Minggu, Agustus 08, 2010

Pasar Otomotif Juli 2010 - Toyota Buka Semester II tahun 2010 Dengan Kembali

Jakarta - Toyota awali semester II tahun 2010 dengan kembali mencetak penjualan tertinggi, kali ini bahkan mampu menembus angka penjualan ritel diatas angka 27,000. Baik kelas sedan, MPV dan SUV bahkan komersial berikan kontribusi positif atas pencapaian ini.

Toyota semakin kuat memimpin pasar otomotif tanah air dengan berhasil mencetak angka penjualan ritel sebesar 27.699 unit, naik sebesar 6.3% dari pencapaian pada bulan juni tahun 2010. Secara kumulatif hingga bulan Juli ini Toyota telah membukukan penjualan sebanyak 166,057 unit, jika dibandingkan pencapaian pada periode yang sama di tahun sebelumnya, di tahun 2010 ini Toyota berhasil mengalami kenaikan jumlah penjualan hingga 64%.

Salah satu kenaikan terbesar datang dari Sedan toyota, yang berhasil mencetak kenaikan sebesar 15.2% dari bulan sebelumnya setelah mencetak angka penjualan ritel sebesar 1,766 unit. Kontribusi terbesar datang dari Toyota Vios dan Limo yang mengalami kenaikan sebesar 23% dengan angka penjualan selama bulan juli sebesar 1,407 unit.

Sementara di kelas MPV kendaraan pilihan nomer 1 Indonesia Toyota Avanza berhasil mencetak angka penjualan sebesar 14,020 atau meningkat sebanyak 6.1% dari bulan sebelumnya. Toyota idaman keluarga Indonesia Toyota Kijang Innova juga berhasil terjual sebanyak 5,545 unit atau naik sebanyak 12.4% dibanding bulan Juni 2010. Secara Total MPV Toyota berhasil terjual sebanyak 19,589, naik sebanyak kurang lebih 7.7% dari bulan Juni 2010.

Dikelas SUV, Toyota Fortuner berhasil menembus angka penjualan lebih dari 1.000 unit. Selama bulan Juli 2010 dengan angka penjualan ritel sebanyak 1,018 unit Toyota fortuner berhasil membukukan kenaikan sebanyak 4.4% dibandingkan bulan Juni 2010. Secara keseluruhan SUV 4x2 Toyota berhasil mencetak kenaikan sebanyak 1.4% dengan berhasil membukukan penjualan sebanyak 2,799 unit.

Secara total kelas kendaraan penumpang Toyota berhasil mencetak kenaikan sebanyak 6.1% dengan berhasil membukukan penjualan ritel sebanyak 25,722 unit sepanjang bulan Juli 2010.

“Pencapaian besar pasar otomotif di awal semester II ini menunjukkan kinerja yang semakin positif dari pasar otomotif tanah air, dan untuk itu kami berterima kasih atas kepercayaan pelanggan selama ini pada produk dan layanan jasa dari Toyota.“ ,Ujar Johnny Darmawan Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor.

IIMS, jelang lebaran dan pertumbuhan industri ikut dorong pasar

Tak mau ketinggalan dari dari kelas penumpang, kelas komersial Toyota juga memperlihatkan kenaikan yang cukup baik. Toyota Dyna sebagai kendaraan komersial Toyota yang tangguh di segala medan dan juga dapat menguntungkan bisnis ini sepanjang bulan Juli 2010 berhasil mencetak penjualan retail sebanyak 1,237 unit, naik sebanyak 30.3% dari bulan Juni 2010. Secara total kelas komersial Toyota berhasil mencetak penjualan ritel sebanyak 1,977 unit, naik 8.4% dari bulan sebelumnya. Hal ini semakin menampakkan naiknya sektor industri di tanah air yang berarti semakin baiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Semakin dekatnya bulan puasa dan juga periode libur Lebaran yang akan jatuh pada bulan september 2010 menjadi salah satu faktor kenaikan pasar di bulan Juli ini. Faktor lain yang mungkin mempengaruhi tinginya pasar otomotif di bulan juli adalah perhelatan akbar Indonesian International Motor Show (IIMS) ke 18 yang baru saja di helat dari tanggal 23 Juli – 1 Agustus 2010 di Arena JI Expo Jakarta. Toyota secara total berhasil menjadi ATPM dengan jualan terbanyak selama event tersebut dengan membukukan penjualan sebanyak 4,811 unit. Lima besar model Toyota yang menjadi favorit para pelanggan adalah Toyota Avanza dengan penjualan sebesar 2,052 unit, diikuti oleh Kijang Innova dengan 1,087 unit, sementara di tempat ketiga ada Toyota Yaris dengan 555 unit, diikuti duo SUV toyota, Fortuner di tempat keempat dengan 436 unit dan Rush ditempat kelima dengan 338 unit.

”Semakin berkembangnya pasar otomotif baik di kelas penumpang maupun komersial hingga pertengahan tahun 2010 ini menjadi sinyal positif tumbuh dan berkembangnya industri dan perekonomian tanah air, didukung oleh ajang pameran otomotif tahunan seperti IIMS serta semakin dekatnya periode libur lebaran menjadikan pasar otomotif Indonesia semakin positif. Kami bangga dan bersyukur dapat ambil bagian dalam pertumbuhan positif Industri otomotif Indonesia. Hal ini menjadi pendorong bagi kami untuk dapat terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi para pelanggan di tanah air.” Tutup Johnny Darmawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar