Jumat, Januari 02, 2009



99 MOBIL BARU 2009: TOYOTA AVENSIS

Release Date : Selasa, 23 Desember 2008
Media : AutoCar, at page 43, size 200 mmk
Author/Journalist : Tim Redaksi Autocar
Source : Takashi Yamamoto, chief designer Avensis

Avensis adalah jawaban Toyota atas tuntutan pasar yang semakin menginginkan mobil berperforma dengan emisi gas buang yang rendah. Interior pun dituntut luas tapi dimensi mobil tetap kompak. Menurut Takashi Yamamoto, chief designer Avensis, mobil ini didesain dengan cita rasa Eropa yang tinggi dengan menganut filosofi Toyota's Vibrant Clarity.

Avensis akan tersedia dalam bentuk saloon dan tourer (station wagon). Pemilihan material kabinnya melambangkan prestise dan kedinamisan. Mesin bensin tersedia dalam dua pilihan, yaitu 1.8L Valvematic dan 2.0L Valvematic. Kemudian ditambah mesin-mesin diesel 2,0 liter D4-D130, 2,2 liter D-4D150, dan 2,2 liter D-4D 180. Semua mesin tersebut diklaim irit bahan bakar dan rendah emisi. Fitur-fitur yang melengkapi Avensis antara lain Vehicle Stability Control, Adaptive Front Light, dan pre-Crash Safety System.

Untuk mobil mini perkotaan, Toyota iQ menjadi andalan baru Toyota, sebuah mobil kecil dengan kapasitas empat penumpang. Mobil yang sempat membuat banyak orang penasaran pada saat masih berupa konsep ini akan diluncurkan Januari 2009. Untuk versi Inggris, iQ akan merambah jalanan dengan ditenagai jantung mekanis bensin 3-silinder bertenaga 68 hp dengan dua pilihan transmisi 5-speed manual atau CVT 6-speed. Jangan remehkan fitur safety pada kendaraan ini. Meskipun bentuknya kecil, tapi mobil ini dilengkapi sembilan airbag, termasuk airbag lutut dan airbag yang tertanam pada kursi