Sabtu, Juli 18, 2009

Toyota Berencana Berbagi Teknologi Hybrid

Jepang – Tak mudah untuk menciptakan teknologi hybrid seperti yang telah dicapai sekarang oleh Toyota. Akihiko Otsuka, Chief Engineer Product Planning Div. Toyota Passenger yang terlibat langsung dalam mengembangkan Toyota Prius menjelaskan dibutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk mencapai teknologi terkini dari hybrid.

“Evolusi perjalanan perkembangan teknologi hybrid memerlukan waktu bertahun-tahun. Akhirnya kami bisa memproduksi mobil yang lebih ramah lingkungan, namun tetap berperforma tinggi seperti sedan-sedan bermesin 2.400 cc,” terang Akihiko.

Atas kesuksesan Toyota dalam mengembangkan Prius Hybrid hingga menjadi sedan terlaris dan paling ramah lingkungan itulah, maka perusahaan otomotif lain, yakni Mazda tertarik untuk membeli royalti teknologi hybrid. Memang Toyota belum memutuskan apakah bersedia dengan penawaran dari Mazda.

Namun dari laporan Nikkei menyebutkan Toyota masih mempertimbangkan permintaan Mazda. Jika kerjasama ini benar-benar terlaksana, Toyota akan menyuplai komponen-komponen utama teknologi hybrid, seperti baterai, motor dan perangkat elektronik lainnya kepada Mazda.

Dengan kondisi ini maka Toyota tak hanya peduli untuk menciptakan mobil-mobil yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Toyota pun peduli untuk berbagi teknologi kepada pabrikan otomotif lain yang membutuhkan bantuan. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar