Selasa, Juni 24, 2008

Perjalanan ke Jepang 2-9 Sept 2005




JAPAN TRIP
2-9 SEPTEMBER 2005

Hari ke 1 (2/9/05)
Berangkat dari Airport sukarno-Hatta pada jam 20.45 dengan SQ167 menuju SIngapore, tiba di Singapore jam transit 1,15 jam , perjalanan dilanjutkan ke Tokyo (NARITA AIRPORT) dengan lama perjalanan 6.15 jam, take off jam 23.00 dan tiba di TOKYO jam .

Hari ke 2 (3/9/05)
Saat ketibaan di Narita Airport mengingatkan saya pada Nostalgia datang ke jepang utk pertama kalinya di tahun 1999 (Tokyo motor Show), Jepang sangat menakjubkan.

Hari ini kami seluruh rombongan dgn anggota 120 orang dibagi menjadi 4 Group A, B, C ,D langsung memulai perjalanan (tidur dipesawat), ada perbedaan waktu 2jam dengan jakarta.

Tiba jam 08.00 langsung transfer ke Pusat penjualan ELEKTRONIK 'AKISHABARA' turun utk shopping + santai-santai 1.5 jam dilanjutkan dgn perjalanan makan siang ke HOTEL LI MERIDIEN tepat jam 12.00.

Jam 13.15 perjalanan diteruskan ke 'TOYOTA MEGA WEB' dgn waktu bermain 1.5 jam, Themepark yg dibangun oleh Toyota utk memperkenalkan produk toyota yg sdh dipasarkan dan yg futuristik dan simulator yg sangat menarik, saya sempat mencoba simulator TOYOTA RALLY melalui SINEMA 3 DIMENSI, dan juga naik Giant Roll basket (seperti BIANGLALA Di Dufan).

Jam 15.00 meneruskan perjalanan ke ASAKUSA mengunjungi KUIL 'SHENSEJI' merupakan kuil tertua di Jepang, juga terdapat pusat penjualan SOUVENIR dgn harga terjangkau, selama 1.5 jam waktu digunakan utk belanja dan akhirnya kembali kehotel, meginap di hotel 'CENTURY HYATT HOTEL' (hotel bintang 5) di daerah Nishi-Shinzuku, makan malam jam 19.00-21.00, terakhir acara bebas ke Hikabara (tempat hiburan malam yang buka 24 jam).

Hari ke 3 (4/9/05)
Sarapan jam 6.30-08.00 hari ini full time sampai jam 18.00 bermain di DISNEY SEA, disini permainan cukup banyak dgn atraksi yang sangat menarik dan mendebarkan, kebetulan hari ini adalah hari Ulang Tahun Disney Sea yg ke 4 (juga bertepatan dgn Ultah orang/pemilik yang mempunyai ide membangun Disney Sea). Sempat diselingi dgn belanja souvenir, akhirnya dapat juga oleh-oleh utk M&D (Baju- Bagus Loh..), acara hari ini diakhiri jam 18.30 (telat 1/2 jam krn ada Heldi&Yulius yg telat/Nyasar), tiba di hotel 'HILTON' untuk makan malam dan kemudian diantar ke hotel 'Century Hyatt Hotel' dan acara bebas.

Hari ke 4 (5/9/05)
Pagi ini perjalanan dimulai dengan kereta 'SHINKANSEN' jam 09.40 berangkat dari Tokyo Station menuju 'NAGOYA' dan tiba jam 11.30 atau sekitar 2 jam dengan menempuh jarak 536 km (rata-rata 256 km/jam).

'SHINKANSEN' merupakan keretan tercepat didunia yang pertama dengan total 16 gerbong merupakan pengalaman tak terlupakan karena didalam kereta juga dapat menikmati pemadangan mulai dari gedung bertingkat, kawasan perumahan hanya berlantai maks 2 (mirip seperti kompleks di jakarta), sawah atau daerah pertanian dan perkebunan.

Setiba di 'NAGOYA' diantar Bis menuju 'FORESTA HOTEL' untuk makan siang, hotel dikawasan perbukitan ini seperti tempat peristirahatan yang damai dan tenang. kawasannya sedikit terpisah dari kompleks permukiman. sampai 1 jam kemudian tepatnya jam 13.00 kami melanjutkan perjalanan ke 'TOYOTA KAIKAN HALL'.

Toyota Kaikan Hall adalah Tempat show Produk Toyota dengan teknologi tinggi dan kendaraan masa depan seperti 'HYBRID VIHICLE' dan 'i-UNIT', selain itu juga ditampilkan produk yang sedang dipasarkan saat ini khususnya yang terakhir seperti LEXUS seri terbaru, LANDCRUISER, VITZS, ALPHARD, dll. Yang menarik yaitu Robot (seperti Honda ASIMO) yang bisa bermain trompet dan melakukan atraksi musik lainnya, juga ada kendaraan masa depan dengan teknologi tinggi untuk masa depan yaitu 'i-UNIT', kendaraan angkut satu orang dalam posisi duduk dan bisa diatur menjadi posisi tidur, mirip seperti kendaraan impian (fiksi/rekayasa) yang ada diFilm-film cerita teknologi masa depan, seperti STAWARS dll.

Selanjutnya kami menuju 'TOYOTA AUTOMOBILE MUSEUM' untuk melihat secara fisik pergerakan/perkembangan permobilan didunia dimulai dari kendaraan yang masih mirik becak bermesin yang produk pertamanya terjadi pada tahun 1909 oleh Henry ford. Disini kami memulai dari lantai 1 yang khusus menampilkan produk non Toyota dengan display kendaraan yang cukup banyak dengan varian yang sangat lengkap sesuai dengan perkembangan perjalanan waktu, dan dilantai 2 kami bisa melihat semua produk Toyota masa lalu dimana sebagai Founder pertama adalah 'KIICHIRO TOYODA' yang mebuat mobil pertama dengan merk 'TOYODA' dimana sebelum memproduksi mobil, perusahaan Toyoda bergerak dibidang Tenun Tekstil, dimana sampai sekarang mesin tenun tersebut masih ada dimuseum tenun, didunia ini hanya tersisa 2 mesin tenun serupa yang merupakan mesin tenun terbesar didunia.

Sekitar jam 17.00 kami diantar Check In ke 'NAGOYA MARRIOT ASSOCIA HOTEL', hotel bintang 5 yang berada tepat di Central Nagoya, juga dibelakang adalah 'NAGOYA STATION' (Station terbesar di Nagoya', dilantai 1 - 12 adalah pusat perbelanjaan 'TAKHASIMAYA DEPT. STORE' pusat perbelanjaan seperti Indonesia Plaza / Plaza Senayan dijakarta, hanya di sini lebih besar. Lobby Hotel berada pada lantai 15 dan kamar di mulai dari lantai 16 - 51, Hotel ini cukup mewah.

Acara 'Welcome Party' oleh TMC dimulai jam 19.00 dimulai dengan sambutan wakil TAM Bp. Hastanto, Wakil TMC (nama kurang terdengar), makan malam ala carte mulai berjalan sampai selesai makan, kami dihibur dengan SAMURAI SHOW' ketangkasan 4 orang pemain dalam melestarikan seni pedang samurai dengan sangat mengesankan, team ini dikabarkan juga turut serta dalam pembuatan film 'KILL BILL' dan juga sudah merekam seni beladiri jepang ini dalam bentuk Video CD dan Film, akhirnya acara selsai jam 21.30, selesai istirahat.

Hari ke 5 (6/9/05)
Hari ini jam 08.30 kami menuju 'AICHI JAPAN EXPO' di daerah penggiran Nagoya menempati areal seluas 173 hectar dan di ikuti oleh negara-negara didunia. Pameran ini menampilkan produk dan bahan yang digunakan untuk infrastrukture yang ramah lingkungan dan re-cycle (bisa didaur ulang / dipakai ulang).

Disini kami diantar bersama-sama menuju ke Pavilium Indonesia dan dan Pavilium Toyota, setelah itu acara bebas sampai denga jam 15.30.

Khusus pada Pavilium Toyota kami mendapatkan kesan yang luar biasa, acaranya adalah Opera 3 Dimensi Show yang menampilkan atraksi penari dengan show Robot Toyota yang bermain musik semacam orkestra dan group band yang sangat menarik, juga show kendaraan I- UNIT, kendaraan untuk 1 orang yang sangat Fleksibel BERGERAK, kendaraan inilah yang merupakan mobil masa depan, show ini selesai sekitar 30 menit.

Acara bebas selanjutnya kami manfaatkan untuk belanja souvenir atau makanan pada beberapa Shop yang menerima Meal Voucher lebih yang kami terima 5.000 yen, akhirnya kami berkumpul dan menuju ke Nagoya Station untuk melanjutkan perjalanan dengan menggunakan SHINKANSEN lagi pada jam 17.30 kami mulai berangkat.

Sepanjang perjalanan kami kembali menikmati pemandangan yang menarik gedung, rumah, sawah pertanian, pedesaan, perbukitan dan pegunungan yang sangat menarik sampai akhir kami tiba di 'KYOTO' pada jam 18.05 langsung kami Check In Hotel lagi di 'HOTEL GRANVIA KYOTO' . Makan malam hari ini yang paling sempurna karena semua masakan enak pada restoran pilihan sendiri (karena ada 3 restoran pilihan) sesuai dengan Meal Kupon kami sebesar 9.240 yen (setara Rp. 900.000) kami menikmati masakan yang ternikmat sepanjang perjalanan kami dari tgl 2/9/05. maka selesailah acara hari ini.

Hari ke 6 (7/9/05)
Pagi ini jam 9 00 kami memulai perjalanan ke Kuil 'HEIAN SHRINE', kuil yang dibangun pada tahun 1895 ini terdapat patung Tuhan berwajah 11, 3 menampakkan wajah marah, 3 wajah senyum, 3 wajah sedih, 1 wajah tuhan. Ada tempat keramat yang memberikan jodoh dengan mengambil air kemudian diminum dan dibasuk kemuka, juga ada 2 buah batu yang berjarak kira-kira 10 meter yang dipercaya bahwa apabila berhasil menyentuh batu pertama dilanjutkan dengan berjalan menuju ke batu kedua dalam keadaan mata tertutup dan berhasil menyentuhnya, maka jodohnya akan lebih muda.

Tempat kedua adalah 'NIJO CASTLE' benteng yang dibangun oleh Shogun Tokugawa pada tahun 1603 yang merupakan benteng pertahanan untuk melindungi jepang dari musuh, dimana zaman dulu pusat pemerintahan ada di KYOTO bukan Tokyo.

Kami kemudian diantar ke Shopping centre 'HANDICRAFT CENTRE' untuk berbelanja barang kerajinan tangan seperti Perak, kain, gambar dinding, ukiran kayu dll.

Setelah itu kami makan siang di restoran jepang untuk makan Shabu-shabu dan tempura dalam nuansa yang sangat Jepang. setelah itu kami menuju ke 'KINKAKUJI TEMPLE' kuil yang dikelling oleh danau kecil dan terbuat dari EMAS asli, kuil ini dibangun pada masa MUROMACHI tahun 1336-1573 sebagai tempat tinggal dan bertapa bagi beliau dan memiliki taman yang sangat terkenal dijepang sebagai taman cara jepang, dan tempat ini telah dicatat sebagai tempat bersejarah milik dunia (seperti Candi Borobudur' kami berfoto sebentar lalu kami menuju ke KIYOMIZU TEMPLE untuk berbelanja.

Maka selesailah acara hari ini kami diantar kembali kehotel pada jam 17.30.

Hari ke 7 (8/9/05)
Hari ini jam 08.45 kami menuju Kota Nara yang berpenduduk 1,4 juta orang, 77% daratan Nara adalah pegunungan sebagai daerah pertanian, peternakan. Kota ini berdiri tahun 700 an, ada pohon HINOKIE, dengan tata kota rapih berbentuk kotak sehingga selain rapih juga mudah untuk mencari lokasi (sama seperti Kyoto) Insdutri terkenal adalah Tenun, mesin, plastik dan makanan. Juga terdapat banyak kuil sehingga menjadi pusat pariwisata dari domestik maupun manca negara.

Tujuan pertama di kota Nara adalah Taman Nara dengan 1.000 an Rusa yang jinak dan familiar dengan manusia, panjang 2 km X lebar 4 km (660 hectar). setiap tahun ada acara potong tanduk rusa yg sudah mulai dilakukan tahun 1.700 juga acara show Orchestra Simphony.

TODAI-JI TEMPLE
Berada didalam taman Nara, dipintu gerbang ada 2 patung besar, mulut kiri buka berarti ngomong A dan bibir kanan ngomong Uhn artinya A uhn, didalam ada patung Budha besar tinggi 12mtr dari tembaga, diatas kepalanya ada 1000 buah butiran penutup kepala, lubang hidung patung di jangkau oleh tangan, berada dlm bangunan tinggi 43 mtr.

Asurataysa, kuil Shinto dibuat th 710 utk memuja 4 tuhan, Kiraoka, didalamnya ada benda pusaka berupa perhiasan, senjata, gambar dll, setiap tahun ada acara meyalahkan lampu Lampion 1.000 dan obor 1.000. upaacara setiap 13 maret dengan nama upacara Asurataysa. Kuil ini juga berada diareal Taman Nara.

Sesudah kunjungan diatas pada jam 15.30 akhirnya kami diantar langsung menuju ke OSAKA, jadi kami tidak menginap di Nara, perjalanan selama 1.15 jam melewati sawah, gunung dan masuk ke perkotaan dengan gedung-gedung Jangkung mulai kelihatan lagi inilah kota 'OSAKA' yang ternyata sangat rapih dengan susunan jalan berbentuk Blok-blok / kotak-kotak, semodern kota 'TOKYO', karena Osaka memang kota ke 2 terbesar setelah Tokyo.

Setelah Check In di 'SWISSHOTEL NANKAI OSAKA' acara bebas, shopping didepan hotel walking street 'OBISHUBASHI' berlanjut ke jl. 'SANSAIBASHI' pusat belanja sejenis Pasar baru jakarta, tetapi panjang jalanannya mencapai 5km (panjang sekali, capek). selesailah acara hari ini.


Hari ke 8 (9/9/05)
Hari ini jam 9.45 menuju ke U'NIVERSAL STUDIO untuk acara full day s/d jam 18.00, didirikan pada Maret 2001. disini kami dapat mencoba banyak permainan yang menantang dan mendebarkan, yang berhasil saya masuki adalah Terminator 2, Spiderman, Back the Future to Ride, Jurassic Park, Water World, Evil Rock&Roll Show (6 permainan), akhirnya selesai tepat jam 18.00 tetapi turun hujan lebat, sehingga menghambat teman lainnya untuk kembali ketempat parkir bus, akhirnya kami baru baru kembali kehotel tepat jam 19.00, sesampai dihotel langsung makan malam, dan selesai.

Hari ke 9 (10/9/05)
Pagi hari jam 08.00 (setelah makan pagi) kami menuju ke 'KANSAI Airport', Airport ini terletak ditengah lautan yang direklamasi menjadi daratan sehingga tampak dari kejauhan seperti pulau tersendiri, Jembatan panjang membentang memotong lautan sampai dengan airport, pemandangan yang menakjubkan. akhirnya kami check in via SQ 985 tujuan jakarta transit di Singapore, boarding Jam 11.30 tiba di 'CHANGI AIRPORT' jam 17.50, dan melanjutkan perjalanan dengan SQ 196 menuju Jakarta yang akhirnya kami tiba pada jam 20.00, maka selesailah sudah perjalanan kami.

Sayorana Jepang, Welcome to Jakarta, pengalaman yang luar biasa. .