Minggu, November 16, 2008

Rekanan Toyota Kenalkan Sayap Baru

Inggris – Rekanan Tim Formula 1 Panasonic Toyota, yaitu Williams Toyota baru saja mengenalkan FW30 yang telah mengaplikasikan aturan sayap baru di musim 2009. Walaupun musim balap 2009 bakal dimulai empat bulan lagi, Tim Williams Toyota telah siap mengadopsi segala regulasi baru.

FW30 yang dikenalkan di lapangan udara Kemble, Inggris dikemudikan oleh Jonathan Kennard. Pembalap binaan Williams yang juga pernah turun di Formula 3 ini mengaku sangat senang mendapat kesempatan kali pertama menjajal mobil dengan aturan 2009.

“Sungguh hari yang luar biasa dapat mencoba kali pertama spesifikasi baru di Formula 1. Saya ucapkan terima kasih kepada Sir Frank (Bos Williams, red) dan sangat menyenangkan menjadi bagian dalam mempersiapkan mobil baru di musim 2009,” ucap Kennard.

Mobil Williams Toyota yang mengadopsi sistem aerodinamika baru terlihat lebih sederhana. Bila sebelumnya para insinyur diperkenankan dengan menambah beberapa tonjolan di bagian depan, maka sekarang terlihat lebih ‘bersih’. Yang tampak radikal adalah sayap bagian belakang yang lebih tinggi, yang nyaris menyamai tingginya nose saluran udara ke mesin.

Sejauh ini ujicoba yang dilakukan Williams Toyota berjalan lancar. Seperti diketahui Tim Williams mendapatkan pasokan mesin dari Toyota. Tim yang bermarkas di Inggris ini mengaku puas dengan performa mesin RVX-08, yang juga dipakai di mobil TF108. Bila di musim 2008 setiap mesin dipakai selama dua kali perlombaan, maka memasuki musim 2009 nanti mesin dituntut lebih kuat karena harus tahan dipakai hingga tiga kali balapan. (*)