Kamis, Juli 16, 2009

Camry facelift: Semakin mirip Lexus saja

Release date: Autobild, at page 6-7, size 1650 mmk
Journalist : Aditya P Siregar

TANPA terasa, usia Toyota Camry generasi ketujuh berkode XV40 ini rupanya telah meriginjak usia tiga tahun sejak diluncurkan pada Indonesia International Motor Show 2006. Dan persis seperti kedatangannya kemarin, model facelift-nya hadir secara diam-diam dan nyaris luput dari deteksi radar kami.

Sejatinya, model facelift ini telah terlebih dahulu muncul di Cina pada Februari silam. Sebagaimana umumnya facelift, struktur bodi praktis tidak berubah. Masih tetap Camry XV40.

Bedanya, jika dulu wajah depan mengadopsi alur gril 'V' dengan aksen Formula 1, kini justru membentuk pola 'X'. Terbilang simpel, namun membuat penampilannya semakin elegan dan tidak kalah dengan Big Luxury Sedan berharga Rp 1 miliar lebih. Tanpa melihat logo, Anda mungkin akan mengira bahwa ini adalah Lexus keluaran terbaru.

Menilik bagian belakang, terdapat stop lamp berdesain baru dengan bagian sein membentuk satu garis lurus, tidak lagi beralur. Ikut hilang, lampu rem berpola bundar yang kini berganti model berbentuk huruf 'C'.

Sepintas, suasana kabin terlihat sama persis dengan model pra facelift. PT Toyota-Astra Motor sendiri belum mengumumkan secara detail mengenai fitur kelengkapan Camry baru ini. Hanya saja, sumber kami menyebutkan bahwa ia sudah dilengkapi alat pemijat yang terdapat pada jok belakang.

Untuk varian, Camry masih hadir dalam dua varian bermesin 2.400 cc dan 3.500 cc seperti sebelumnya. Ini berbeda dengan Camry facelift USDM (US domestic market) yang telah dibekali mesin 2AR-FE berkapasitas 2.500 cc. Begitupun dengan seluruh sistem penggerak dan suspensi yang sama persis Camry 2006.

Harga jual belum diumumkan, namun disebut-sebut takkan bergeser dari Camry saat ini yang dijual pada rentang Rp 448,6-625,2 juta on-the-road. Simak detail lebih lengkapnya pada edisi mendatang.

Hybrid versi Thailand
KABAR gembira bagi pencinta mobil 'hijau' karena Camry baru juga akan tersedia dalam versi hybrid mulai 27 Juli mendatang. Toyota sendiri, belum mengumumkan detail spesifikasi sistem hybrid yang digunakan.

Logikanya, sistem ini takkan berbeda dengan unit yang diusung Camry Hybrid versi AS yang menggunakan paduan mesin 2.362 cc 4 silinder dengan motor listrik sehingga menghasilkan daya total 187 dk. Secara fisik, Camry Hybrid ini memiliki perbedaan nyata dari sisi gril, maupun lampu belakang dengan nuansa bening.

Sayangnya, kabar gembira ini hanya berlaku bagi pencinta mobil hijau di Thailand saja. PT Toyota-Astra Motor kabarnya belum berminat untuk menghadirkan Camry Hybrid tahun ini karena harganya yang terbilang mahal. Hal ini disebabkan tidak adanya dukungan pemerintah soal pajak seputar mobil hybrid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar