dahulu disebut Hai Yong (Sea Swell) Hill, tempat ini merupakan sebuah Bukit yang diatasnya terdapat Pagoda yang sudah miring (seperti menara PISA di Itali) dengan tinggi 36 meter, disebut Tiger karena pada bagian depan terdapat tangga menurun pada sungai (kanal) seperti kaki singa sdg menjulur, pintu utama dengan dua Tong Batu seperti Mata & kepala singa, tangga menuju ke puncak bukit seperti badan dan Pagoda menjulang seperti Ekor singa, sehingga keseluruhannya seperti singa sedang istirahat duduk. banyak cerita dongeng yang didapat sepanjang dari utara (mulut) sampai selatan (ekor), seperti Mata Air Tolol, Nan Zhiang Tomb seorang gadis perawan yang akan dijual germonya, kaisar mempersiapkan makam pribadi dengan membunuh seribu pekerja yang sdg berpesta atas selesainya pembangunan makam tersebut. Dahulu Kala tempat ini adalah sebuah kelenteng yang dibangun pada tahun 959 Dinasty SONG.
Kemudian diantar ke LIU YUAN GARDEN, taman yang dibangun th 1522 kemudian dilanjutkan pd th 1.800 oleh seorang yang kaya raya bermarga LIU, cerita yang menarik mulai dari pohon ditanam bersama pada satu tempat menandakan kedamaian, Pada batu seperti elang yang akan menerjang anjing di bawah menandakan pertikaan yang tiada akhir, Batu sebagai tugu UTAMA yang merupakan batu yang tertinggal tak terbawa ke pusat pemerintahan atas permintaan Raja aga semua Batu yg unik diseluruh china harus dibawa ke istana raja. Selanjutnya diantar ke Pabrik penghasil Sutra Alam, diperkenalkan proses pengolahan dimulai dari kepompong Ulat sampai dengan barang jadi dalam beraneka ragam.
setelah itu Makan malam didalam komplek tersebut, akhirnya diantar ke Hotel dengan waktu perjalanan kira2 45 menit, tibalah d Hotel JIN CHENG JIN JIANG INTERNATIONAL HOTEL, Check In Jam 20.00 mash sempat ke Minimarket sebelah untuk shopping. selesai sudah acara hari ini.


10. Hari ke sepuluh (30/12/08) Selasa.

Jam 09.00 memulai perjalanan ke WUXI, wu=tidak ada, Xi=timah artinya kota yag tdk ada Timah, sebenarnya dahulu kala kota ini adalah kota yang memiliki Timah paling berlimpah. disebut juga sebagai kota adik Hongkong. memiliki Danau ke 3 terbesar di China dengan 2.200 km2 dgnpenduduk 6jt org, kota ke 2 terbesar di propinsi Chiang Su. Sesampai di Wuxi main ke Bukit Turtle Head Islet (Kepala Kura2) berada dibagia barat Chong Shan Hill (Bukit Chong shan), bukit yang tertata rapih pada sepanjang jalan masuk setelah gerbang dipenuhi pohon bunga sakura yang masih kuncup, akan mekar di musim semi. Kepala kura2nya berada diujung pinggir danau yang kelihatan lebih mirip laut, berupa batu terjal yang menjorok keluar. setelah itu makan siang,
selesai itu menyebrang ke komplek didepan untuk melihat proses pengabilan MUTIARA, shopping lagi. lalu dantar ke Danau Tai Hu (Tao Hu Lake) untuk naik kapal mengelilingi Danau dengan membayar tiket 30 yuan, didalam perjalanan mengelilingi danau, diatas kapal ada show musik & cerita seputar sejarah kehidupan orang dahulu di sekitar danau tersebut.
jam 16.30 diantar check In Hotel di pusat kota wuxi yang berjarak 10km dari lokasi, jam 17.00 check In di Hotel HONG YUN Hotel (4 star), istirahat 1 jam, beragkat makan malam. kemudian diantar kembali ke hotel, acara bebas untuk shopping dll disekitar daerah Hotel yang penuh dengan Shopping Mall, terang lampu malam menghiasi seluruh jalan, pohon disekitar membuat pemadangan yang sangat indah. maka selesailah acara har ini.

11. Hari ke sebelas (31/12/08) Rabu
Jam 08.30 berangkat ke Shang Hai dengan waktu 2 jam via jalan TOL, tiba jam 10.30, langsung menuju ke Vihara Patung Budha Giok (JADE BUDHA) berkeliling komplek Vihara, Patung Budha Giok berada diBagian belakang, ada 3 Patung dengan ruangan berbeda, yang paling besar adalah Budha Tidur. Luas Kota shang hai 6.341km2, jarak barat ke timur 100km, penduduk 20jt jiwa terpadat ada di Shanghai yaitu 4.000 org per 1 km2, penduduk terjarang ada diwilayah barat yaitu 10 org per km2. Biaya Hidup tertinggi di seuruh china, perkembangan kota dimulai pada th 1996 dengan pertumbuhan rata2 16% pertahun. Jika ingin beli mobil harus beli nomor dulu, krn jumlah pertumbuhan kendaran sagat dibatasi, sehingga harga nopol bisa lebih mahal dari harga mobil. Motor dilarang beroperasi dibanyak lokasi di shang hai. Rumah / Apartemen berharga 60.000 yuan / m2. kereta api ada 9 line dengan jumlah jarak 280 km, s/d th 2010 akan mencapai 400km, Bis Umum ada 6.000, Taxi ada 60.000 unit, ada 2 airport.
setelah dari Jade Budha Diantar ke Toko khusus menjual Lukisan Sulaman (Hand Made) dengan harga yang mahal semua. dilanjutkan Makan Siang Di Restoran Thai, tapi masakannya tetap Chinesse Foods, jadi sepanjang 11 hari perjalanan makanan nya Chiness Foods semua kecuali sekali makan Thai sewaktu masih di Beijing.
Lalu Check In Hotel di Holliday Inn, istirahat 1 jam. tepat jam 15.00 melanjutkan ke Taman Yu Yuan, disepanjang Jalan dari tempat parkir menuju ke lokasi dipenuhi dengan Toko2 yang sangat ramai dan semua Bangunan Tua dengan model2 khas China zaman dahulu masih tetap dipertahankan, bahkan terpelihara dengan sangat baik, berkeliling didalam taman hanyas ebentar saja, ada beberapa hal yang didapat dari Tour Guide, seperti; Pagar Tembok tinggi yang dibagian atas terdapat Ukiran naga, dimana saat itu gambar Naga hanya boleh dimiliki atau berada di areal istana kaisar. ditengah kepadatan Areal shopping & dekat pintu masuk taman terlihat sedang dipersiapkan panggung dengan layar LCD raksasa untuk acara Count Down Tahun Baru 2009, setelah mengelilingi taman yang hanya sepintas itu kami diberikan waktu bebas untuk shopping selama 1jam, akhirnya berkumpul lagi jm 18.00 menuju makan malam.
setelah itu diantar menaiki Menara TV Tower Shang Hai, Menara ini merupakan ciri khas kota shang hai dengan 468 meter, tertinggi di Asia dan ke 3 tertinggi didunia. dengan Lift menuju ke lantai 2 (pada ketinggian 267meter) tepat pada Bola yang kedua (dibagian tengah dari total menara) didalamnya berputar manual kami melihat pemandangan seluruh Kota shang hai yang terbelah menjadi dua oleh sungai Huang Pu yaitu Pu Tong bagian yang terdapat deretan bangunan menjulang semua yang dulu merupakan areal persawahan tanpa pemukiman, baru mulai adanya pemukiman sejak menara ini dibangun pada tahun 1974, sekarang telah menjadi jelmaan Hutan Beton pencakar langit. Penduduk shang Hai dominan tinggal di sebelah Timur yang berjamur gedung-gedung Apartemen. Pemadangan dari atas begitu menakjubkan dengan kerlap-kerlip lampu pada hampir semua gedung. menyusuri menara dengan turun mealui lift pada lantai dibawahnya tepat pada ketinggia 98 meter, pengunjung dibuat untuk mengitari areal permainan anak-anak termasuk ada Jet Coaster yg relnya sampai keluar dari gedung, sungguh tantangan yang menakutkan jika menaikinya, kami hanya lewat saja karena hrus mengejar waktu untuk ketempat berikutnya.
Selanjutnya kembali ke daerah kota lama melalui Jalan bawah tanah lagi, dimana Jalan yang panjangnya 3km tepat berada dibawah sungai Huang Pu, artinya semua Kendaraan yang melintasi jalan tersebut pasti menyebarangi sungai Huang Pu tepat dibawah sungai. selanjutnya diantar naik kapal untuk mengelilingi kota SHang Hai menyusuri sepanjang pinggir sungai yang dipenuhi gedung2 bertingkat tinggi yng seluruh gedungnya dipenuhi lampu2 kerlap-kerlip menyala, sungguh terpesona pemandanga malam yang sangat terang benderang, menghabiskan waktu kira2 30menit, kami kembali ke Bis untuk menuju ketempat berikutnya. sampailah pada areal THE BUN, dahulu kala areal taman ini adalah milik orang Inggris yang kala itu di depan Pintu gerbang tertulis 'Orang Cina & Anjing dilarang Masuk', sekarang telah menjadi milik pemerintah Shang Hai, kalimatnya pun diganti menjadi 'ORANG BARAT & ANJING diperbolehkan masuk', ini semacam pembalasan dalam bentuk yang berbeda atau ingin menunjukkan bahwa bangsa chinbisa lebih berbaik hati, entahlah ini hanya merupakan asumsi belaka. selanjutnya dengan berjalan kaki sejauh kira2 5 km menuju Puat berkumpulnya banyak orang untuk menunggu acara OLD&NEW (COUNT DOWN) th 2008 ke 2009 yaitu di NANJING ROAD yang memang di hari biasa juga merupakan pusat berkumpulnya orang untuk berbelanja atau sekitar nongkrong saja, areal nya hanya untuk pejalan kaki saja (pedesterian). Malam ini sungguh ramai sekali dilihat dari atashanya kelihatan kepala manusia saja, semakin malam semakin padat, semua orang berdatangan menunggu tepat jam 00.00, walaupun tahun ini pemerintah tidak menyelenggarakan pesta kembang api berkaitan dengan Krisis Global yang melanda, tetapi pengelola gedung tetap menyalakan kembang api walau hanya sebentar & tidak terkesan meriah. setelah Count Dwon terlaksana kami begitu berbahgia dengan berbagi semua anggota rombongan dengan saling bersalaman.
Selesailah acara hari ini dengan diantar kembali ke hotel oleh bis jam 00.45.
12. Hari ke dua belas (1/1/09) Kamis
Pagi ini terakhir kami di shang hai, jam 07.00 berangkat menuju ke Bandara untuk proses Check In, Jam 10.30 dengan pesawat GARUDA GA897 (pesawat nya lebih besar dibandingkan dgn waktu datang ke Beijing) Tinggal landas untuk menggalkan CHina dan disuguhi lagu Sayonara oleh mr. Sandy sebagai Tour Leader kami pada saat masih di Bus, terimakasih kepada semua anggota tour dan Tour leader juga Tour Guide lokal mulai dari He Chin Chin, Ibu Siok Lan, Om Cong, Vivian & AGus, mudah-mudahan bertemu dilain kesempatan. selesai sudah acara Tour bersama Chan Brothers, tiba di Jakarta jam 18.15 dengan transit selama 25 di Bali, DenPasar.


99 MOBIL BARU 2009: TOYOTA AVENSIS

Release Date : Selasa, 23 Desember 2008
Media : AutoCar, at page 43, size 200 mmk
Author/Journalist : Tim Redaksi Autocar
Source : Takashi Yamamoto, chief designer Avensis

Avensis adalah jawaban Toyota atas tuntutan pasar yang semakin menginginkan mobil berperforma dengan emisi gas buang yang rendah. Interior pun dituntut luas tapi dimensi mobil tetap kompak. Menurut Takashi Yamamoto, chief designer Avensis, mobil ini didesain dengan cita rasa Eropa yang tinggi dengan menganut filosofi Toyota's Vibrant Clarity.

Avensis akan tersedia dalam bentuk saloon dan tourer (station wagon). Pemilihan material kabinnya melambangkan prestise dan kedinamisan. Mesin bensin tersedia dalam dua pilihan, yaitu 1.8L Valvematic dan 2.0L Valvematic. Kemudian ditambah mesin-mesin diesel 2,0 liter D4-D130, 2,2 liter D-4D150, dan 2,2 liter D-4D 180. Semua mesin tersebut diklaim irit bahan bakar dan rendah emisi. Fitur-fitur yang melengkapi Avensis antara lain Vehicle Stability Control, Adaptive Front Light, dan pre-Crash Safety System.

Untuk mobil mini perkotaan, Toyota iQ menjadi andalan baru Toyota, sebuah mobil kecil dengan kapasitas empat penumpang. Mobil yang sempat membuat banyak orang penasaran pada saat masih berupa konsep ini akan diluncurkan Januari 2009. Untuk versi Inggris, iQ akan merambah jalanan dengan ditenagai jantung mekanis bensin 3-silinder bertenaga 68 hp dengan dua pilihan transmisi 5-speed manual atau CVT 6-speed. Jangan remehkan fitur safety pada kendaraan ini. Meskipun bentuknya kecil, tapi mobil ini dilengkapi sembilan airbag, termasuk airbag lutut dan airbag yang tertanam pada kursi



AUTOCAR ROAD TEST: Kijang Innova, Varian terendah Innova menawarkan kenyamanan yang baik.

Release Date : Selasa, 23 Desember 2008
Media : AutoCar, at page 58-63, size 6600 mmk
Author/Journalist : Tim Redaksi Autocar

Tampaknya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli Toyota Kijang Innova bermesin diesel. Setelah sempat ditunda produksi dan penjualannya oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) sejak Februari 2007, karena menunggu perbaikan kualitas bahan bakar solar di Indonesia, sejak Agustus 2007 PT TAM kembali memperkenalkan Innova bermesin diesel. Sebelumnya, kualitas solar sempat menjadi persoalan rumit bagi Toyota karena mengakibatkan kinerja mesin diesel Innova tak optimal dan timbul keluhan dari pemakainya.

Di kelas mobil keluarga bermesin diesel, saat ini Innova memang hanya dihadapkan pada Isuzu Panther sebagai kompetitor kuatnya. Reputasi Panther sebagai pelopor kendaraan keluarga bermesin diesel mulai terganggu sejak kemunculan Kijang generasi keempat yang juga menawaikan mesin diesel. Kini, Kijang Innova bahkan melangkah lebih jauh dengan tawaran desain yang lebih baik dibandingkan Panther. Dan usai Innova dipercantik wajahnya oleh PT TAM di medio Agustus 2008, artinya sudah satu tahun mesin diesel yang diusung Innova membuktikan kiprahnya di Indonesia.

Tak hanya soal dapur pacu, Toyota juga meningkatkan tawaran kenyamanan bagi varian Innova yang hadir di Indonesia. Bahkan, varian terendah dari Innova (E) kini telah menyediakan penyejuk kabin double blower sebagai kelengkapan standarnya. Tak dipungkiri kelengkapan inilah yang memang sejak dulu menjadi salah satu permintaan kelengkapan favorit para konsumen mobil keluarga.

DESAIN & REKAYASA
Kijang generasi kelima ini punya sentuhan desain global Toyota yang tampil modern. Kijang Innova juga bisa ditemui di negara lain di ASEAN, Timur Tengah, hingga Amerika Latin. Pertengahan tahun 2008, PT TAM melansir Kijang Innova dengan sentuhan baru.

Secara sekilas, kita akan menemui kemiripan desain pada wajah baru Innova dengan sang adik, Avanza. Bentuk bumper depan berubah total dengan desain air dam yang lebih lebar dan memberikan kesan lebih dekat ke tanah. Grille lama juga diganti dengan model baru, berdesain V-shape, sehingga wajahnya terlihat lebih mewah dan modern.

Bagian belakang memiliki lekuk tubuh serupa dengan sebelumnya, namun lampu belakang kini memakai multi reflektor model baru dengan dua warna merah dan putih. Bumper belakang pun berubah, kini terdapat reflektor mata kucing yang serupa dengan milik saudara-saudaranya di Toyota. Selain itu, semua tipe Innova kini mengalami perubahan model velg, tentunya selain varian E yang kami coba karena hanya menggunakan plastik penutup velg standar.

Sejatinya, Innova memang disiapkan sebagai kendaraan keluarga yang tangguh dan sesuai dengan kondisi di Indonesia. Karenanya, kami tak meragukan bahwa platform chassis ladder frame yang berbagi dengan Hi-Lux dan Fortuner cukup tangguh untuk menghadapi kondisi jalan dan medan bergelombang yang tersebar di Indonesia. Selain itu, kombinasi suspensi double wishbone di depan dan suspensi four-link dengan lateral rod di belakang menjanjikan kestabilan dan kenyamanan berkendara.

Mesin yang diusung serupa dengan Innova sebelumnya, yakni diesel 2KD-FTV, berkapasitas 2.494 cc, DOHC, berteknologi D-4D (Direct 4-Stroke Diesel Turbo Commonrail). Depot tenaga ini lebih ramah lingkungan karena menekan emisi gas buang tanpa mengu-rangi optimalisasi hasil pembakaran dan efisiensi termal. Tenaga puncaknya 102 hp pada 3.600 rpm. Yang unik, ada perbedaan antara torsi yang dihasilkan Innova bermesin diesel dengan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Pada Innova diesel bertransmisi otomatis, torsi maksimal mencapai 260 Nm pada 1.600-2.400 rpm, sementara pada Innova bertransmisi manual, torsi puncaknya 200 Nm pada rentang putaran mesin yang lebih lebar, 1.400-3.200 rpm. Menurut pihak Toyota, hal ini terjadi karena gear ratio transmisi otomatis lebih rapat, sehingga torsi mesin perlu ditingkatkan agar performanya tetap optimal. Perubahan dilakukan pada ECU dengan mengatur volume dan waktu penyemprotan bahan bakar.

INTERIOR
Di bagian interiornya, Innova kini hadir dengan warna baru yang lebih lembut ketimbang model sebelumnya. Kesan lega dan resik didapatkan dari warna terang pelapis interiornya. Paduan warna dwi kelir (two tone) pada dashboard tak menjemukan. Warna lebih gelap di bagian atas dashboard juga menghindarkan silau. Tombol kontrol putar penyejuk ruangan tampil sederhana, namun ergonomis. Jika Anda memilih Innova V, Anda akan mendapatkan tombol-tombol pengatur udara digital, plus Multi Information Display di bagian tengah dashboard

Posisi jok pengemudi dan penumpang depan memberikan ruang gerak yang sangat baik. Jok penumpang depan bisa digeser jauh ke belakang, tanpa terlalu banyak mengganggu duduk penumpang baris kedua. Lebar interior juga memberi keleluasaan ruang bahu untuk tiga penumpang dewasa yang duduk di satu baris bangku. Pada varian E, pengaturan posisi berkendara hanya bergantung pada penyetelan sudut ketinggian lingkar kemudi, namun posisi duduk sudah cukup tinggi. Pada varian G dan V, Toyota telah melengkapi Innova dengan pengatur ketinggian bangku.

Hal istimewa yang mendongkrak kenyamanan kabin Innova E adalah adanya kisi penyejuk udara di atas bangku baris kedua dan ketiga (double blower) sebagai kelengkapan standar. Di bangku baris ketiga juga telah disematkan sabuk keselamatan yang tidak dimiliki oleh rival sekelasnya. Namun, satu hal yang tampak kuno pada Innova E adalah sistem audio-nya yang masih menyuguhkan pemutar kaset plus radio dengan empat speaker saja.

PERFORMA
Tentunya, ada perbedaan yang cukup signifikan antara Innova bermesin bensin dan bermesin diesel. Saat Anda merasakannya pertama kali, akan terasa putaran bawah Innova diesel tak memberikan responsivitas setajam Innova bensin. Saat berakselerasi 0-100 kpj, Innova diesel mencatatkan waktu 20,7 detik, sementara saat kami menguji Innova bermesin bensin yang sama-sama menggunakan transmisi manual 5-speed, tercatat akselerasi 0-100 kpj dalam 15,5 detik.

Meski begitu, berkat limpahan torsinya, mobil ini memberikan kekuatan yang istimewa pada performa yang ditunjukkannya. Saat berkendara di gear tiga, suguhan puncak torsinya yang tersedia mulai 1.400 rpm hingga 3-200 rpm menjadikan Anda tak perlu repot memin-dahkan tuas transmisi saat melumat tanjakan. Melakukan overtaking di kecepatan menengah juga cukup responsif, saat berakselerasi 60-80 kpj, tercatat waktu 4,4 detik dan berakselerasi 80-100 kpj dalam 7,8 detik.

Di putaran atas, mesin diesel Innova memberikan respon yang kembali melambat. Tercatat, di atas kecepatan 110 kpj, jarum speedometer sudah malas untuk beranjak. Bahkan, kecepatan puncak 131 kpj di gear empat hanya bertambah 9 kpj (menjadi 140 kpj) saat gear dipindahkan ke gear lima dan putaran mesin sudah tak lagi naik pada angka 4.000 rpm.

Meski raungan suara mesin
diesel Innova terdengar halus di dalam kabin, namun saat kami mencoba puncak tenaganya dan menyentuh kecepatan puncak di jalan bebas hambatan, raungan mesinnya cukup keras. Pada kecepatan 120 kpj, tercatat angka putaran mesin telah mencapai 3.500 rpm, meskipun transmisi telah berada di gear lima.

Satu hal yang juga tidak didapatkan pada Innova E adalah sistem pengereman dengan dukungan anti-lock braking system (ABS). Toyota hanya menyediakan ABS pada Innova tipe V. Saat kami mencoba rem Innova tipe V, mobil ini dapat dihentikan dalam 2,7 detik sesaat setelah rem diinjak seketika di kecepatan 80 kpj. Performa pengereman yang baik itu antara lain didukung sistem LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) yang di-klaim cukup membantu kinerja pengereman saat beban angkut maksimum.

PENGENDARAAN DAN PENGENDALIAN
Keterbatasan pengaturan posisi duduk pengemudi tak menjadi persoalan berarti karena posisi duduk yang cukup tinggi. Ground clearance hingga 200 mm juga mendukung pengemudi untuk lebih mudah memantau jalan dan kondisi sekitarnya. Belum lagi kaca besar dan landai milik Innova membuat pandangan terasa lebih luas.

Kontrol lingkar kemudi terbilang cukup ringan dan tak menimbulkan keraguan saat melakukan manuver, baik di lokasi parkir maupun saat bergerak agresif di kemacetan. Tuas transmisi yang panjang juga memudahkan perpindahan gear. Sayangnya, pedal kopling sedikit berat dan dalam, sehingga cukup menguras kerja otot kaki kiri.

Suspensi Innova terbilang memuaskan untuk MPV ber-platform body on chassis. Saat melaju di kecepatan 120 kpj di jalur bebas hambatan yang bergelombang, penumpang di semua baris bangku tetap bisa merasa nyaman. Gejala limbung minim saat melakukan perpindahan jalur di kecepatan tinggi. Namun, tingginya ground clearance dan penggunaan ukuran velg dan ban yang kecil pada Innova tipe E, tak terlalu meyakinkan saat menikung cepat dan tajam.

MEMBELI DAN MEMILIKI
Innova mendominasi pasar di kelasnya hingga akhir 2008 dan tampaknya hal itu akan berlanjut di tahun mendatang. Meski begitu, varian Innova diesel masih mencari celah di tengah masyarakat yang memiliki pandangan bahwa mobil bermesin diesel lebih mahal dan sulit dalam perawatannya. Padahal, berkat proses kerja yang lebih sederhana dibandingkan mesin bensin, perawatan diesel relatif lebih mudah. Selain itu, diesel lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Lantaran keunggu-lan itu, Innova E diesel memiliki banderol harga lebih mahal Rp 5,55 juta dibandingkan Innova E bensin (Rp 180,5 juta).

Penggunaan teknologi D-4D menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keenonomisan Innova E, sekaligus menekan kadar emisi. Dalam pengujian yang kami lakukan, tercatat konsumsi bahan bakar Innova E diesel mencapai 15,3 kpl dalam kondisi lalu-lintas perkotaan yang padat. Saat kami bawa ke luar kota, konsumsi bahan bakarnya mencapai 11,04 kpl. Sedangkan konsumsi bahan bakar kombinasi mencapai 13,3 kpl. Mobil ini pun lebih ekonomis dibandingkan Innova bensin yang kami uji dan mencatatkan konsumsi bahan bakar kombinasi 7,92 kpl.

Dengan rival terdekat Isuzu Panther, tampaknya Innova masih tak perlu terlalu khawatir. Dengan dukungan jaringan after sales yang lebih luas, Innova diesel tampaknya boleh berharap banyak untuk menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia.

SEJARAH
Kijang pertama kali hadir di Indonesia pada 1977 dengan konsep Basic Utility Vehicle dan ditujukan sebagai kendaraan niaga yang kemudian berevolusi menjadi kendaraan penumpang. Kesuksesan Kijang ditunjukkan dengan angka penjualan lebih dari 100.000 unit selama dua generasi hingga tahun 1985. Dengan banderol harga terjangkau, jaringan purna jual yang baik, dan perawatan yang mudah, Kijang dikenal sebagai kendaraan pilihan keluarga.

Proyek Innovative Multipurpose Vehicle Toyota di awal dekade 2000-an, melahirkan Kijanggenerasi kelima yangdisebut Innova. Innova menjadi kendaraan global yang diminati di negara-negara Asia hingga Amerika Selatan. Selain Indonesia, India juga merakit Innova untuk pasar lokalnya.

PENILAIAN AUTOCAR
Kenyamanan masih menjadi nilai keunggulan Innova. Apalagi mesin dieselnya menawarkan efisiensi lebih baik.

Nama besar Toyota Kijang dipastikan menjadi salah satu faktor utama bagi mobil ini untuk dipilih sebagai mobil keluarga. Peningkatan kualitas Kijang dari generasi ke generasi juga ditunjukkan dengan diterimanya mobil ini di pasar global. Toyota Kijang Innova yang kami coba bisa jadi merupakan varian terendah, namun kini pengendaraannya semakin baik. Pilihan mesin diesel pun menjadikan konsumen bisa mendapatkan efisiensi yang banyak dicari di masa seperti sekarang. Selain itu, layanan purna jual dari Toyota selalu menjadi pertimbangan nomor satu bagi calon konsumennya hingga saat ini.

CATATAN PENGUJI
M HASAN
Posisi mengemudi memuaskan. Gerak tuas transmisi halus. Steering akuratdi kelasnya. Suspensi nyaman.

BUDITYAS B. BASUKI
Keleluasaan kabin dan efisiensi bahan bakarnyalah yang akan dicari banyak orang.

KUSNADI CHAHYONO
Performa mesin D-4D memuaskan di dalam kota. Usaha keras ditunjukkan pada warna interior baru.

JOBS FOR THE FACELIFT
- Mesin diesel yang lebih bertenaga.
- Head unit audio yang lebih modern.
- Wiper di kaca belakang sebagai kelengkapan standar.