Selasa, Juni 24, 2008

Perjalanan ke South Africa (23 Des - 2 Jan 2008)



SOUTH AFRICA TOUR
23 des '07 - 2 Jan '08


1. Hari Pertama (23/12/07)
via SQ 967 20.15 menuju Cape town via Singapore, tiba di singapore jam 23.00, dilanjutkan dgn SQ jam 00.30 terbang menuju ke Afsel dengan waktu perjalanan 12 jam. karena waktu di capetown mundur 5jam, maka perkiraan ketibaan adalah jam 07.00

2. Hari ke 2 (24/12/07)
Tiba di Cape Town Airport jam 07.30, setelah segala urusan selesai di airport Bus memulai City Tour jam 09.00.

Afsel 60% penghasil Berlian dunia, kesenjangan kaya miskin masih jomplang, saat keluar airport sdh bisa terlihat kawasan kumuh dgn gubuk2, ada 4 musim dan kumpulan dari 4 benua ini bisa terbukti dari pohon dari segala penjuru dunia ada disini.

Kota teraman diseluruh Afrika ini, dgn Table Mountain (gunung diatasnya rata seperti meja) ditengahnya bisa digunakan Cable car naik keatas dan merupakan cable car kedua tertinggi didunia setelah Mount Titllis Swiss.

Mampir di Pabrik Wine 'Groot Constantia' dgn hamparan Kebun anggur, merasakan beberapa produk wine dgn rasa yg berbeda beda, sempat red wine 'PORT' yg rasanya agak manis. berpenduduk 4.2jt khusus di capetown dan 48jt seluruh afrika selatan.

Rumah disini hampir semuanya dipasang alarm / kawat Pagar berlistrik, konon dulu ada penjara yg dekat dgn kota dan terjadi pelarian tahanan yang kemudian merampok rumah2 disekitar.

Taman 2 banyak ditemukan di capetown yg merupakan peninggalan Penjajahan Inggris dan belanda.

Setelah berfoto sebentar di Rhodes Memorial yg dibangun utk mengenang Cecil John Rhodes (berada di areal table mountain), menuju ke University of Cape Town

setelah makan siang jam 12.30 Tae Yuan Restorant dipinggir laut samudra (mirip seperti Goalcoast / Hawai), Lalu perjalanan dilanjutkan ke Table Mountain tetapi blm bisa naik kepuncaknya via cable car krn angin masih terlalu kencang, hanya diberikan waktu utk berfoto pemandangan ke arah laut & kota capetown.

kemudian menuju ke Signal Hill yg letaknya sederet dgn table mountain utk melihat pemandangan kearah Table mountain dan Pinggir laut tempat makan siang.

masih sekitar area tersenut mampir ke Capetown university yg terletak diatas bukit & sangat besar, mahasiswa dari seluruh penjuru dunia bersekolah disini sebagai duta bangsa kiriman dari negara2 pendonor pembangunan campus ini yg memang terkenal diAFSEL ini krn merupkan campus tertua & berpengantar bahasa Inggris.

dianta mampir sebentar di WaterFront, pinggir laut dgn Mall mirip Citos atau Lippo supermall, tapi dipinggir laut banayk restoran, rest kapal dll yg merupakan tempat yg paling ramai org santai relaks menikmati suasana.

selanjutnya diantar makan malam di WangThai rest jam 18.00, diantar kembali ke Hotel Westin Grand (bintang 5) maka selesai acara hari ini.

3. Hari ke Tiga (25/12/07)
Habis Breakfast jam 08.30 memulai perjalanan, mampir Mydan scobe pinggir pantai dgn gunung terjal disebelahnya yg penuh dgn villa mahal yg harganya 10jt perunit 150m2, dahulu kala tempat ini hanya boleh dikunjungi oleh Kulit putih (apertheid).

Melalui Sany bay, Villa org2 kaya yg sangat private tidak utk umum dan tdk boleh ada toko2.

Aotbay yg dibelah oleh gunung dimana bagian belakang merupakan kawasan org kulit hitam sedangkan sebelahnya dekat pantai komunitas org kulit putih, dari sini menaiki Boat menuju Seal Island (15menit perjalanan) utk melihat Anjing laut yg berkumpul jemur, istirahat.

Di Chapman's Peak tdk berhenti krn disini adalah puncak gunung batu yang pinggirnya dipangkas utk dibuat jalan yg sempit dan dikerlakan oleh para tahanan jaman dulu (seperti kerja paksa/ rodi di Indo).

Jalanan kemudian semakin menurun melewati CHapman's Camp area camping utk umum, dilanjutkan ke Fish Hoeks utk makan siang Lobster.
Restoran yg tepat dipantai berpasir landai ini ramai dikunjungi orang, tepat jam 13.00 berlanjut lagi ke Boulder Beach melalui Simon's city yang terkenal dengan pusat Angkatan lautnya.

Pingguin hidup di Habitat aslinya, pinggir pantai dgn semak2 untuk berlindung Pingguin dari panas matahari, ternyata pingguin disini hidup tdk harus dgn salju/dingin.

Perjalanan kembali ke Capetown yg berjarak 40km ini memerlukan waktu 1jam, melalui jalur utara utk mendapatkan via yg berbeda dgn waktu kedatangan, setiba di Capetown langsung menuju ke Table Mountain.

menaiki Rotate cable car (dibangun oleh kontrakto yg juga membangun cable car di Mount Titlis), ke keatas yg berketinggian 1.067m, diatas Mountain ternyata pemandangannya sangat menakjubkan, puncak gunung yg benar2 rata seperti meja dgn view ke arah selatan dan utara sangat berbeda, dimana diselatan view seluruh kota Capetown + laut pelabuhan & Utara view gunung Batu yg sangat curam diseberangnya ada Gunung bercula badak dan Laut yg sdg ditutupi oleh awan yg tebal, sehingga memberi kesan sdg berada diatas awan.

Setelah diantar makan malam chinesse foods di Mr. Chan Restoran pada jam 19.30 maka selesailah acara hari yg menakjubkan ini.

4. Hari ke Empat (26/12/07)
Pagi ini tepat jam 06.00 perjalanan dimulai menuju keutara Knysna dgn jarak 400km, jam 12.30 tiba di Mosselbay utk makan siang di restoran Seafood African 'GARNET REST', didepannya terdapat museum Bartoloceum Diaz ygn menceritakan tentang perjalanannya samapi ke Afrika dgn Replika Kapalnya, didamping itu juga ada museum Maritim (kekayaan bawah laut) dan Museum Kantor Pos pertama di Afrika, yg paling bersejarah disini adalah Pohon Tua (Milk Tree) yg sdh berumur 500th ini merupakan tempat Bartolomeus meletakkan sepatu Bootnya dgn Isi Pencatatan perjalanannya utk dpt sampai ketempat ini, kemudian Pohon ini disebutkan bahwa sejarah dimulainya kantor pos pertama di Afrika.

setelah itu mnggunakan kereta api kuno yg base campnya di pinggir pantai itu menuju ke George town yg berjarak 40km dgn perkiraan waktu 2jam perjalanan, sepanjang perjalanan bisa menikmati view pantai dan Hutan2 dgn pohon2 kecil.

Setibanya di Station George town sekaligus merupakan museum kereta api kuno, terlihat Lokomotif kuno masih terpelihara dgn baik dan bisa berfungsi. di kota George yg terletak di bagian timur Afrika selatan ini terdapat banyak farm2 (perkebunan) dan penduduknya lebih santai (enjoy life) memberikan pemandangan pegunungan yang berbeda lagi, ada tanaman pohon atau Hutan Produksi, pohon yang diproduksi utk di ekspor dan keperluan dalam negeri, sehingga George town dikenal sebagai penghasil kayu terbesar di Afrika selatan.

melewati pegunungan dgn pinggir pantai dan melewati salah satu kota namanya Wilderness dipantai yang dipenuhi oleh Villa menarik dan merupakan tempatnya Dolphyn.

Knysna adalah kota yg dahulu kala bermula dgn bermukimnya pensiunan org belanda yang menghabiskan masa tuanya, tetapi kemudian berkembang menjadi satu komunity yang besar sekarang, sehingga disini dominan menggunakan bahasa belanda bahkan sangat disenangi oleh para seniman utk datang & bermukim disini karena kota yang sunyi, tenang & tidak besar, maka disebut juga sebagai kota seni.

Sesampai dikota mungil ini, langsung check In di Proteria Hotel yg terletak tepat di Waterfront yg merupakan titik keramaian, terdapat toko2 souvenir, Restoran dll tapi arealnya kecil dgn danau mengelilingi & sebagai muara dari sungai bersambung ke Samudra Hindia, tdk seperti di Capetown,

Jam 19.00 makan malam Wetern foods di Rockdoks Restoran, selesailah acara hari ini.

5. Hari ke lima (27/12/07)
Pagi ini jam 08.00 perjalanan dimulai menuju ke George di Oudtshoorn, adalah nama org belanja jaman dulu yg berdagang dgn cara barter Gading dari kepala suku setempat yg bernama , disinilah tempat terjadinya transaksi tersebut.

Perjalanan dari Knysna menuju ke george dan lanjut ke Oudtshoorn menempuh waktu 1 jam lebih menyusuri jalanan dipinggir bukit & pegunungan yg membentang, penuh berbatuan tanpa 1 pohon pun yg besar, seperti gunung yg botak.

sampai di Cango Wild Life Park, kebun binatang mini utk melihat Buaya, Cheetah, Singa, Macan dll.

Perjalanan dilanjutka ke Safari Ostrich Farm, penangkaran Burung Unta terbesar didaerah Outdshoorn, melihat proses kelahiran anak Ostrich mulai dari telor a/d menetas, juga melihat Ostrich balapan dan mengangkut manusia.

Burung Unta (Ostrich) adalah binatang yg di kembangkan dgn penangkaran disini, sehingga perkembangbiakan cukup banyak meningkatkan populasi, seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan, mulai dari bulu, daging, kulit dllnya, Kulitnya utk Tas, sepatu, dompet dll, Bulunya utk kemoceng dll, masa hidup bisa mencapai 40th, telurnya yg besar beratnya rata2 1.5kg per pcs (setara dgn 24 butir telur ayam),memerlukan waktu 42hari melewati masa pengeraman utk bisa menetas, anak Ostrich yg mencapai umur .. baru bisa dikenali jenis kelaminnya, jika memasuki musim kawin ciri khasnya adalah mengeluarkan suara berisik pada jenis kelamin jantannya. Telurnya mengandung Kolesterol tinggi, sedangkan dagingnya mengandung protein yg sangat tinggi.

setelah safari Ostrich, makan siang di lokasi dgn meu khusus daging & telur Ostrich, jam 14.15 kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Cango Caves.

Goa dgn kedalaman 15 m dibawah tanah, ditemukan pada th 1700 an ini ternyata trecknya sangat panjang, rombongan hanya sampai dipertengahan saja, selebihnya biasa digunakan utk Adventure treck yg memakan waktu 1,5jam berjalan kaki utk dpt menyelesaikan seluruh perjalanannya.

pemandangan stalagmit stalagtit sangat memukau, begitu banyak cerita yg dipaparkan mulai dari Devil, Ranjang malam pertama, Toilet pria+wanita, Drum Afrika dll, terutama di main hall terdapat kumpulan stalagmit+stalagtit yg besar dan bagus sekali, dulu ditempat ini pernah digunakan utk konser2 yg tidak memerlukan sound system krn gema di goa ini membantu suara yg dikeluarkan bisa terdengar seluruh ruagan dgn sangat jelas.

selesai dari sini, ja 16.30 bus kembali ke Knysna melalui Outdshoorn, George, Wilderness, dgn jarak 120km, tiba di Knysna jam .

acara dinner malam ini di Restoran Kapal yg mengelilingi danau dgn Buffet menu, suasana yg sangat romantis & tenang, nyaman utk bisa makan sambil menikmati indahnya pemandangan malam yg memang masih terang oleh panas matahari s/d jam 20.00 yg memang terlambat terbenam, jadi terasa masih seperti jam 16.30 saja.

Selesailah acara hari ini.

6. Hari ke Enam (28/12/07)
Pagi ini perjalanan dimulai jam 10.30 utk menuju ke Airport di George town dgn pesawat SAA (South African Airline) menuju ke Sun city (the Lost city).

sebelumnya makan siang dulu di Mei Ling Rest (Taiwanesse rest), jam 15.15 dgn pesawat SAA 1506 menuju ke Johannesburg, tiba jam 17.45.

Jam 18.30 transfer via Megacoach dari Airport mega & besar sekali

Joberg adalah kota terbesar di Afsel dgn penduduk 6jt lebih & kriminilitas tertinggi didunia, Pemerintah disini sangat khawatir dgn peningkatan AIDS yg sangat pesat. kota ini bukan Ibukota, krn ibukota Afsel ada 3, capetown (Legislatif), Proteria (Yudikatif) & blue Fountain (Eksekutif). Rasial masih cukup kental dimana dulu adalah kota terrasial di Afsel, misalnya saja, Halte Bis utk kulit putih & tidak pernah boleh di pakai Org hitam tetapi sebaliknya org putih bebas kemana saja.

Pembangunan terpesat dari seluruh Afrika ada diutara yaitu di Joberg, bahkan punya Highway yg paling bagus, lebar s/d 6 jalur, ini semua sangat banyak kontribusi dari Sun Corparation samapai dgn sumbangan utk pemerintah menjaga ekosistem diseluruh Afsel,

Sesampai di Sun City jam 21.00 yg biasa disebut The King of Pleasure, sebuah kota Entertaiment seperti Genting di Malaysia yg dibangun oleh Sun Corporation Group dari US. Check In dulu lalu diantar makan malam di Suncity hotel pada The Rock Restoran.

selesai diantar kembali ke hotel via bus yg bertugas mengantar jemput, kebetulan kompleknya tidak besar.

7. Hari ke tujuh (29/12/07)
Hari ini full day acara bebas, tetapi sampai dgn makan siang masih bersama2 main di Area waterboom yg berada dibelakang Hotel.

Jam 12.00 makan siang Western foods di belakang Hotel Sun City, sekarang bebas.

Malam hari setelah makan Chinesse foods di rest Orchid (Sun city) Nonton SHow Lets be there Rock, Musikal Show yg khusus menyajikan lagu2 rock.

8. Hari ke Delapan (30/12/07)
Pagi jam 09.00 perjalanan menuju ke Entabeni dgn jarak (waktu tempuh 3.5jam) langsung makan siang dan Safari Tour.

Tiba jam 12.30 langsung makan siang, setelah itu diantar Check In di Camp 'EAGLENEST', disini terbagi beberapa camp yaitu Lakeside, Ravineside, King Fisher, Reception/ Front Office, & mencar dgn jarak 3-5 km, jam 16.00 dijemput Ranger utk memulai Safari, memburu binatang liar di alam bebas, sempat ketemu Rusa, Babi Hutan, Banteng, Kancil, Jerapah, Singa yg kebetulan baru berhasil bebruru mangsa seekor Jerapah, saat sdg makan buruannya kemudian berdatangan singa yg lain utk berebut makan, bahkan sempat berkelahi dulu. mobil Ranger yg membawa kami dgn bak terbuka menjadikan pengalaman hyg sangat menakutkan karena sangat dekat dgn singa2 yg datang & sdg makan.

menjelang 3/4 perjalanan berhenti dan berkumpul didekat danau utk istirahat sejenak sambil minum soft drink & ngobrol dgn teman lainnya, selanjutnya diantar kembali ke Reception, tiba jam 19.30 makan malam sambil dihibur dgn tarian asli org hitam yg sangat agresif, setelah selesai diantar kembali ke camp utk istirahat.

9. Hari ke Sembilan (31/12/07)
Pagi ini jam 05.30 dijemput utk berburu lagi akhirnya bs ketemu Badak bercula dua yg sangat besar tepat ditengah jalan bahkan sempat berantam dgn pasangannya.

selanjutnya diantar ke Helipad utk melakukan Flip Heli, terbang dgn Helikopter utk mengelilingi sekitar area dgn waktu kira2 3 menit, ini pengalaman yg sangat menegangkan dan takjub.

Selesailah adventure di Entabeni yg memiliki mascot Gunung batu yg terjal & sangat bagus bentuk, mirip seperti Table Mountain dicapetown.

melanjutkan perjalanan ke Pretoria dgn jarak 120km, melalui kota BelaBela, Toilet stop sekali tiba di kota pretoria yg berpenduduk 1.8jt mampir ke Union Building sebagai tempat pusat pemerintahan utk berfoto sebentar.

lanjut ke Church Square tempat pertemuan (Ikon) dan juga merupakan km 0 dari pusat Kota Pretoria, tetapi tdk turun karena ditutup utk persiapan acara malam tahun baru bagi org kulit hitam.

akhirnya diantar makan siang terlebih dahulu (jam 11.30) di WangThai Restoran.

Jam 12.30 di antar ke Proclamation Hills, Tugu peringatan Aphertheid, dimana menjelaskan perbedaan perlakuan terhadap org hitam, ditutup juga krn akan dipakai utk acara All & New Kulit Putih yg memiliki undangan.

Diantar belanja di Cambanos store, khusus jual Cindera mata khas afrika utk turis2, selanjutnya diantar ke Gold Reef City, Pusat permainan seperti Dufan ancol, kawasan bekas penggalian Diamond terbesar jaman dulu, skr dijadikan tempat wisata. disini rombongan diajak melihat proses penambangan emas jaman dulu dgn Lift turun ke perut bumi sedalam 56 meter dari 3.200 yg sdh ditambang jaman dulu, ternyata didalam perut bumi ini penuh dgn terowongan hasil penggalian yg panjang dan memutar, dan isinya bebatuan semua, bukan tanah.

setelah itu nonton show tarian dance tradisional Afrika, lalu dilanjutkan masuk ke satu gedung yg mempertunjukkan proses biji emas s/d peleburan menjadi emas batangan.

kemudian menuju ke rest CARNIVORE yg berada dipinggir JoBerg (seperti Jkt-Depok), utk makan malam, di rest ini menyajikan makanan khusus daging segala binatang, menu hari ini adalah Daging Burung Unta, Crocodile, Venison, Hartebeest, Antilope, Bush Pick, Pick, Zebra, Lamp, Chicken, Rusa, Beef (Sosis Lamp, Beef, Pick), jadi semua daging menu hari ini dimakan kecuali Kambing.

menuju ke Hotel D 'Oreal Grande utk Check In jam 21.30, jam 11.30 ngumpul bersama utk mengikuti malam tahun baru diarea Emporium Palace Casino (mirip Caesar Palace di Las Vegas) walaupun tidak meriah tetapi tetap happy krn bisa merayakan All&New bersama rombongan dan di Afrika Selatan tepatnya di Johannesburg.

10. Hari ke sepuluh (1/1/08)
Pagi jam 10.30 diantar ke Airport Jan Smuzt (Joburg) utk kembali ke Jakarta via Singapore dgn pesawat SQ479 take off jam 14.00, tiba Singapore jam 05.00 pagi (waktu tempuh 9jam) ada perbedaan waktu 5 jam lebih cepat dari Afsel.

11. Hari ke sebelas (2/1/08)
Boarding lagi dari Singapore jam 7.50, take off jam 08.00 dgn waktu 1.25jam sampai di Jakarta jam 08.25 krn ada perbedaan waktu lebih lambat 1 jam. maka selesailah acara tour kali ini dgn jumlah peserta 35 org + 1 org tour leader (Rudiana).

sampai ketemu di Tour berikutnya.