Sabtu, November 08, 2008

Kick-off Toyota Eco Youth 4 di SMAN 26 Jakarta

Beberapa waktu yang lalu (24/10), bertempat di SMAN 26 Tebet - Jakarta Selatan, Program Toyota Eco Youth kembali dibuka untuk kota Jakarta. SMAN 26 Jakarta akan berkompetisi dengan 29 SMA/SMK lain dari 13 kota besar di Indonesia.

Sejak tahun 2005, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota Astra Motor telah melangsungkan sebuah program lingkungan hidup yang dikenal dengan nama Toyota Eco Youth. Program Toyota Eco Youth yang kali ini adalah kali ke-4 merupakan upaya Toyota untuk memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia di bidang lingkungan hidup, hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Bapak Irwan Priyantoko - Chief Corporate Planning PT TMMIN pada pidato sambutannya untuk acara tersebut. Lebih lanjut beliau juga menuturkan bahwa : “Tujuan akhir dari program ini adalah untuk menanamkan dan meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidup di kalangan generasi muda Indonesia dan masyarakat pada umumnya. Lebih khusus pada TEY 4 ini, diharapkan nantinya akan tercipta Sekolah Lingkungan Binaan Toyota tersebar di 13 kota besar di Indonesia. Sekolah-sekolah ini diproyeksikan untuk menjadi sekolah plasma yang akan menjadi rujukan bagi institusi lain yang ingin belajar mengenai proyek-proyek parktis lingkungan hidup.”

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir pula Bapak Maskana Mu’ad dari Yayasan Kirai Indonesia yang nantinya akan membantu siswa dalam pelaksanaan program yang direncanakan akan berlangsung selama 5 bulan terhitung dari bulan Oktober 2008.

Hari itu, beliau mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan program TEY 4 secara menyeluruh. Beberapa hal yang penting untuk dicatat dari penjelasannya adalah TEY 4 yang nantinya akan terdiri dari 2 kontes yaitu : Kontes Pengolahan Limbah dan Kontes Berkelanjutan/Sustainability.
Tidak jauh berbeda dengan TEY 3, pada Kontes Pengolahan Limbah, peserta TEY 4 masih berjumlah 30 sekolah (SMA dan SMK) dari 13 kota besar di Indonesia. Namun kali ini, para peserta akan mengikuti Kontes Pengolahan Limbah nantinya akan dipilih 1 dari tiap kota untuk mengikuti penjurian di Jakarta. Dari sini, akan terpilih 5 pemenang yang berhak atas hadiah dan berhak mengikuti Kontes Berkelanjutan - TEY 5 tahun depan.

Sementara untuk Kontes Berkelanjutan pada TEY 4, dimaksudkan untuk merintis pembentukan Sekolah Lingkungan Binaan Toyota, seperti yang telah disinggung diatas. Kontes ini dikuti oleh 12 sekolah pemenang Program TEY 1 hingga TEY 3.

Tidak kalah penting, turut hadir dalam acara tersebut, Bapak Arinal selaku perwakilan dari dealer setempat yaitu Auto 2000 Kalimalang. Masih seperti program TEY tahun sebelumnya, TEY 4 juga didukung penuh oleh jaringan Dealer Toyota yaitu : Auto 2000, New Ratna Motor, Agung Automall, Hadji Kalla, Hasjrat Abadi, serta Anzon dan Wiramegah Profitamas.


Penyerahan pohon Kenanga dari Toyota diwakili oleh Bapak Irwan Priyantoko kepada pihak sekolah diwakili oleh Bapak Ali Ramlan pada acara Kick-off TEY 4 di SMAN 26 Jkt (24/10)


Foto bersama, Arinal - Auto 200 Kalimalang (paling ki), Ali Ramlan-Waka SMAN 26 Jkt (ke3 dari ki), Irwan Priyantoko-Chief CP TMMIN (ke4 dari ki), Maskana Muad-Kirai Indonesia (ke5 dari ki), Keswandi-Waka SMAN 26 Jkt (ke6dari ki)