Selasa, November 10, 2009

Toyota Akhiri Masa Suram

Tanda-tanda bangkitnya Toyota Motor Corp. semakin jelas. Toyota membuat prestasi besar dalam triwulan Juli- September 2009 dengan mencatatkan profit dan memangkas proyeksi kerugian tahunan hingga separuh dari prediksi awal.

Hal ini menjadi bukti baru bahwa Toyota mulai pulih dari kesulitan terbesar sepanjang sejarahnya. Program pemerintah Jepang yang mendorong penjualan mobil-mobil ramah lingkungan terbukti membantu Toyota pulih. Penjualan mobil hybrid Toyota yang dihela Prius berhasil mengangkat Toyota dari kesulitan.

Dalam rentang Juli - September, Toyota mencatatkan laba bersih 21,8 miliar Yen, jauh lebih baik dari prediksi semula. Ini mengakhiri empat triwulan sebelumnya yang berturut-turut merugi.

Dengan penjualan yang terus meningkat dan peformanya lebih baik dari prediksi, Toyota mengkoreksi prediksi penjualan tahunan hingga Maret 2010 dari 6,6 juta unit menjadi 7,03 juta unit. Namun angka ini masih lebih rendah dari pencapaian tahun lalu, 7,5 juta unit di seluruh dunia.

Seperti di tulis Latimes, Toyota juga mengurangi potensi kerugian dalam tahun fiskal ini menjadi 200 miliar Yen dari semula 450 miliar Yen, atau lebih dari separuh prediksi semula.

Tak pelak lagi, hasil yang dicapai selama triwulan kedua tahun fiskal 2009-2019 ini mengkahiri masa-masa suram yang menggelayut sejak akhir tahun lalu. Namun jalan masih panjang. Nilai penjualan Toyota sepanjang triwulan itu mencapai 4,542 triliun Yen atau turun 24% dari periode yang sama tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar