Kamis, Agustus 20, 2009

Prius dan iQ: Greenest Car Jerman

Dua model Toyota sekaligus terpilih sebagai mobil paling hijau di Jerman sekaligus membuktikan teknologi hybrid menjadi pilihan paling masuk akal untuk berkendara yang ramah lingkungan. Toyota Prius menduduki posisi paling atas berdasarkan daftar tahunan yang dirilis VCD Automobile Club, Jerman. Di bawahnya, si mungil Toyota iQ baru Honda Insight.

VCD Automobile Club sudah merilis daftar ini selama 20 tahun dan setiap tahun menilai 300 model berbeda. Yang di ukur, konsumsi bahan bakar yang dipakai dan emisi yang dilepaskan untuk setiap kilometer pengendaraan. Plus, mereka juga mengukur seberapa senyap mobil ini.

Gerd Lottsiepen, jurubicara VCD Automobile Club menjelaskan,”Mobil-mobil itu menggunakan mesin bensin dan motor listrik. Mereka juga sangat senyap. Ini faktor penting untuk mengamankan posisi teratas dalam daftar mobil-mobil paling ramah lingkungan.”

Kemenangan ini akan membantu Toyota melakukan penetrasi teknologi hybrid di Eropa, kawasan yang lebih memilih diesel daripada hybrid. Di Eropa, dominasi mobil bermesin diesel sangat dominan karena dianggap lebih ramah lingkungan dan lebih ekonomis dibandingkan mesin bensin.

Toyota kini melakukan upaya serius untuk mengkampanyekan mobil hybrid di kawasan Eropa sekaligus mengedukasi konsumen bahwa mobil hybrid lebih ramah dibandingkan mobil diesel paling irit sekalipun. Hal itu terungkap lewat pengujian yang dilakukan Toyota Inggris. Mereka membandingkan konsumsi bahan bakar serta emisi Toyota Prius terbaru dengan mobil-mobil bermesin diesel tercanggih di Eropa. Hasilnya, Prius lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar