Rabu, Desember 15, 2010

Toyota Uji Bus Fuel Cell Hybrid

Jepang – Terkenal piawai membuat mobil-mobil berteknologi ramah lingkungan, Toyota Motor Corporation (TMC) kembali membuat terobosan baru. Kali ini adalah kendaraan komersial, yakni bus fuel-cell hybrid.

Demi mewujudkan bus berteknologi hijau, Toyota menggandeng anak perusahaannya, yaitu Hino Motors, Ltd. (Hino). Hino bertanggung jawab pada bodi bus dan sasis, sedangkan Toyota menyandangkan sistem fuel-cell hybrid sebagai tenaga penggerak.

Menurut rencana bus akan mulai beroperasi pada 16 Desember 2010, dengan melayani rute pusat kota Tokyo - Tokyo Internasional Airport (Haneda). Sebagai operator pelaksana adalah Airport Transport Service Co., Ltd.

Jalur bus fuel-cell hybrid adalah Stasiun Shinjuku West Exit - Haneda Airport, serta Tokyo City Air Terminal - Haneda Airport. Untuk pengisian hidrogen sebagai bahan bakar, bus akan berhenti di Tokyo Suginami Hydrogen Station di pusat kota Tokyo dan Haneda Hydrogen Station di Haneda. Kedua fasilitas pengisian beroperasi sehari sebelumnya, yakni 15 Desember.

Kepedulian Toyota dan Hino dalam membuat bus komersial ramah lingkungan, mendapat dukungan penuh dari METI (Ministry of Economy, Trade and Industry) Jepang. Terlebih METI sendiri memang mempunyai program Hydrogen Highway Project, yang berupaya menyediakan angkutan massal berbasis kendaraan hydrogen.

Bila selama ini bus-bus konvensional bermesin diesel lebih berisik dan mengeluarkan gas buang beracun, maka bus fuel-cell hybrid dari Toyota dijamin lebih senyap dan nyaman. Maklum ini semua berkat teknologi fuel cell yang dipadu motor listrik, dan yang mengagumkan tak ada lagi emisi gas buang beracun. Satu-satunya wujud gas buangnya berupa tetesan air, yang tentu lebih ramah lingkungan.

Selama bertugas melayani penumpang dari Tokyo menuju airport, Toyota dan Hino akan bersama-sama mengevaluasi sistem operasionalisasi bus. Selama itu pula akan terus dilakukan pengembangan dan penyempurnaan, sehingga jika ada kekurangan dapat segera diantisipasi demi mewujudkan angkutan massal yang lebih aman dan nyaman. (*)

Sekilas Operasionalisasi Bus FCHV (Fuel Cell Hybrid Vehicle)
Mulai Beroperasi : 16 Desember 2010
Rute : Haneda Airport Route (Airport Transport Service Co., Ltd.)
Pagi : Shinjuku Station West Exit ↔ Haneda Airport
Siang : Tokyo City Air Terminal ↔ Haneda Airport
Jadwal : Untuk sementara masih 1 kali perjalanan tiap rute
Jumlah bus : 1 unit dan 1 unit cadangan
Pangang : 10,610 meter
Lebar : 2,490 meter
Tinggi : 3,360 meter
Kecepatan Maksimal : 80 km/jam
Tempat Duduk : 26 (termasuk sopir)
Tenaga Penggerak : Polymer electrolyte Fuel Cell
Daya Gerak : 90 kW × 2
Motor Magnet : 80 kW (109 ps) × 2
Torsi Motor : 260 N-m (26.5 kg-m) × 2
Baterai : Nickel-metal hydride
Tangki Hidrogen : Bertekanan tinggi 35 MPa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar