Selasa, Juni 02, 2009

Uji Prius: Satu Tangkin Bensin untuk 1700 km

Bukan hanya Toyota Motor Corp. yang mengembangkan potensi Toyota Prius, mobil hybrid paling laris di dunia, tapi juga lembaga penelitian lain. Ini menyiratkan betapa Toyota Prius menjadi harapan banyak pihak untuk transportasi masa depan.

The Advanced Vehicle Research Center (AVRC) memodifikasi Toyota Prius menjadi plug-in hybrid vehicle dan di uji untuk menempuh jarak 1760 km dari North Palm Beach ke Washington hanya dengan satu tangki bensin. Ini seperti dua kali jarak Jakarta-Surabaya.

Mobil milik Earl Stewart Toyota, dealer Toyota di North Palm Beach bakal dikemudikan Rick Kearney, Toyota Hybrid-Certified Master Diagnostic Technician.

Prius yang diberi nama Electric Green Machine ini berangkat dari Earl Stewart Toyota di North Palm Beach, Florida, Senin 1 Juni dan diperkirakan tiba di Washington D.C pada Kamis, 11 Juni 2009. Sebelum berangkat, tangki bensin diisi penuh lalu di penutupnya disegel. Tiba di Washington D.C, segel ini akan diverifikasi untuk membuktikan tangki tidak pernah dibuka dan perjalanan dilakukan hanya dengan satu tangki bensin.

AVRC memodifikasi 2009 Toyota Prius dengan baterai A123/Hymotion Lithium sehingga bisa bergerak hanya dengan tenaga listrik sejauh 48 km - 64 km, tanpa mengkonsumsi bensin setetes pun. Kearney akan mengemudikan Green Machine ini 30 - 40 mil lalu berhenti untuk re-charge baterai. Setelah baterai penuh, perjalanan dimulai lagi. Efisiensinya diharapkan lebih dari 120 mpg (miles per gallon). Ini angka luarbiasa, yang bila tercapai akan menjadikan Electric Green Machine sebagai mobil hybrid paling irit.

Meskipun mobil listrik biasanya tidak dipakai untuk jarak jauh, perjalanan ini akan mendemonstrasikan bahwa mobil hybrid listrik cocok untuk pengemudi yang setiap hari pulang-pergi kerja hingga jarak 40 mil (64 km). Membebaskan mereka dari rasa khawatir soal harga bensin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar