Minggu, April 12, 2009

Hasil Survei Konsumen, Toyota terbaik

Persepsi konsumen terhadap merek Toyota ternyata sangat baik. Ini dibuktikan dari hasil Consumer Reports` 2008 Car Brand Perception Survey yang dikutip dari PRNewswire, Selasa, 8 Januari 2008.

Dalam survei ini diungkapkan bahwa pembeli menempatkan faktor safety dan kualitas sebagai yang terpenting, baru kemudian nilai (value), kinerja (performance), ramah lingkungan (environmental friendliness), disain dan inovasi teknis pada satu merek.

Hasilnya, Toyota menduduki peringkat teratas dengan nilai 189, poling angka ini cukup jauh dibandingkan dengan poling angka merek lain. Dari seluruh penilaian Toyota menguasai lima besar di enam dari tujuh kategori penilaian.

Dalam kategori kualitas misalnya, Toyota berada di tempat teratas. Di kategori desain, Lexus dan Mercedes-Benz sama-sama di posisi teratas (24%). Dalam soal inovasi teknis, Toyota (30%) dan Lexus (29%) berada di tempat teratas.

Toyota juga mendominasi kategori ramah lingkungan (Environmentally Friendly) dengan angka 49%. Toyota dikenal sebagai pionir teknologi hybrid dan Toyota Prius yang diterima konsumen. Prius adalah salah satu mobil paling irit bahan bakar yang pernah dites Consumer Reports. Konsumen menempatkan faktor ramah lingkungan ini lebih tinggi daripada styling dan inovasi teknis.

Consumer Reports melakukan survei via telepon di seluruh Amerika Serikat pada kurun waktu 6-10 Desember lalu dan menghubungi 2.037 orang. Data survei didapat dari 1.720 orang yang memiliki sedikitnya satu mobil.