Rabu, Juni 25, 2008


LIMA ATPM ABSEN DALAM IIMS 2008

Seperti halnya tahun lalu, setidaknya lima ATPM absen dari perlehatan pameran otomotif terbesar The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan berlangsung 11 - 20 Juli 2008.

Kelima ATPM yang tidak ikut meramaikan IIMS 2008 tersebut adalah BMW, Jaguar, Volvo, Nissan Diesel, dan General Motors.
Ketua Umum Gaikindo Bambang Trisulo mengatakan IIMS kali ini akan diikuti 18 ATPM, yang terdiri dari 16 merek kendaraan penumpang dan dua merek kendaraan komersial. Adapun total peserta non ATPM mencapai 121 perusahaan.
Bambang menyayangkan absennya sejumlah ATPM pada ajang pameran tahunan yang diselenggarakan Gaikindo tersebut. "Saya tidak tahu persis alasan mereka. Mungkin mereka menganggap pameran ini tidak cukup bermanfaat sehingga tidak perlu ikut. Mungkin kami belum cukup menarik atau saya belum cukup effort untuk meyakinkan mereka," ujarnya.
Menurutnya, masing-masing ATPM memiliki cara tersendiri untuk membuka pasar dan kemungkinan IIMS bukan menjadi bagian dari strategi pasar mereka. Absennya BMW, katanya kemungkinan karena IIMS dinilai belum cukup menarik dan tidak sejalan dengan strategi promosinya. Nissan Diesel diperkirakan karena terpengaruh masalah politik di luar Jepang, sementara Volvo masih mencari bentuk strategi di pasar Asean.
"Tugas saya saat ini meyakinkan anggota bahwa IIMS bukan hanya untuk jualan, melainkan juga membangun kebersamaan industri otomotif di Indonesia. Secara keseluruhan Indonesia harus bisa membuat dirinya menarik bagi investor Eropa dan amerika Serikat."
Sebelumnya, Director of Corporate Communications PT BMW Indonesia Helena Abidin menjelaskan ketidakikutsertaan BMW semata-mata karena tidak memiliki produk baru yang akan diluncurkan.
Managing Director PT GM AutoWorld Indonesia Mukiat Sutrisno mengatakan pihaknya absen dari IIMS 2008 karena pada September mendatang GM akan menyelenggarakan GM Next, sebuah pameran ekslusif produk General Motors berkaitan dengan perayaan ulang tahun ke-100. "Jadi kami mengorbankan IIMS karena waktunya mepet," katanya.
Ketua Pelenggaraan IIMS 2008 sekaligus Wakil Ketua Gaikindo Jonhnny Darmawan menambahkan IIMS merupakan ajang adu teknologi, di mana partisipan akan menampilkan produk-produk unggulan yang ramah lingkungan dan membawa model terbaru yang inovatif dengan teknologi terakhir.
Bisnis Indonesia


GM RILIS NEW AVEO
Setelah absen berjualan model hatchback selama 19 bulan, PT Genaral Motors AutoWorld Indonesia (GMAWI) -- ATPM Chevrolet -- kembali menaikkan tensi persaingan di segmen ini dengan merilis New Aveo 1.5L kemarin.
New Aveo ditahbiskan sebagai tulang punggung kedua dalam kinerja penjualan GM pada tahun ini, setelah Captiva. Target penjualan yang dipasang New Aveo berkisar 120 unit hingga 140 unit per bulan, atau diharapkan berkontribusi sekitar 28,4% dari target total Chevrolet tahun ini sebanyak 3.200 unit.
"Kami yakin New Aveo akan sukses di pasaran, karena segmen pasar hatchback selama lima tahun terakhir di Indonesia berkembang sangat cepat," ujar Managing Director PT GMAWI Mukiat Soetikno.

Mobil yang didatangkan secara utuh (CBU) dari Korsel ini mengalami perubahan minor (facelift). "Tetapi secara keseluruhan, perubahannya sangat banyak, seperti performa, eksterior dan interior, fitur keamanan, dan juga perangkat hiburan," tambahnya.
Bisnis Indonesia

FORD AKAN IMPOR FIESTA DARI THAILAND
PT Ford Motor Indonesia tengah menyiapkan model terbaru, sedan hatchback Ford Fiesta, yang direncanakan diluncurkan ke pasar Indonesia pada akhir 2009 atau awal 2010.
Melalui model tersebut Ford memproyeksikan pangsa pasarnya akan terdongkrak hingga tiga kali lipat dari saat ini yang hanya berkisar 1,5% terhadap total industri otomotif domestik.
Marketing Director PT Ford Motor Indonesia Davy Tuilan mengatakan saat ini perusahaan melakukan sejumlah persiapan produksi Ford Fiesta di pabriknya di Thailand. "Produk ini didatangkan dari Thailand sehingga bisa masuk ke Indonesia dengan menggunakan fasilitas tarif bea masuk Afta sebesar 5%," ujarnya.
Kendati belum memutuskan jenis mesin dan harga jual produk secara pasti, Ford Fiesta diperkirakan akan dipasarkan di kisaran harga Rp 170 juta sehingga berhadapan langsung dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris.
Brand Manager PT FMI Donald Rachmat menambahkan Ford Fiesta diharapkan mampu meraih angka penjualan 16.000 unit atau 8% dari total segmen hatchback. Pasar hatchback merupakan segmen yang cukup empuk dan paling berkembang di Indonesia.
Bisnis Indonesia

RI MINTA JEPANG BANTU TRANSFER TEKNOLOGI OTOMOTIF
Indonesia meminta bantuan US$100 juta (Rp 1 triliun lebih) kepada pemerintah Jepang untuk meningkatkan kemampuan industri otomotif nasional melalui program peningkatan kemampuan industri (manufacturing industrial development center/MIDEC). Bantuan tersebut diharapkan dapat diberikan dalam bentuk dana tunai, asistensi tenaga ahli dan peningkatan desain mesin guna merealisasikan transfer teknologi otomotif.
Program MIDEC tersebut merupakan implementasi dari kerangka kemitraan ekonomi Indonesia - Jepang (IJ-EPA). Di dalam program MIDEC, Indonesia meminta sedikitnya 13 sektor manufaktur nasional diberikan bantuan transfer teknologi sebagai komitmen pemerintah Indonesia yang bersedia menghapus sejumlah tarif bea masuk bagi produk Jepang.
Direktur Industri Transportasi Darat dan Kedirgantaraan Departemen Perindustrian Syarif Hidayat menjelaskan usulan bantuan dalam program MIDEC itu akan disampaikan dalam kelompok kerja (working group) sebagai tindakan lanjut perjanjian kemitraan ekonomi Indonesia - jepang (Economic Partnership Agreement/EPA).
Bisnis Indonesia