Sabtu, Maret 14, 2009



Toyota - The Real Number One

Jepang – Toyota bukan hanya populer sebagai pabrikan otomotif nomor satu di Jepang, tetapi ternyata juga dinobatkan sebagai brand nomor 1 di Negeri Sakura. Toyota berhasil mengalahkan industri raksasa lainnya, seperti Sony, Toshiba dan Panasonic. Demikian penegasan hasil survei marketing dari Interbrand Corp. dan Autonews.

Peringkat brand paling top di Jepang ini diumumkan akhir bulan lalu. Sebanyak 30 perusahaan dirangking berdasarkan imej yang melekat di masyarakat Jepang.

Yang mengagumkan selain Toyota, Lexus juga masuk peringkat 10 besar. Mobil mewah produksi Toyota Motor Company ini berada di peringkat tujuh mengalahkan Nissan yang berada di posisi ke-8.

Dipastikan brand value Toyota akan semakin meninggi. Hal ini dikarenakan kesuksesan Toyota IQ yang meraih 5 bintang pada uji tes Euro NCAP. Ditambah pula dengan masuknya nominasi Toyota Avensis sebagai World Car of the Year 2009 awards (World Car of the Year dan World Green Car awards), tak ayal Toyota berhasil menempatkan dua wakilnya (IQ dan Avensis).

Keunggulan Toyota lainnya adalah baru saja dinobatkan sebagai merek kendaraan dengan tingkat kepuasan tertinggi bagi konsumen se-Asia Pacific oleh J.D. Power and Associates' 2009. Bahkan di New Zealand, Toyota juga berhak meraih Vehicle Ownership Satisfaction Study. (*)

TOYOTA VIOS: PERKASA SAMPAI AKHIR

Release Date : Kamis, 12 Maret 2009
Media : Autobild, at page 25, size 1100 mmk
Author/Journalist : Tim AutoBild

Setelah melewati 20.000 km dengan berbagai kondisi ekstrem, Vios kami tes kembali untuk melihat bagaimana siksaan tes jangka panjang ini memengaruhi performanya

Bila kita membeli sebuah mobil baru, biasanya mobil itu akan kita sayangi dan sebisa mungkin kita hindarkan dari kondisi ekstrem. Nah, itu berbeda dengan perlakuan kami terhadap Vios yang dites jangka panjang.

Walau masih dalam koridor kepatutan, Vios kami tempatkan pada beragam tes dan kondisi ekstrem. Misalnya berjalan jauh setiap hari, menerjang jalan rusak berdebu, melewati hujan lebat bahkan sedikit banjir. Akselerasi penuh hingga putaran mesin maksimal juga sering kami lakukan.

Di akhir pengetesan, hal tadi tentu dimaksudkan untuk melihat bagaimana daya tahan Vios menghadapi berbagai kondisi pemakaian termasuk yang ekstrem, dan seberapa jauh performanya terpengaruh.

Setelah melewati 20.000 km, kami pun kembali mengetes performa dari Vios. Dan kami mendapat kesempatan eksklusif untuk mengetes mobil ini di sirkuit teranyar Lippo Village International Formula Circuit di daerah Karawaci, Banten.

Dan terasa sekali, Vios masih bisa menunjukkan keperkasaannya. Meski telah melewati beragam tantangan berat, akselerasi Vios boleh dibilang mirip dengan kondisi pada saat baru.

Figur akselerasi tiap tingkat percepatan dari 0-100 km/jam jelas merupakan salah satu yang tercepat untuk sedan bertransmisi otomatis di kelas 1.500 cc. Namun pada 60-80 km/jam yang mewakili kecepatan untuk menyalip, hanya ditempuh dalam 2,6 detik. Menyalip pun jadi lebih aman dan sigap.

Dan jangan lupa, itu masih dibarengi dengan kehematan di jalan bebas hambatan yang mencapai 18,4 km/liter - sama seperti saat baru. Pada pengujian akselerasi 100-120 km/jam, tes akhir kami sedikit lebih lambat, hal ini kami sinyalir karena permukaan lintasan yang sedikit menanjak di ujungnya.

Performa mesin 1NZ-FE yang digunakan Vios seakan tak terpengaruh sama sekali dengan berbagai tes berat yang dilalui. Suaranya tetap halus dan tak ada gejala ngelitik meski diisi Premium. Tak heran mesin ini juga perkasa di arena balap.

Sedangkan pada sektor pengendalian, manuver Vios terasa masih tetap lincah. Kondisi ban tetap baik begitu juga suspensinya. Tiap tikungan di sirkuit Lippo mampu dilibas dengan mantap dan stabil. Juga tidak terjadi masalah apapun dengan transmisi matiknya atau rem. Selip yang terjadi masih dalam batas normal dan perpindahan gigi tetap halus.

Ada beberapa alasan yang membuat performa serta kehematan mobil tetap terjaga. Pertama adalah rancang bangun Toyota yang presisi, dan kami selalu melakukan perawatan sesuai jadwal di bengkel resmi.*

Kamis, Maret 12, 2009

The All New Lexus RX350 di Indonesia
Lanjutkan Keberhasilan Sang Pionir Luxury Crossover SUV

Jakarta. Lexus Indonesia mengumumkan peluncuran perdana model terbaru Lexus RX350 yang siap memperkuat dominasi Lexus di segmen kendaraan 4x4 Luxury nasional. Lexus RX350 adalah generasi ketiga Lexus RX series, Sang Pioneer Luxury Crossover SUV. Kendaraan ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2007, dan melalui peluncuran kendaraan ini Lexus menawarkan kembali standar baru untuk kata ‘luxury’ pada level tertinggi bagi para pelanggan yang menghendaki mobil dalam kombinasi kemewahan-kenyamanan sebuah sedan dengan pengemudian dinamis dan tingkat utilitas tinggi ala SUV.

Indonesian LEXUS Principal Johnny Darmawan mengatakan, “Dengan model orisinil Lexus RX300 yang diluncurkan sebagai perintis mobil crossover SUV mewah di tahun 1998 sekaligus menjadi kendaraan Lexus yang paling populer, The All New Lexus RX350 ini diharapkan dapat meneruskan keberhasilan dan keunggulan generasi sebelumnya, serta mendorong antusiasme para pelanggan kendaraan premium.” Johnny juga menambahkan, bahwa Lexus di Indonesia hanya memerlukan waktu sekitar setahun, untuk dapat duduk di posisi 3 besar pasar kendaraan premium nasional, serta mencatatkan angka penjualan mendekati negara-negara yang telah memperkenalkan Lexus jauh sebelum Indonesia, di wilayah Asia.

Dalam acara peluncuran di Lexus Gallery dengan media hari ini, Chief Engineer Lexus RX, Mr. Takayuki Katsuda turut hadir guna menyaksikan presentasi Lexus RX350 yang baru dan membuktikan bahwa Lexus di Indonesia serius dalam memperkenalkan kendaraan baru tersebut.

Target konsumen The All New Lexus RX350 adalah dari segmen kelas premium, para individu profil tinggi yang berpikir modern, penyuka SUV, menikmati layanan personal yang berkualitas. Kepada kelompok tersebut, The All New Lexus RX350 menawarkan sesuatu dengan sentuhan atribut emosional kuat, sebuah kemewahan yang dipadu kenikmatan berkendara.

“Kepuasan konsumen adalah tujuan utama kami. Lexus Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan layanan purna jual terbaik bagi mereka. Seluruh pemilik Lexus akan mendapatkan Lexus Premium Service Package berupa perawatan tanpa biaya selama lima tahun tanpa batasan kilometer (jasa dan suku cadang) yang didukung oleh Lexus Financial Services, Lexus Insurance dan Lexus Concierge Service di The Lexus Gallery - distributor resmi Lexus di Indonesia. Hal ini bertujuan memberikan rasa tenteram dan nyaman yang personal bagi semua pemilik Lexus,” jelas Johnny.

The All New Lexus RX350 tersedia di The Lexus Gallery, Jl Proklamasi No 35, Menteng, Jakarta, dengan harga Rp 1,1 milyar on the road DKI Jakarta. Konsumen dapat memilih variasi 9 (sembilan) warna eksterior: White Pearl, Dark Grey, Silver, Black, Red metallic, Beige Metallic, Sable, Dark Blue, Silvery Blue dan 3 (tiga) warna interior: Light Grey, Black dan Ivory

sumber: Toyota Astra Motor

Rabu, Maret 11, 2009

Toyota Memimpin Dengan 38,7% Pangsa Pasar
Penjualan Pasar Otomotif Nasional Februari 2009

Jakarta - Pada periode bulan Februari 2009, PT Toyota Astra Motor berhasil menguasai pasar otomotif nasional dengan pangsa pasar sebesar 38,7%. Total penjualan ritel di bulan Februari adalah 33.912 unit, dimana penjualan terbesar di raih oleh Avanza dengan penjualan sebesar 7.242 unit dan Kijang Innova dengan penjualan sebesar 3.041 unit.

Untuk kelas sedan, Toyota masih menjadi pemimpin di kelasnya. Toyota Vios tetap memimpin pasar di kelas mini sedan dengan mencatatkan angka penjualan sebesar 451 unit. Toyota Camry berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 117 unit atau meningkat 14,7% dari bulan sebelumnya.

Di kelas 4x2, Toyota Yaris yang merupakan kendaraan anak muda yang Groovy berhasil mencatatkan angka penjualan yang signifikan dengan total 870 unit atau meningkat 25,7% dibandingkan bulan sebelumnya.

Untuk kelas SUV, Rush berhasil mencatatkan penjualan sebesar 576 unit, sedangkan Fortuner berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 428 unit.

Di kelas kendaraan komersial, Hilux 4x2 single cabin berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 405 unit. Sedangkan Hilux 4x4 Double Cabin, pada bulan Februari ini sukses mencatatkan penjualan sebesar 61 unit.

”Toyota tetap optimis menghadapi pasar otomotif di tahun 2009 ini, meskipun kondisi pasar otomotif nasional menghadapi banyak tantangan, akan tetapi Toyota tetap berkomitmen untuk memberikan produk dan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan setia Toyota”, ujar Johnny Darmawan Presiden Direktur TAM

sumber: Toyota Astra Motor



Toyota luncurkan situs resmi Lexus di Indonesia

Jakarta – Mendapatkan informasi terkini dan akurat seputar Lexus, bakalan lebih mudah karena PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan website khusus seputar Lexus. Website itu dapat diakses pada www.lexus.co.id.

Segala macam informasi mengenai pemberitaan Lexus di Indonesia maupun luar negeri dapat diakses dengan mudah. Mulai dari arti Lexus itu sendiri, model-modelnya, gallery-nya hingga cara membelinya, semuanya tersaji lengkap.

Beragam kemudahan mendapatkan informasi mobil termewah dari Toyota ini, dimaksudkan untuk memenuhi keinginan para pecinta Lexus. Sejak diluncurkan secara resmi di Indonesia dua tahun lalu, para pecinta Lexus semakin bertambah.

Tercatat telah ratusan unit berhasil diserap pasar otomotif nasional. Lexus tidak sekedar menawarkan kendaraan mewah yang nyaman, melainkan juga performa prima, serta fitur-fitur cerdas untuk kenikmatan dan safety bagi penumpangnya.

Personal luxury experience benar-benar akan menjadi sensasi tersendiri bagi siapa saja yang menaikinya. Hingga kini Lexus telah hadir dengan berbagai model seperti GS300, IS 300 dan RX 350. (*)

sumber: Toyota Astra Motor

Senin, Maret 09, 2009



Toyota: Tiga besar Fortune’s Most Admired Companies

Toyota Motor Corp. masuk dalam kelompok tiga besar sebagai perusahaan paling terhormat versi majalah Fortune. The Most Admired Companies adalah kegiatan tahunan dari majalah bisnis prestesius dunia. Toyota berada di posisi ketiga dibawah Apple dan Berkshire Hathaway, perusahan investasi milik Warren Buffet, orang paling kaya di dunia.

Selain Toyota masih ada dua perusahaan otomotif lain yang masuk dalam daftar 50 World’s Most Admired Companies yaitu di posisi 28 (produsen mobil mewah Jerman) dan posisi 32 (produsen mobil Jepang).

Di Jepang, Toyota menempati posisi teratas sebagai perusahaan yang fokus pada kegiatan-kegiatan konservasi lingkungan hidup dalam semua kegiatannya. Dalam survey yang dilakukan MM Research Institute itu, kebanyakan responden memuji Toyota sebagai perusahaan yang menjual produk-produk ramah lingkungan seperti mobil hybrid. Juga melakukan aksi-aksi progresif untuk mengurangi emisi CO2.

Perusahaan riset marketing Jepang itu menggelar survey persepsi konsumen mengenai perusahaan yang hijau. Responden diminta menyebutkan satu sampai tiga perusahaan yang dianggap paling peduli terhadap lingkungan. Survei ini melibatkan 1.050 orang diseluruh Jepang.

sumber: Toyota Astra motor