Kamis, Mei 21, 2009

Avanza Laris Manis di Saat Krisis

Muhamad Ikhsan - detikOto


Toyota Avanza

Jakarta - Mobil fenomenal Toyota Avanza justru laris manis ditengah krisis ekonomi global saat ini. Dikarenakan, mobil MPV ini ditunjang banyak hal.

"Pertama, brand image Toyota sanga kuat dengan memberikan costumer value yang ditunjukkan oleh pamakaian bahan bakar yang hemat. Selain itu, harga jualnya masih tinggi," ujar Marketing Division Head Auto2000, Agus Prajitno disela-sela gathering bersama wartawan di Senayan City, Rabu (20/5/09).

Menurutnya, hal inilah yang membuat Avanza menjadi mobil idaman setiap induvidu. Tidak itu saja, Agus juga mengungkapkan, bahwa konsumen rela inden 2 sampai 3 bulan untuk memiliki mobil baru Avanza ditengah krisis saat ini.

"Konsumen rela inden 2 sampai 3 bulan untuk memiliki mobil Avanza,"

Nampaknya, dominasi Toyota Avanza akan terus bergulir sampai tahun-tahun yang akan datang. Hal ini diperkuat dengan adanya Domonasi Avanza tidak terlihat di 2009 saja.

Menurut data Auto2000, sejak tahun pertama mobil Avanza diluncurkan, merket MPV ini selalu berada diatas 40 persen bahkan mengungguli kompetitor lainnya.

Berdasarkan data penjualan nasional Auto2000, Avanza selalu memegang posisi market tertinggi dibandingkan kompetitornya.

Data dalam 4 bulan terakhir, dengan total penjualan Auto2000 mencapai 40.203 unit kendaraan, Avanza telah membukukan penjualan 21.598 unit. Berarti kontribusi sebesar 53,7 persen, diduduki oleh Toyota Avanza.

Dari empat varian Avanza yang beredar di pasaran, Avanza 1.3 transmisi manual tipe G menyumbang 78.9 persen dari seluruh model Avanza.

"Selain brand image Toyota Avanza memang sudah sangat kuat di masyarakat, ditambah juga spesifikasi teknis mesin Toyota yang sangat irit bahan bakar," ujarnya.

Permintaan Avanza pada bulan Mei 2009 pun terus meningkat. Terlihat dari adanya demand masyarakat akan Toyota Avanza pada Mei 2009 hingga
menyentuh angka 2.700 unit pemesanan.

"Memang data retail kami menunjukan angka 2.700 unit pemesanan Avanza per tanggal 20 Mei 2009," kata Sales Dep. Head Auto2000 Diky Zulkarnain kepada detikOto, Rabu (20/5/09).

Angka ini, lanjut Diky, tergolong bagus di tengah krisis ekonomi global saat ini.

Keberhasilan Avanza diakui Diky karena diadakannya program penjualan di Auto2000 yang berjalan di bulan Mei yaitu easy ownership program yaitu kemudahahn bagi pelanggan dengan suku bungan kredit yang riang dan bersubsidi yaitu dengan cicilan 1 tahun hanya dikenakan 3,5 persen dan 2 tahun dikenakan bungan 6 persen, 3 tahun dikenakan bunga 7 persen, 4 tahun dikenakan bungan 8,5 persen, 5 tahun dikenakan bunga 10 persen.

"Pemesanan unit Avanza juga terbantu dengan program tersebut," tandasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar