Senin, Februari 22, 2010

Mobil Toyota Bakal Lebih Aman

Amerika Serikat – Upaya memberikan rasa tenang, aman dan nyaman kepada konsumen setianya, Toyota Motor Corp. (TMC) membuat terobosan baru dengan menyisipkan fitur canggih pada tombol ‘stop start’.

Bila selama ini tombol menyalakan atau mematikan mesin baru berfungsi ketika mobil dalam posisi berhenti, maka kini tidak lagi. Pengemudi telah dapat mematikan mesin mobil yang sedang berjalan, cukup dengan menekan tombol ‘start stop’ selama tiga detik.

Jadi biarpun kondisi mobil masih berlari di jalan raya, seketika itu pula mesin akan mati dengan sendirinya bila tombol ‘stop start‘ditekan. Maksud Toyota menambahkan fitur baru itu, demi menghindari akselerasi tiba-tiba di luar kemauan pengemudi. Dengan menekan tombol selama tiga detik, pengemudi tetap bisa mengontrol arah laju mobil sesuai dengan yang diinginkan.

Bahkan tak hanya tombol ‘stop start’, dua pedal (gas dan rem) juga akan ditingkatkan sistem keamanannya. Kalaupun dua pedal di kaki tersebut terinjak secara bersamaan, maka sistem komputer di mobil akan lebih memprioritaskan bahwa fungsi pengereman yang lebih utama.

Rencananya fitur-fitur keamanan tambahan itu akan segera disematkan kali pertama pada mobil-mobil Lexus. Barulah setelah itu pada mobil Toyota yang lain.

Juru bicara Toyota, Brian Lyons kepada Wall Street Journal memastikan bahwa Toyota sangat serius dalam memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan tambahan ini. Fitur canggih itu kini sedang dalam pengembangan secara intensif dan secepatnya akan segera diaplikasikan pada mobil-mobil terbaru produksi Toyota. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar