Rabu, Januari 06, 2010

Penantian di Awal Januari

Awal Januari di awal dekade, Toyota bakal memperkenalkan dua model terbaru yang akan memainkan peran penting sepajang dekade mendatang. Model pertama akan diperkenalkan di belahan timur dunia dan dipersiapkan untuk pecinta Toyota di negara berkembang. Model kedua akan debut di Amerika Serikat dan dirancang mengaplikasikan teknologi paling canggih Toyota.

Model pertama akan ditampilkan pertamakali di Delhi Auto Show. Model ini sejak coretan garis pertama proses disain sudah dirancang sebagai kendaraan dengan harga terjangkau namun tetap mempertahankan kualitas standar Toyota. Dikembangkan sejak tiga tahun lalu di India, model ini disiapkan jadi volume maker. Target konsumennya adalah kelas menengah baru yang terus tumbuh di negara yang pasar otomotifnya kini nomor 4 terbesar di Asia.

Di kalangan internal model ini disebut Entry Family Car, namun yang lebih populer adalah Etios. Model ini hadir dengan dua varian yaitu sedan dan hatchback yang bentuknya sudah bisa diintip lewat serangkaian spy foto. Mesin yang dipakai berkapasitas 1.2 liter dan kemungkinan 1.4 liter diesel. Selain diproduksi di India, model ini juga akan dibuat di Brazil. Pasarnya, selain India, juga Russia dan Afrika Selatan.

Dijadwalkan, model ini akan diperlihatkan ke publik untuk pertamakalinya pada saat konferensi pers Toyota pada Selasa (5/1). Pada saat itu kemungkinan juga akan diumumkan harganya, Dugaan sementara harganya di bawah $ 10.000.

Sementara itu, di belahan lain dunia, pembicaraan hangat di banyak situs adalah menanti hadirnya model hybrid terbaru Toyota di Detroit Motor Show 2010. Disebut-sebut sebagai hybrid yang lebih terjangkau, lebih kecil dari pada Prius. Tidak banyak detail yang diungkapkan kecuali dua foto teaser, sembari menunggu penjelasan resmi Toyota yang dijadwalkan 11 Januari mendatang.

Namun, besarnya rasa ingin tahu melahirkan banyak rumor. Dugaan yang muncul, mobil hybrid ini akan berbasis Toyota iQ, mobil ultra mini yang juga dipakai untuk mobil listrik masa depan, FT-EV. Hal itu berdasarkan teaser foto yang sudah beredar. Toyota iQ merupakan mobil empat penumpang terkecil di dunia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar