Kamis, Juni 26, 2008


THE 16th INDONESIA INTERNATIONAL MOTORSHOW 2008

Sebentar lagi sejumlah ATPM bakal menggelar modil andalan mereka di ajang pameran bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-16 di jakarta (11 - 20 Juli). Mobil-mobil yang ada. lebih didominasi mobil yang didagangkan. Simak saja sejumlah presentasi yang dilakukan para ATPM itu saat konferensi pers. "Kami akan tampilkan 18 All New Jazz di sana," sebuta Yosef Swasono Agus, Corporate Communication Assistant Manager PT HPM.
Lain Honda, Suzuki mencoba menampilkan sejumlah mobil bertampang baru. Bukan apa-apa, tampaknya mobil-mobil yang muncul seluruhnya sudah diluncurkan jauh hari. Hanya saja, tampangnya banyak yang dimodifikasi. Meski, PT Indomobil Niaga International juga berencana meluncurkan SX4 Crossroad.
Begitupun dengan Toyota yang kali ini justru menampilkan line up versi kelas atas. Mereka berencana meluncurkan Alphard anyar dan Toyota Land Cruiser terbaru. Kata Achmad Rizal, communication manager PT TAM, kedua mobil ini yang digadang-gadang bakal jadi 'bunga' Toyota di sana.
Walu begitu, Johnny Darmawan, ketua penyelenggaran IIMS 16th ini tak mau disebut kalau ajang pameran ini sebagai arena jual beli. "Ini adalah ajang dimana para peserta menampilkan teknologi mobil yang ramah lingkungan. Jangan mengejar kuantitas saja. Jadi bukan ajang jualan semata," seru lelaki yang juga menjabat wakil ketua Gaikindo itu.
Sementara itu, Bambang Trisulo, ketua umum Gaikindo menyatakan kalau ajang pameran seperti ini selayaknya dipakai untuk menarik wisatawan. Namun begitu, tercatat sejumlah ATPM tak ikut dalam gelaran ini. Yaitu BMW, Volvo, Renault, Chevrolet, Subaru, Nissan Diesel dan Jaguar.

RENCANA ATPM SAAT IIMS

HONDA: 18 Unit All New Jazz dan Robot Asimo
MITSUBISHI: 9 unit mobil, 2 mobil konsep dan meluncurkan 2 produk baru
FORD: Mobil konsep Verve, Ranger, Everest, Focus, Replika WRC tunggangan Mikko Hirvonen.
TOYOTA: New Alphard, Land Cruiser, mobil konsep I-real, 18 unit mobil
SUZUKI: Unit display, Mobil konsep Kizashi, SX4 modif, Grand Vitara modif, Swift limited edition, Baleno Modif, APV Modif, Karimun Estilo modif.
VW: Tiguan, Phaeton, Beetle Cabriolet, Transporter Small
AUDI: A5, A8, A4
NISSAN: New X-Trial, Sport konsep, Latio
MAZDA: Demio (Mazda 2) atau Biante atau Roadster, Mazda5, Mazda6, Mazda3, BT-50, RX8 facelift, CX7
MERCEDS-BENZ: 5 unit mobil dan 1 Smart.
Otomotif

Mobil Baru: GRAND VITARA TAMBAH VARIAN, XENIAVANZA REFRESHMENT

Menjelang kuartal akhir tahun ini beberapa ATPM telah menyiapkan sebuah rencana agar pasar otomotif terus bergairah. Lirik saja PT IMNI ATPM Suzuki yang menggelontorkan varian baru dari Grand Vitara. SUV berkapasitas 2.000cc itu rencananya bakal dihadirkan dalam wujud varian limited edition. Mengusung tema Hawk Series kendaraan itu bakal dicekoki aksesori tambahan agar terlihat lebih gagah. Sebut saja new model front grill, side bar, rear upper spoiler, door mirror with turn signal, dan fasilitas Bluetooth pada perangkat head unit.
Tak hanya itu, warna bodi juga dikelir berbeda dari varian standar. "Bila tidak ada halangan bakal dikelir warna hitam dan burgundi," aku Bebin Djuana, brand manager II IMNI. Lanjutnya, kalau varian yang bakal ditambah hanya untuk sistem transmisi otomatis dengan selisih harga Rp 10 juta lebih tinggi.
Tak ketinggalan PT TAM, ATPM Toyota juga melakukan 'penyegaran' pada Toyota Avanza. Rencananya, ruang interior yang terdiri dari jok dan trim bakal diubah warna menjadi ivory tua dari kelir standar muda. "Hal serupa juga terjadi pada dashboard yang mengikuti warna lebih gelap atau tua dari standarnya."
Meski TAM dan ADM belum resmi mengakui adanya proyek Xeniavanza refreshment itu, tapi kabar yang didapat dari salah satu gedung tinggi di Sunter menyebut September sebagai waktu kehadiran mobil bernuansa baru dengan kapasitas 1.000cc dan 1.300cc itu.
Sementara itu, General Motor AutoWorld Indonesia (GMAWI), ATPM Chevrolet, resmi hadirkan New Chevrolet Aveo 1.5. Kendaraan ini tersedia dalam dua pilihan transmisi. Pertama mengusung sistem transmisi manual 5-speed seharga Rp 132 juta (on the road DKI Jakarta). Lalu pilihan transmisi otomatis 4-speed dibanderol Rp 147 juta. Menurut Mukiat Sutikno, managing director GMAWI bahwa 120 hingga 150 unit target tiap bulannya terjual.
Bila melihat pesaing kemungkinan besar mobil ini bakal sulit bersaing di pasar. Pasalnya All New Honda Jazz 1.5 VTEC yang hadir dan brand image Toyota Yaris serta Suzuki Swift bakal jadi batu sandungan.
Otomotif

MOBIL BERPENUMPANG 7 KHUSUS INDONESIA

Keseriusan Proton untuk meningkatkan kuantitas penjualannya di Indonesia semakin kuat. Hal ini terungkap saat OTOMOTIF beserta rombongan wartawan dari Indonesia bertatap muka dengan Dato 'Syed Zainal Abidin Syed Mohammed Tahir, managing director Proton Holding Berhard di Malaysia beberapa waktu lalu.
Bahkan rencananya Proton akan membuat mobil khusus untuk dijual di Indonesia. Jenisnya MPV 7 seater dan akan diluncurkan sekitar akhir 2009. Bermesin 1.6 liter mirip dengan yang diusung Persona. Sebagai penyalur tenaga akan tersedia versi manual dan matik. "Kami juga akan membuat versi 2.000 cc bensin dan yang bermesin diesel," jelasnya.
Di Malaysia sendiri MPV ini akan diluncurkan Mei tahun depan. Saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Hebatnya lagi sebelum membuat proyek ini Proton telah melakukan survei dengan mewawancara langsung konsumen selama sebulan. "Untuk mengetahui cita rasa orang Indonesia."
Enggak hanya itu, di pusat R&D Proton di Shah Alam, Selangor, terdaftar Nissan Grand Livina dan Toyota Wish sebagai acuan. Diperkirakan desainnya merupakan paduan kedua mobil itu.
Otomotif

TMC REVISI TARGET GLOBAL

Toyota Motor Corp (TMC) berencana meninjau ulang kinerja operasional perusahaan, termasuk merevisi target penjualan global pada tahun ini menjadi 9,85 juta unit di samping melakukan sejumlah efisiensi.
Langkah TMC yang merevisi sekitar 30% keuntungan operasional tersebut merupakan yang pertama kali terjadi dalam sembilan tahun terakhir. Rencana tersebut merupakan hasil rapat umum pemegang saham Toyota yang dipimpin Presiden TMC Katsuaki Watanabe di kantor pusatnya di Nagoya, Jepang.
Perusahaan otomotif terbesar di Jepang itu secara resmi akan mengumumkan rencana target operasi pascarevisi pada pertengan Juli.
Watanabe, mengatakan rencana itu dilakukan karena adanya perubahan sejumlah faktor seperti penguatan mata uang yen dan resesi ekonomi di AS, yang dikhawatirkan berpengaruh terhadap daya beli konsumen di negara adi daya itu. Lonjakan harga berbagai material kendaraan juga menjadi perhatian TMC.
Berdasarkan volume, volume penjualan global Toyota memang lebih rendah 3.106 unit dibandingkan dengan General Motors Corp (GM). namun secara nilai, Toyota mengalahkan raksasa otomotif asal Amerika Serikat tersebut.
Rencana TMC Jepang tersebut, tampaknya tidak akan berpengaruh terhadap rencana penjualan Toyota di Indonesia karena kinerja selama ini cukup positif dan mampu meraih pangsa 34,6% di pasar otomotif nasional pada Mei 2008.
Bisnis Indonesia