Selasa, April 21, 2009

China Siap Geser Jepang di Industri Otomotif


CHINA, KOMPAS.com –Krisis ekonomi global telah menjungkirbalikkan industri otomotif dunia. Tak Cuma Jepang yang terkena dampaknya, beberapa pabrikan mobil di Eropa dan Amerika kelimpungan sampai pemerintah harus turun tangan untuk penyelamatannya.

Tak demikian dengan China. Bisnis dan industri permobilannya tetap berjalan di trek, sehingga memungkin negeri tirai bambu itu menjadi pabrikan mobil terbesar di dunia. Karena, baru-baru ini mereka berhasil menempel di belakang Jepang untuk menjadi urutan kedua. Sebelumnya, tahun lalu China lebih dulu menggeser Amerika.

Target China menggeser Jepang dari urutan teratas sampai 2013. Untuk 2009, sebuah lembaga riset, iSuppli memperkirakan China akan memproduksi sekitar 8,7 juta unit. Jumlah itu satu juta unit lebih banyak dari Jepang.

Ditambahkan, jika pasar otomotif global jatuh sampai 20% lebih akibat krisis itu, sementara China bisa dibilang sedikit stabil, meski produksi untuk tahun ini menurun 6,5%. Kendati begitu pemerintah China tetap memberi perlindungan terhadap industri otomotif, khususnya pabrikan mobil.

Langkah pengemanan pun dilalukan dengan merampingkan pabrikan mobil. Dari yang ada sebanyak 14 pabrikan, dirampingkan tinggal menjadi 10. Untuk ekspor, China menetapkan melalui brand Chery dan Shanghai Autos.

sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar