Selasa, November 10, 2009



Toyota Prius Dominasi Jepang (lagi)

Toyota Prius kembali mendominasi pasar otomotif Jepang dengan kembali menjadi mobil paling dicari selama Oktober, seperti data yang dirilis Japan Automobile Dealers Association (JADA), Jumat (6/11).

Ini berarti, sejak diluncurkan Mei lalu, Prius terus menerus berada di posisi puncak di Jepang. Seperti dilansir situs Xinhua, selama Oktober Toyota menjual 26.918 atau lebih dari empat kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bukan cuma Prius, Toyota Vitz juga menjadi pilihan utama konsumen Jepang. Toyota Vitz berada di posisi ketiga dengan penjualan sebanyak 12.416 unit.

Prestasi generasi ketiga Toyota Prius ini tidak terbatas dari sisi penjualan. Toyota Prius terpilih sebagai 2010 Japan Car of the Year menyisihkan banyak model lainya termasuk Honda Insight di posisi kedua. Ini kemenangan kedua bagi Prius. Tahun 1997, Prius berhasil merebut predikat prestius ini diawal kelahiranya.

Keunggulan Prius diakui di seluruh dunia, tidak hanya di Jepang. Environmental Protection Agency (EPA), badan federal Amerika Serikat yang bertanggung jawab terharap konservasi lingkungan hidup, setiap tahun menerbitkan daftar Fuel Economy Guide. Daftar ini menjadi panduan konsumen untuk memilih mobil paling efisien bahan bakarnya sekaligus mobil paling boros.

Prius menjadi model paling efisien, bahkan di kelas mobil hybrid, Prius tetap jawaranya. Menurut pengujian EPA, Prius mampu menjelajah 51 mil di jalanan kota tiap gallon bensin dan 48 mil di jalan tol. Angka efisiensi Prius generasi ketiga ini jauh melampaui mobil-mobil hybrid lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar