Minggu, Agustus 08, 2010

200.000 Prius di Eropa

Toyota Europe merayakan ulang tahun Prius di Eropa dengan penjualan mencapai 200.000 unit, sebuah pencapaian luarbiasa untuk kendaraan hybrid bensin di kawasan yang di dominasi mesin diesel.

Prius diperkenalkan di Eropa pada tahun 2000. Butuh waktu delapan tahun kerja keras untuk mencapai penjualan 100.000 unit. Namun hanya butuh waktu dua tahun menggandakanya jadi 200.000 unit pada tahun ini.

Fakta ini memperkuat sinyalemen bahwa Prius telah jadi mainstream model di Benua Biru itu. Populasi Prius diseluruh dunia diyakini bisa mencapai 2 juta unit akhir tahun ini.

Dibandingkan Prius generasi pertama yang muncul sepuluh tahun lalu di Eropa, Prius jauh lebih baik. Konsumsi bahan bakarnya turun 23%, emisi CO2 dikurangi 26% dari 120g/km jadi 89g/km, sementara powernya meningkat 30%.

Inggris adalah negara dengan populasi Prius paling banyak. Satu dari 5 Prius yang terjual di Eropa ada di Inggris. Tahun ini, penjualan Prius hingga akhir Juli mencapai 6.579 unit atau hampir setara dengan total penjualan 12 bulan tahun lalu.

Hybrid Synergy Drive, mesin yang menggerakkan Prius terbukti tangguh, murah maintenance-nya dan daya tahannya luarbiasa. Juga jadi mesin paling sukses di ajang Engine of the Year awards. Di ajang bergengsi itu,Hybrid Synergy Drive sudah memenangkan 11 penghargaan.

Peluncuran Auris Hybrid menandakan dimulai ekspansi besar-besaran Toyota untuk menyediakan varian hybrid di semua model Toyota di Eropa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar