Jumat, Januari 08, 2010

Satu Pabrik Mobil Hybrid Baru

Toyota Motor Corp. akan menambah satu lagi pabrik perakitan mobil hybrid di Jepang yang akan beroperasi tahun 2011 di Ohira, Miyagi Prefecture, Jepang. Pabrik baru ini akan memproduksi Vitz/Yaris hybrid, seperti dilaporkan Japan Times, awal pekan ini.

Pabrik ini bakal jadi pusat produksi domestik terpenting bersama dengan pabrik di Aichi dan Kyushu. Pabrik di Aichi memproduksi Camry Hybrid, model hybrid terlaris nomer dua Toyota. Sedangkan pabrik di Kyushu memproduksi Toyota Prius yang di ekspor ke sejumlah negara, selain memenuhi kebutuhan domestik.

Panasonic EV Energy, perusahaan patungan Toyota dan Panasonic yang memproduksi bateri Li-ion untuk keperluan otomotif, diperkirakan akan memasok baterai untuk mobil hybrid baru itu. Baterai itu akan diproduksi di pabrik baru Panasonic EV Energy yang dijadwalkan mulai beroperasi akhir Januadi 2010 di Taiwa, Miyagi Prefecture. Beberapa perusahaan dalam keluarga Toyota juga akan memproduksi komponen-komponen dekat pabrik baru di Miyagi itu.

Mobil hybrid ini bakal memiliki efisiensi lebih dari 40km/jam, lebih baik dari Prius (38km/liter). Harganya lebih murah dari Prius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar