Rabu, April 15, 2009



Toyota Indonesia Duduki Peringkat 7 Dunia

JAKARTA - Menurut data yang dikeluarkan oleh Toyota Motor Corporation, penjualan Toyota di Indonesia pada bulan Februari 2009 berada di peringkat 7 dunia dengan meraih angka penjualan retail sebesar 13.839 unit. Di kawasan Asia Tenggara, posisi Indonesia berada di peringkat kedua dibawah negara Thailand.

Sedangkan pada bulan Maret ini penjualan Toyota di Indonesia mencapai angka 13.458 unit. Sampai periode Maret ini (Jan-Mar 2009), total penjualan Toyota di Indonesia mencapai angka 40.848 unit dan tetap menempatkan Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif nasional di Indonesia.

Penjualan di dunia

Di bulan Februari lalu, penjualan Toyota di Indonesia berhasil menempatkan Indonesia di posisi ketujuh penjualan terbanyak Toyota di seluruh negara di dunia dengan angka penjualan sebesar 13.839 unit. Hasil ini merupakan sinyal yang baik bagi Indonesia, meskipun saat ini kondisi ekonomi global sedang mengalami gangguan, namun Indonesia masih mampu bertahan di tengah krisis global yang melanda dunia. Oleh sebab itu, Indonesia masih cukup dipandang oleh negara-negara lain sebagai pasar otomotif yang menjanjikan.

"Semoga hasil yang diraih Toyota di Indonesia ini merupakan sinyal positif bagi pasar otomotif di Indonesia, dan TAM terus optimis menghadapi pasar otomotif Indonesia kedepan," ucap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor kepada okezone, Sabtu (4/4/2009).

Posisi pertama penjualan Toyota di dunia ditempati oleh Amerika Serikat sebanyak 109.583 unit, disusul oleh Jepang (99.816 unit) di posisi kedua dan China (34.988 unit) di tempat ketiga.

Penjualan Toyota di Indonesia bulan Maret

Pada bulan Maret ini, total penjualan Toyota di Indonesia mencapai angka 13.458 unit, dengan kontribusi penjualan terbanyak diperoleh dari Avanza sebesar 7.603 unit dan Kijang Innova sebesar 2.349 unit. Selain itu, hasil yang baik juga diperoleh dari Rush, Fortuner dan Dyna.

Di kelas low MPV, Avanza tetap menjadi yang terbaik dan memimpin di kelasnya dengan angka penjualan sebesar 7.603 unit. Sedangkan di kelas medium MPV, mobil kebanggaan setiap keluarga Kijang Innova berhasil meraih angka penjualan sebesar 2.349 unit. Hasil yang diperoleh Kijang Innova ini sesuai dengan target yang ditetapkan oleh PT Toyota-Astra Motor.

Pada kelas SUV 4x2, Toyota Rush berhasil mencatatkan penjualan sebesar 932 unit, meningkat 61,8% dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan Fortuner 4x2 di bulan Maret ini berhasil meraih angka penjualan sebesar 647 unit, meningkat 51,2% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya.

Di kelas SUV 4x4, Toyota Fortuner berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 29 unit, meningkat 81,3% dibandingkan angka penjualan bulan Februari.

Di kelas kendaraan komersial, truk Dyna yang merupakan rekan bisnis terbaik para pebisnis, berhasil mencatatkan total penjualan di bulan Maret sebesar 710 unit. Pertumbuhan Truk Dyna di Indonesia sangat membanggakan, dengan kualitas produk yang baik ditambah dengan layanan berkualitas dari Toyota, menjadikan Dyna sebagai rekan bisnis yang terbaik bagi semua usaha.         ÂÂ

"Hasil di bulan Maret ini merupakan kerja keras dari seluruh elemen yang ada di Toyota, dengan kondisi ekonomi yang penuh tantangan karena dampak krisis global, kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik baik produk maupun layanan kepada para pelanggan setia kami dan tetap optimis terhadap pasar otomotif di Indonesia," ujar Johnny Darmawan Presiden Direktur TAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar