Kamis, April 23, 2009

Toyota Targetkan 7 Juta Unit untuk 2009

NAGOYA, SELASA — Toyota Motor Corp (TMC) berhasil mengukir prestasi dengan menggeser General Motor Corp sebagai pemegang takhta puncak teratas penjualan mobil di dunia yang sudah dikuasai selama 77 tahun. TMC selama 2008 mampu menjual sebanyak 8,972 juta unit dan unggul 616.000 unit dari raksasa produsen mobil Amerika itu.

Padahal, menjelang tutup tahun, badai krisis ekonomi global datang begitu ganas. Sampai-sampai, Toyota sendiri tidak mampu melampaui target awalnya sekitar 10 juta unit. Lantaran kondisi resesi belum pulih betul, TMC pun untuk tahun ini berharap bisa menjual total (dunia) di atas 7 juta unit.

Target itu lebih rendah 7 persen dari penjualan tahun 2008 dan terpaut 20 persen dibanding penjualan tahun 2007 yang mencapai puncaknya. Namun, Toyota berharap tetap bertahan setelah pada tahun fiskal 2008 kehilangan cukup banyak biaya operasional. Tampaknya tahun fiskal 2009 kondisinya tetap memburuk dan akan menyunat produksi lebih banyak lagi.

Sebagai gambaran, pada Desember lalu Toyota sudah mengurangi penjualan secara keseluruhan di dunia, dari 8,24 juta unit yang ditargetkan, menjadi 7,54 juta unit. Jumlah tersebut tidak hanya Toyota, tetapi termasuk produk dari Hino Motors Ltd dan Daihatsu Motor Co.

Langkah itu untuk menekan agar kerugian yang dialami tidak tambah parah sebab sejak Toyota berhasil melempar produknya lebih 10 juta unit di pasar global, manajemen melihat penyediaan unit diperkirakan bisa mencapai tiga juta unit pada tahun fiskal berikutnya.

Kenyataannya, dahsyatnya gelombang krisis ekonomi global membuat semua perhitungan meleset. Penjualan di Amerika sampai merosot 36 persen khusus Desember saja, dan di Eropa menyungsep hingga 26 persen. Satu-satunya jalan, Toyota harus mengurangi jumlah produksi.

Seperti di Jepang, jumlah produksi untuk Februari dan Maret disunat sebanyak 9.000 unit. Lebih menyedihkan lagi, Toyota di Amerika Utara sudah siap memberhentikan karyawan tetapnya dan yang di Inggris memotong gaji karyawannya.

sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar