Jumat, Mei 15, 2009

Barcelona

Langkah Toyota Didukung BMW & Ferrari

Meski Tim Formula 1 Panasonic Toyota Racing menjadi satu-satunya tim yang dengan tegas tidak akan membayar fee tanda jadi ikut lagi pada 2010 nanti, BMW dan Ferrari juga menyatakan keluar dari F1. Kedua tim raksasa dari Eropa itu juga menyatakan tak akan bergabung lagi dengan balapan paling bergengsi tersebut pada musim depan.

Langkah tegas yang diambil tiga tim pabrikan F1 ini menyusul rencana FIA yang akan memberlakukan budget cap. Pembatasan anggaran sebesar 40 juta Poundsterling dalam satu musim bagi setiap tim peserta F1 dianggap terlalu ekstrim.

Sejauh ini selain Toyota, Ferrari juga telah tegas tak akan ikut lagi. Bahkan ketidak-ikut sertaan tim kuda jingkrak itu dianggap bukan masalah oleh Presiden FIA, Max Moesley. “Olahraga ini akan tetap bertahan meskipun tanpa Ferrari. Pasti sangat menyedihkan jika kehilangan Ferrari karena mereka adalah tim nasional Italia,” kata Mosley.

Tak mau gelaran balapnya kehilangan banyak peserta, pemilik bisnis F1, Bernie Ecclestone akan tampil mati-matian membela tim pabrikan. Dia tak mau akan banyak lagi tim-tim pabrikan yang undur diri. “Saya tidak akan membiarkan hal itu terjadi,” janjinya.

Meskipun Toyota, Ferrari dan BMW tak setuju budget cap 40 juta Poundsterling, ada tim raksasa lain yang menyatakan persetujuannya. Tim itu adalah McLaren-Mercedes yang telah berencana membayar fee 309 ribu Poundsterling kepada FIA, sebagai tanda jadi sebagai peserta 2010. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar