Senin, Maret 15, 2010



Presiden Toyota Optimis Penjualan Kembali Naik

Jepang – Semakin membaiknya perekonomian dunia dan masih tetap tingginya kepercayaan masyarakat internasional terhadap produk Toyota, menjadikan Presiden Toyota, Akio Toyoda optimis.

Menurut cucu pendiri pabrikan otomotif terbesar di dunia itu, permintaan akan mobil-mobil Toyota akan meningkat pesat dalam waktu dekat. “Saya yakin ini sangatlah mungkin. Kami melakukan beberapa langkah yang sangat simultan dalam memberikan peningkatan pelayanan kepada konsumen. Terlebih para pekerja kami bakal bekerja lebih keras untuk segera memulihkan kondisi ini,” terang Toyoda, seperti yang disampaikannya kepada Perdana Menteri Jepang, Yukio Hatoyama.

Keyakinan Toyoda terutama ditujukan terhadap pulihnya pasar otomotif dunia, khususnya di Amerika Utara. Dia percaya mulai Maret ini kondisi pasar akan kembali normal, terlebih hasil penjualan Toyota Februari 2010 lalu tetap menempati peringkat atas sebagai merek pabrikan otomotif paling favorit di Amerika.

Terbukti beberapa mobil dari Toyota menempati peringkat atas angka penjualannya. Diantaranya Toyota Tacoma menempati peringkat pertama di kelas small pick up dengan angka penjualan sebesar 8.325 unit atau menguasai 45,6 persen. Pada kelas Luxury SUV, Toyota berhasil menempatkan Lexus RX350/450h di peringkat pertama dengan angka penjualan 5.694 unit, atau menguasai 24,3 persen (prosentase ini nyaris dua kali lipat dari kompetitor terdekat).

Sedangkan di kelas Passenger Car, Toyota Corolla rangking kedua dengan penjualan 16.996 unit. Diikuti pula dengan Toyota Camry menempati peringkat ketiga dengan penjualan 16.552 unit. Bahkan Toyota Yaris meraih peringkat ketiga di kelas Entry Subcompact dengan prosentase 14,2 persen.

Selain itu Scion tC menempati peringkat ketiga di kelas sporty Subcompact dengan menguasai pasar 13,5 persen. Diikuti pula dengan Lexus LS menduduki peringkat kedua di kelas Prestige Luxury Sedan dengan prosentase 25,8 persen.

Dominasi Toyota kembali berlanjut di kelas khusus Hybrid. Secara total pada periode yang sama (Februari 2010) Toyota menempati peringkat pertama dengan angka penjualan sebesar 10.957 unit atau menguasai pasar hingga 35,5 persen. Toyota Prius menduduki peringkat pertama dengan menguasai penjualan hingga 56,3 persen dari seluruh jenis mobil jenis passenger cars dan juga menguasai 47,8 persen dari seluruh penjualan mobil hybrid.

Tak ketinggalan Lexus RX450h meraih peringkat pertama di segmen kelas Hybrid Light Trucks dengan menguasai pasar sebesar 35,2 persen. Yang kembali dilanjutkan oleh Toyota Highlander Hybrid dengan meraih peringkat ketiga di kelas Hybrid Light Trucks dengan prosentase 13,4 persen. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar