Sabtu, November 08, 2008

Kabar Baik untuk Pecinta SUV

Kombinasi harga bahan bakar melambung dan kondisi ekonomi melesu, mendorong konsumen di USA menukar SUV-nya dengan mobil-mobil lebih efisien. Mereka terpaksa melakukan itu karena SUV lebih boros, meskipun mereka masih memerlukan karakter SUV lainnya seperti praktis, kuat, tangguh dll.

Toyota Motor Corp. memberi solusi lewat varian terbaru SUV Hihglander empat silinder 2.7 liter. Mesin baru ini menjadikan Hihglander sebagai mid-size SUV paling efisien di kelasnya. Rating EPA (Enviromental Protection Agency) yang menjadi acuan dalam penentuan efisiensi bahan bakar memberi angka 27 mpg di jalan tol dan 20 mpg di kota dengan angka kombinasi 22mpg (10.7liter/100km). Ini menempatkannya sebagai Ultra Low Emission Vehicle (ULEVII). Sebagai pembanding, Highlander hybrid dengan mesin 3.3 liter V6 memiliki rating EPA 27mpg di kota dan 25mpg di tol.

Mesin empat silinder ini memproduksi daya maksimal 187hp/5800rpm dan torsi 186lb-ft/4,100rpm dengan vibrasi dan noise lebih rendah dari mesin V6. Teknologi canggih yang di adopsi mesin baru ini termasuk variable intake manifold dan dual variable valve timing with intelligence (VVT-i), yang mengontol kerja camshaft di katup masuk dan keluar untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan torsi. Kedua teknologi ini melebarkan pita torsi, emisi lebih rendah dan responsif.

Mesin baru ini dipasangkan dengan all-new six-speed electronically-controlled automatic overdrive transmission with intelligence (ECT-i), salah satu gearbox paling ringan dan paling ringkas dikelasnya. Transmisi baru ini menawarkan perpindahan gigi halus, pengendaraan senyap dibandingkan versi V6 dengan akselerasi mengesankan untuk mobil bermesin empat silinder. Akselerasi Highlander empat silinder ini rata-rata satu detik lebih cepat dari SUV empat silinder lainnya.

Dengan tambahan mesin empat silinder, Highlander kini menjadi satu-satunya mid-size SUV dikelasnya yang menawarkan tiga pilihan mesin. Highlander 3.5 liter V6 (FWD dan 4WD), menjadi salah satu SUV V6 dengan efisiensi terbaik. Lainnya adalah Highlander Hybrid dengan mesin V6 dan motor listrik yang menjadi SUV V6 dengan efisiensi terbaik di kelasnya.

Sejak diluncurkan 2001, Highlander terus menjadi salah satu model Toyota paling populer. Bisa memuat hingga tujuh penumpang dengan akomodasi terbaik dan standar keselamatan tertinggi, termasuk tujuh kantong udara.