Sabtu, Maret 14, 2009

TOYOTA VIOS: PERKASA SAMPAI AKHIR

Release Date : Kamis, 12 Maret 2009
Media : Autobild, at page 25, size 1100 mmk
Author/Journalist : Tim AutoBild

Setelah melewati 20.000 km dengan berbagai kondisi ekstrem, Vios kami tes kembali untuk melihat bagaimana siksaan tes jangka panjang ini memengaruhi performanya

Bila kita membeli sebuah mobil baru, biasanya mobil itu akan kita sayangi dan sebisa mungkin kita hindarkan dari kondisi ekstrem. Nah, itu berbeda dengan perlakuan kami terhadap Vios yang dites jangka panjang.

Walau masih dalam koridor kepatutan, Vios kami tempatkan pada beragam tes dan kondisi ekstrem. Misalnya berjalan jauh setiap hari, menerjang jalan rusak berdebu, melewati hujan lebat bahkan sedikit banjir. Akselerasi penuh hingga putaran mesin maksimal juga sering kami lakukan.

Di akhir pengetesan, hal tadi tentu dimaksudkan untuk melihat bagaimana daya tahan Vios menghadapi berbagai kondisi pemakaian termasuk yang ekstrem, dan seberapa jauh performanya terpengaruh.

Setelah melewati 20.000 km, kami pun kembali mengetes performa dari Vios. Dan kami mendapat kesempatan eksklusif untuk mengetes mobil ini di sirkuit teranyar Lippo Village International Formula Circuit di daerah Karawaci, Banten.

Dan terasa sekali, Vios masih bisa menunjukkan keperkasaannya. Meski telah melewati beragam tantangan berat, akselerasi Vios boleh dibilang mirip dengan kondisi pada saat baru.

Figur akselerasi tiap tingkat percepatan dari 0-100 km/jam jelas merupakan salah satu yang tercepat untuk sedan bertransmisi otomatis di kelas 1.500 cc. Namun pada 60-80 km/jam yang mewakili kecepatan untuk menyalip, hanya ditempuh dalam 2,6 detik. Menyalip pun jadi lebih aman dan sigap.

Dan jangan lupa, itu masih dibarengi dengan kehematan di jalan bebas hambatan yang mencapai 18,4 km/liter - sama seperti saat baru. Pada pengujian akselerasi 100-120 km/jam, tes akhir kami sedikit lebih lambat, hal ini kami sinyalir karena permukaan lintasan yang sedikit menanjak di ujungnya.

Performa mesin 1NZ-FE yang digunakan Vios seakan tak terpengaruh sama sekali dengan berbagai tes berat yang dilalui. Suaranya tetap halus dan tak ada gejala ngelitik meski diisi Premium. Tak heran mesin ini juga perkasa di arena balap.

Sedangkan pada sektor pengendalian, manuver Vios terasa masih tetap lincah. Kondisi ban tetap baik begitu juga suspensinya. Tiap tikungan di sirkuit Lippo mampu dilibas dengan mantap dan stabil. Juga tidak terjadi masalah apapun dengan transmisi matiknya atau rem. Selip yang terjadi masih dalam batas normal dan perpindahan gigi tetap halus.

Ada beberapa alasan yang membuat performa serta kehematan mobil tetap terjaga. Pertama adalah rancang bangun Toyota yang presisi, dan kami selalu melakukan perawatan sesuai jadwal di bengkel resmi.*