Senin, April 12, 2010

Pasar Otomotif Bergairah, Vios Baru Incar Pasar 40% - Kontan

Release Date : Rabu, 07 April 2010
Media : Harian Kontan, at page 14, size 775 mmk
Journalist : Nadia Citra Surya
Source : Joko Trisanyoto Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), Presiden Direktur TAM Jhonny Darmawan,

Pada dua bulan pertama 2010, Vios memimpin penjualan mobil jenis sedan mini

JAKARTA. Pasar otomotif nasional kembali bergairah (lihat KONTAN, 6 April 2010). Kondisi ini memicu para agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil sedan di Indonesia kian agresif. Meski pasar sedan sejatinya hanya sekitar 3% dari total pasar mobil, prospeknya tetap menarik.

Yang terbaru, Toyota kembali meluncurkan varian baru Vios. Toyota menargetkan Vios bisa menguasai pangsa pasar di atas 40% dari total pasar sedan di Indonesia. "Kami targetkan, Vios terjual 400 unit tiap bulan," ujar Joko Trisanyoto Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran New Vios, di Jakarta, kemarin (6/4).

Toyota akan mendatangkan Vios baru tersebut dari Thailand. "Mudah-mudahan indennya sekitar satu atau dua bulan saja," imbuh Joko.

Presiden Direktur TAM Jhonny Darmawan mengaku tak khawatir pasokan Vios bakal terganggu meski kondisi di Thailand sedang bergejolak karena isu politik. "Pasokan sejauh ini masih lancar, bahkan kami terkejut dengan pencapaian penjualan Toyota di Thailand," katanya.

Honda juga optimistis
Jhonny bercerita, di saat situasi tak stabil, penjualan mobil Toyota di Negara Gajah Putih itu bisa tembus 28.000 unit Februari lalu. "Itu artinya, pasar otomotif masih cukup kuat karena pasokan tetap terjaga," kata Jhonny.

Jika menilik penggolongan versi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Vios masuk dalam kategori sedan mini (mini class sedan) dan bersaing dengan Honda City. Empat varian Vios baru dijajakan seharga Rp 206 juta-Rp254 juta. Sementara, New Honda City dijual seharga Rp 259 juta sampai Rp 283 juta per unit.

Menurut Gaikindo, penjualan Vios di dua bulan pertama 2010 mencapai 618 unit. New Honda City menempel ketat dengan total penjualan Januari-Februari 2010 sebanyak 519 unit (lihat tabel).

Kedua varian itu ada di urutan pertama dan kedua ranking penjualan mini class sedan yang pada Februri lalu mencatatakan total penjualan 744 unit atau sekitar 1,3% dari total market mobil Indonesia.

"Maret ini kami berhasil menjual 302 unit Vios," ujar Joko. Sementara, di bulan yang sama, New Honda City terjual 251 unit.
Meski tertinggal dibanding Vios, Honda tak merasa perlu buru-buru melansir varian baru City. "Kami belum ada rencana peluncuran varian sedan baru," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy (6/4).

Namun Jonfis yakin, meski pasar sedan terbilang kecil dari total industri, pasar ini menarik untuk terus digarap. "Tiap tahun pasar sedan memang hanya 5%, namun jika pasar membesar, total unit sedan yang terjual juga ikut naik meski secara persentase tetap," kata Jonfis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar