Senin, Februari 22, 2010

Toyota Auris – Hybrid Kompak Pertama

Jepang – Rencana Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan mobil hybrid versi yang lebih kompak akhirnya terealisasi. Sosok itu adalah Toyota Auris Hybrid.

Sekilas penampilannya masih mengingatkan dengan Auris model non hybrid atau versi sebelumnya. Hanya saja Toyota ingin memberikan sentuhan baru pada versi hybrid, dengan desain grill yang lebih besar dan sporty.

Maklum sebagai tonggak sejarah awal kemunculan hybrid versi yang lebih kompak, Toyota benar-benar memposisikan Auris Hybrid sebagai varian baru di bawah Prius. Tak mengherankan harganya pun lebih murah dan siap bersaing dengan mobil-mobil ramah lingkungan dari pabrikan otomotif yang lain.

Seperti yang disampaikan oleh Akihiko Otsuka, chief engineer Toyota yang memang ahli mendesain mobil-mobil hybrid, termasuk Toyota Prius generasi ketiga. “Kami memang sedang mengembangkan sebuah mobil hybrid dengan harga yang lebih murah untuk berkompetisi dengan Honda Insight. Mobil hybrid dengan dimensi yang lebih kecil ini kelasnya sama dengan Vitz dan Yaris,” terang Otsuka.

Menariknya konsumen penggemar mobil ramah lingkungan tak perlu lama-lama menyaksikan versi Toyota Auris Hybrid secara langsung. Mobil kompak paling irit dan ramah lingkungan sedunia itu, akan hadir di gelaran Geneva Auto Show, Maret 2010 nanti.

Kendati tampilannya sangat kompak, namun dapur pacu mengusung mesin bensin 1.800 cc yang berdaya 98 hp. Ini belum seberapa, karena generator listriknya juga mampu menyumbangkan daya hingga 80 hp.

Total dengan dua suplai daya tersebut, performa Auris Hybrid pun mampu dibandingkan dengan mobil-mobil bermesin 2.000 cc ke atas. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar