Minggu, April 26, 2009

KOMPAS.com — Siapa bilang harga mobil diturunkan adalah haram? Inilah yang terjadi dengan Toyota Prius. Kendati sudah punya pamor hebat, toh harganya terpaksa diturunkan agar bisa duel dengan kompetitornya, Honda Insight.

Bulan lalu, Toyota membantah akan menurunkan harga Prius. Namun, kemarin Toyota mengumumkan harga terbaru Prius yang lebih rendah dari yang telah ditetapkan sebelumnya.

Prius yang sudah sangat top di Amerika Serikat ini, model terbarunya, versi 2010, varian paling dasar, ditawarkan seharga 21.000 dollar AS atau Rp 230 juta. Perbedaannya harga dengan Insight terpaut 1.200 dollar AS atau sekitar Rp 13 juta.

Honda memperkenalkan Insight pada 24 Maret lalu dengan harga 19.800 dollar AS, sedangkan Prius 22.000 dollar AS. Akibatnya, banyak calon konsumen tergoda memilih Insight.

Sejak diperkenalkan menjelang akhir 1990-an, Prius dan Insight ibarat dua samurai yang bertarung habis-habisan untuk menunjukkan reputasinya. Toh, akhirnya samurai Prius yang menang. Honda akhirnya memutuskan Insight dua pintu pada 2006 dan menggantikannya dengan model lebih besar tahun lalu.

Meski begitu, untuk konsumsi bahan bakar, Prius masih unggul dengan 21,2 km/liter, sedangkan Insight 17,4 km/liter. Namun, dengan harga yang lebih kompetitif, Insight memperlihatkan ancaman terhadap Prius, baik di Amerika Serikat maupun Jepang.

Prius generasi ketiga yang akan dipasarkan tahun depan, ukurannya lebih besar. Konsumsi bahan bakarnya lebih irit. Keunggulan Prius, masih populer di seluruh dunia. Namun di Jepang, Honda Insight generasi kedua, penjualannya tiga kali lipat target bulanan yang dibuat Honda kendati kondisi ekonomi global tidak karuan.

Untuk melawan Insight—paling tidak di Jepang—Toyota akan menjual Prius model sekarang bersama model generasi ketiga dengan harga yang sudah diturunkan. Mobil ini ditawarkan dengan berbagai paket sehingga konsumen punya beberapa pilihan.

Namun, fitur yang sangat dibanggakan Toyota adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit. “Konsumsi bahan bakar Prius 2010 sangat irit. Teknologi yang diusungkan juga canggih. Sebanding dengan harganya,” kata Bob Carter dari Toyota, Amerika Serikat.

Ditambahkannya, dengan harga baru, Prius 2010 punya nilai tambah 2.000 dollar AS, termasuk fitur yang paling diinginkan konsumen.

Prius model baru ditawarkan Toyota dalam tingkatan. Prius I, minimalis, dihargai 21.000 dollar AS dengan fitur lumayan lengkap. Prius II harganya 22.000 dollar AS dengan tambahan jok pengemudi yang bisa disetel melalui tombol, keyless entry, dan beberapa kelengkapan lainnya.

Prius III, harganya lebih mahal 1.000 dollar AS dari Prius II, sedangkan Prius IV, tambah lagi 2.800 dollar AS menjadi 25.800 dollar AS. Versi paling mahal, Prius V, 27.200 dollar AS. Kelengkapannya sudah termasuk velg 17 inci dan lampu kabut. Meski begitu, navigasi masih opsional. Perlengkapan terakhir ditawarkan seharga 1.800 dollar AS, hanya untuk Prius III dan grade yang lebih tinggi.

sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar