Kamis, April 23, 2009

Penjualan Toyota di Amerika untuk Maret Naik 16,3 Persen

Kamis, 2/4/2009 15:30 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Memulai tahun fiskal 2009, Toyota melaporkan penjualan di Amerika untuk bulan terakhir tahun fiskal 2008 mengalami penurunan sampai 36,6 persen. Kepada kantor berita AFP, Toyota mengumumkan penjualan mereka selama bulan ketiga sebanyak 132.802 unit dan masih kalah banyak dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, total penjualan Maret lalu justru mengalami peningkatkan 16,3 persen dari Februari. Toyota Motor Sales Amerika dalam pernyataannya menyebutkan, untuk Maret ini, telah terjual total 118.563 unit.

Sementara itu, divisi Lexus melaporkan penjualan mereka Maret ini sebanyak 14.239 unit, drop sekitar 40,6 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. Ternyata Lexus dan Toyota tidak sendiri mengalami penurunan penjualan.

Beberapa pabrikan Jepang lainnya juga mengalami hal serupa. Seperti penjualan Honda di Amerika, juga merosot sampai 36 persen, diikuti Nissan yang mencapai 38 persen. Adapun pabrikan mobil terbesar di Korea, Hyundai, menyatakan, penjualan di negeri Paman Sam hanya turun 4,8 persen.

Sekalipun penjualan produk-produk Jepang merosot, tampaknya raksasa mobil Amerika, General Motors Corp (GM), sulit untuk bisa mengambil alih pimpinan teratas yang dipegang Toyota dengan 8,97 juta unit. Untuk mempertahankan total penjualan 2008 sebanyak 8,37 juta unit. GM tampaknya mengalami kendala, apalagi Pemerintah Amerika di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama terus menekan untuk segera dilakukan restrukturisasi.

Saking tak sabarnya tim ekonomi Amerika, CEO GM Rick Wagoner sampai dilengser. Posisinya diganti oleh Fritz Henderson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar